Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[PPT] Pembelajaran Matematika SD Modul 3: Bilangan Bulat

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Pada pembelajaran Matematika SD modul 3 ini adalah membahas tentang operasi hitung bilangan bulat, yang mana bilangan bulat itu sendiri adalah bilangan yang terdiri dari bilangan cacah (0,1,2,3,4,5.....) dan bilangan negatifnya (-1,-2,-3,-4,-5.....).

Untuk memudahkan pembelajaran, guru bisa membuatkan sebuah garis bilangan untuk bilangan bulat tersebut. Dalam satu garis tersebut bilangan postif berada di sebelah kanan sedangkan bilangan negatif di sebalah kiri dan ditengah-tengahnya bilangan "0" Selengkapnya bisa anda lihat pada gambar 1.1 dibawah ini.

Pada bagian berwarna merah merupakan bilangan negatif, warna hitam merupakan bilangan nol, dan warna biru merupakan bilangan positif

A. Cara Pengenalan Bilangan Bulat Dalam Kehidupan Sehari-hari

Dalam pembelajaran Pengenalan bilangan bulat, guru harus menggunakan  benda-benda konkret agar siswa lebih mudah memahaminya sehingga tidak ada kesalah pahaman siswa di dalam menerima materi dari guru. 

  1. Mengenalkan bilangan bulat positif bisa dengan menggunakan benda.  Misalnya akan mengenalkan bilangan bulat postif 5, Anda bisa menggunakan dengan 5 buah jeruk. Mengenalkan bilangan bulat positif 10, bisa dengan menggunakan 10 buah jeruk. Demikian seterusnya ketika Anda menyajikan materi pembelajaran bilangan bulan postif.  
  2. Mengajarkan siswa pengenalan bilangan bulat negatif. Sama halnya dengan bilangan bulatpositif, untuk bilangan bulat negatif, anda bisa menggunakan konsep lawan bilangan. Artinya bila bilangan itu adalah bilangan bulat positif 5 maka lawannya adalah bilangan bulat negatif 5.
  3. Kemudian tugaskan salah seorang siswa untuk mengambil 3 buah jeruk, kemudian tanyakan kepada siswa " Berapa buah jeruk yang diambil tadi? maka siswa akan menjawab 3 buah jeruk. Nah selanjutnya guru menuliskan lambang bilangan bahwa 3 buah jeruk yang diambil tadi adalah -3.

B. Sifat-sifat Penjumlahan Bilangan Bulat

  • SIFAT KOMUTATIF 

a + b = b + a

Contoh: 2 + 3 = 3 + 2 = 5

  • SIFAT ASOSIATIF

( a + b ) + c = a + ( b + c )

Contoh : (5 + 3 ) + 4 = 5 + (3+4) = 12

  • UNSUR IDENTITAS TERHADAP PENJUMLAHAN

Bilangan Nol (0) disebut unsur identitas atau netral terhadap penjumlahan a + 0 = 0 + a, 

Contoh : 6 + 0 = 0 + 6

  • UNSUR INVERS TERHADAP PENJUMLAHAN

Penjumlahan Invers jumlah (lawan) dari a   adalah – a, 

Invers jumlah (lawan) dari – a adalah a, a + (-a) = (-a) + a,

Contoh : 5 + (-5) = (-5) + 5 = 0

  • BERSIFAT TERTUTUP

Apabila dua buah bilangan bulat ditambahkan maka hasilnya adalah bilangan bulat juga. A dan b  bilangan bulat maka, a + b = c  c bilangan bulat.  Contoh : 4 + 5 = 9 ; 4,5,9  bilangan bulat.

Untuk lebih lengkapnya mengenai pembahasan yang ada di modul 3 pada mata kuliah Pembelajaran Matematika SD, anda dapat melihatnya dalam bentuk PPT dibwah ini:

 

Anda juga dapat mendownload PPT Pembelajaran Matematika SD Modul 3 tentang Bilangan Bulat disini

Akhir Kata

Semoga PPT tentang materi mata kuliah Pembelajaran Matematika SD Modul 3 tentang Bilangan Bulat ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada, dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami. 

Post a Comment for "[PPT] Pembelajaran Matematika SD Modul 3: Bilangan Bulat"