Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cerita Inspirasi dari film Spongebob Squarepants


Ada yang suka nonton film animasi? Kalau ada yang suka nonton film animasi tentu kenal dengan karakter yang satu ini, ia berwarna kuning, berbentuk kotak, pakai baju berdasi, seorang koki yang handal di restoran tempat tinggalnya, ia sekolah mengemudi, dan memiliki sahabat yang berbentuk bintang. Siapakah tokoh animasi yang dimaksud??? Hayoooo,,,coba tebak………jika jawabannya benar maka akan mendapatkan hadiah lho….

Betul…..betul…….betul…….tokoh animasi yang dimaksud bernama Spongebob Squarepants atau biasa dipanggil spongebob. Film animasi ini bercerita tentang kehidupan laut, film ini ditayangkan pada tahun 1999 di Amerika serikat dan diciptakan atau dibuat oleh Stephen Hillenburg, seorang animator dan ahli biologi laut. Film animasi ini sangat populer di Nickelodeon. Di Indonesia film animasi ini ditayangkan oleh GTV (Global Tv) setiap pagi maupun sore.

Tentang film Spongebob Squarepants

Tokoh utama dalam animasi tersebut tentunya adalah spongebob itu sendiri. Spongebob tinggal dirumah yang berbentuk nanas didalam laut. Ia memiliki peliharaan berupa seekor siput yang bernama Garry. Spongebob bekerja di Krusty Krab sebagai seorang koki, dengan masakan terkenalnya adalah  Krabby Patty. Tempat tinggalnya bernama Bikini Bottom, Ia bertetangga dengan Squidward Tentacles, Squidward adalah seekor gurita. Squidward juga bekerja di Krusty Krab sebagai seorang penjaga kasir. Kemudian tokoh lainnya adalah Patrick Star yang berupa bintang laut, tempat tinggalnya dibawah batu. Patrick adalah sahabat karib Spongebob. Selanjutnya ada Eugene H. Krab (Tuan Krabs) adalah berupa seekor kepiting, sekaligus pemilik restoran Krusty Krab. Kemudian Sandy Cheeks (Sandy si Tupai) adalah seekor tupai yang tinggal di sebuah kubah anti-air dan mempunyai sebatang pohon. Kemudian ada Sheldon J. Plankton berupa seekor plankton berwarna hijau. Plankton pemilik restoran Chum Bucket. 

* Butiran hikmah

1. Spongebob


Digambarkan sebagai seorang tokoh yang lucu, periang, mudah percaya terhadap orang lain. Dari tokoh yang bernama Spongebob ini kita dapat belajar bahwa terkadang untuk meraih apa yang kita ingin kan harus menggunakan kerja keras, dan semangat yang tinggi. Memiliki sifat yang mudah percaya dengan orang lain itu adalah salah satu hal yang wajar, namun kita harus teliti lebih ketika memberikan keprercayaan kepada orang lain, jangan sampai kepercayaan yang kita berikan justru menjadi bomerang untuk kita sendiri.

2. Patrick




Digambarkan sebagai bintang laut yang bodoh. Walupun begitu Patrick memiliki sifat setia terhadap temannya sendiri, selalu siap membantu teman sekaligus sahabatnya sendiri. Mungkin pelajaran yang dapat kita ambil dari seorang Patrick yaitu sifat kesetia kawanannya, ketika kita menemukan seorang sahabat yang benar-benar kita percayai, hendaknya menjadikan kita akan selalu siap membantunya dalam suka maupun duka.

3. Squidward



Adalah tokoh yang pendiam, tidak suka keramaian namun memiliki semangat yang tinggi meskipun dia tahu bahwa orang-orang tidak menyukai apa yang telah ia lakukan, misalnya dalam bermain klarinet. 

Dari seorang Squidward ini kita dapat belajar bahwa, ketika seseorang memiliki sebuah hoby yang membuatnya senang hendaknya hoby tersebut ditampilkan dan dilatih terus menerus, jangan sampai menyerah untuk mengembangkannya. Jika hoby tersebut dipendam maka tidak akan pernah dapat menghasilkan apa pun buat kita, carilah hoby yang sesuai dengan jati diri kita sendiri bukannya hoby yang ada hanya karena sebuah keterpaksaan.

Pelajaran lainnya dari seorang Squidward yaitu jangan pernah untuk hidup menyendiri, kita sebagai makhluk social tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Dengan membentuk sebuah kelompok atau perkumpulan makan akan membuka wawasan yang belum pernah kita tahu, kita bisa berbagi pengalaman, pengetahuan, informasi, dan sebagainya terhadap semua orang. Hidup sebagai individualis itu tidak akan menyenangkan.

4. Eugene H. Krab (Tuan Krabs)



Adalah tokoh yang memiliki sifat kikir, hanya ingin memikirkan kekayaan saja. Jangan sampai kita seperti Tuan Krabs yang memiliki sifat kikir, semua yang kita miliki itu hanyalah sebuah titipan semata, kekayaan, pangkat/jabatan hanya titipan.

Jangan pernah kikir terhadap sesama, ketika memiliki kekayaan atau harta yang berlebih hendaknnya digunakan sebagian untuk membantu antar sesama, semisal membantu korban bencana, anak yatim, panti asuhan, pembangunan tempat ibadah, dan sebagainya. Jangan sampai seperti Qarun memiliki harta yang melimpah namun akhirnya semuanya hilang ditelan bumi karena sifat kikirnya.

5. Sandy Cheeks (Sandy si Tupai)




Adalah tokoh yang digambarkan dengan memiliki kecerdasaan. Dengan kecerdasan dan kemampuan yang ia miliki membuatnya mampu menghasilkan atau membuat sebuah penemuan-penemuan baru. Begitu juga dengan diri kita, ketika memiliki sebuah keahlian hendaknya dijalankan dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh. 

Kemampuan itu dimiliki setiap orang hanya saja untuk mengembangkan sebuah kemampuan memiliki proses, kita harus lebih giat untuk belajar karena dengan belajar maka akan membantu diri kita dalam meningkatkan kemampuan yang dimiliki kita.

6. Sheldon J. Plankton

Adalah salah satu tokoh yang memiliki sifat jahat karena ingin memiliki sesuatu yang dia inginkan. Walaupun tubuhnya kecil namun memiliki kemampuan untuk menciptakan sebuah robot, namun sayangnya digunakan untuk berbuat kejahatan. Ia memiliki sifat pantang menyerah dalam menggapai apa yang selalu ia inginkan, meski dengan tujuan yang salah.

Jadi, dari si Plankton ini kita belajar bahwa untuk meraih impian itu digunakan kerja keras dan usaha. Tentunya impian yang positif atau bermanfaat, baik itu untuk diri kita sendiri maupun orang lain.

Posting Komentar untuk "Cerita Inspirasi dari film Spongebob Squarepants"