Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

tips untuk mencari pekerjaan terbaru

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh


Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….
Bekerja adalah suatau hal yang wajib tentunya bagi seorang laki-laki, apalagi jika ia sudah berkeluarga maka mau tidak mau ia harus bekerja demi menafkahi anggota keluarganya. Tapi dizaman sekarang di era modern seperti ini mencari pekerjaan tidak semudah membalikkan telapak tangan, untuk itu harus ada suatu usaha untuk mendapatkan pekerjaan.

Nah, untuk itu disini saya akan memberikan tips untuk mencari pekerjaan terbaru versi terbaru menurut saya sendiri.

Bagaimana tips nya?

Langsung saja cekiduut!!

DUIT 

Sebelum mencari pekerjaan kita harus memiliki duit lho, sebab dengan duit ini akan menjadikan pekerjaan yang kita dapatkan nantinya akan berkah. Apakah duit digunakan untuk membeli jabatan? Tentunya tidak. Lalu duit bagaimana yang dimaksud? Duit yang dimaksud adalah singkatan dari Do’a, Usaha, Ikhtiar, Tawakkal (DUIT).

Jadi hal pertama yang mesti dilakukan ketika ingin mendapatkan pekerjaan yang berkah lakukan lah seperti ini Do’a, Usaha, Ikhtiar, Tawakkal.

1. Do’a

Kekuatan do’a ini sungguh sangat menakjubkan, karena lewat do’a ini semua yang kita ingin kan mungkin saja bisa didapatkan. Bagi umat muslim do’a ini adalah sebagai senjata, sebab orang yang tidak mau berdo’a itu berarti ia adalah orang yang sombong karena sejatinya manusia itu lemah dan perlu bantuan Allah SWT. 

Adapun manfaat Do’a diantaranya:

a. Dikabulkan keinginannya

Hal ini terungkap dari sebuah hadits nabi yang diriwayatkan oleh At-Thirmidzi,;

“Tiap muslim dimuka bumi yang memohonkan suatu permohonan kepada Allah, pastilah permohonannya itu dikabulkan oleh Allah, atau dijauhkan Allah daripadanya sesuatu kejahatan, selama ia mendo’akan sesuatu yang tidak membawa kepada dosa atau memutuskan kasih sayang.” (HR. At-Thirmidzi)

b. Mendekatkan diri kepada Allah

Selain membantu tercapainya harapan, do’a juga bisa mendekatkan diri pada Allah SWT. Hal ini tertuang dalam QS. Al-Baqarah ayat 186 yang artinya:

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya aku adalah dekat, aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al-Baqarah: 186)

c. Mempermudah segala urusan

Dengan berdo’a maka segala apa yang menjadi urusan kita akan terasa lebiih muda, sebab Allah SWT telah berfirman dalam Al-Qur’an yang artinya: “Berdo’alah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu.” (QS. Al-Mu’min: 60)

Nah, itulah tadi sebagian dari manfaat do’a itu sendiri. Mintalah petunjuk kepada Allah SWT atas pekerjaan apa yang pantas untuk diri kita, dan mintalah kepada Allah SWT tentang kemudahan dalam melamar suatu pekerjaan yang kita yakini bahwa itu yang terbaik untuk diri kita sendiri.

2. Usaha

Setelah berdo’a kemudian berusaha lah untuk mencari pekerjaan tersebut. Gagal sekali jangan pernah berhenti mencoba, dan jangan pernah merasa berputus asa ketika mencari suatu pekerjaan. Istilah “Indah pada waktunya” itu bukanlah hanya omongan belaka, tetapi itu adalah sebuah tekad serta keyakinan bahwa kebahagiaan itu akan kita dapatkan setelah melakukan suatu usaha atau perjuangan.

Jerih payah kita dalam berusah mencari pekerjaan akan terbayarkan dengan keberkahandidalamnya, setitik keringat yang menetes dari tubuh kita saat mencari pekerjaan untuk keluarga akan menjadi suatu ibadah yang bernilai pahala. Tulus ikhlas dalam mencarinya menjadikan kita orang yang memiliki jiwa penyabar.

Untuk itu jangan pernah pantang menyerah atau berputus asa dalam berusaha mencarinya.

3. Ikhtiar 

Kata ikhtiar ini memiliki arti memilih. Misalnya lebih memilih bekerja daripada tidak bekerja, lebih memilih berusaha daripada hanya berdiam diri saja. Orang yang berikhtiar berarti dia memilih suatu pekerjaan kemudian dia melakukan pekerjaan itu dengan sungguh-sungguh agar dapat berhasil dan sukses.

Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Bersemangatlah kamu menempuh apa yang bermanfaat bagimu, mohonlah pertolongan kepada Allah dan janganlah sekali-kali kamu malas. Jika sesuatu menimpamu, janganlah kamu katakan “Seandainya dahulu aku lakukan ini dan itu niscaya akan demikian dan demikian.” Namun katakanlah, “Inilah takdir Allah, apa yang ia kehendaki pasti terjadi.”

Dari hadist diatas jelas dikatakan bahwa ketika kita sudah melakukan pilihan terhadap pekerjaan yang dicari dan diinginkan, maka hal selanjutnya yang mesti dilakukan adalah jangan pernah menyesalinya andai diterima bekerja. Jalani lah semua itu dengan sungguh-sungguh, dan jangan pernah menyesalinya niscaya nantinya akan ada kebaikan yang menghampiri diri kita.

4. Tawakal 

Ketika kita sudah melakukan Do’a, kemudian telah berusaha, serta berikhtiar, namun tidak ada juga pekerjaan yang didapatkan maka hal terakhir yang bisa dilakukan yaitu bertawakal kepada Allah SWT.

Tawakal memiliki arti yaitu berserah diri sepenuhnya kepada Allah dalam menghadapi atau menunggu suatu pekerjaan atau menanti akibat dari suatu keadaan.

Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Dari Umar ra, aku mendengar Rasulullah SAW bersabda; sekiranya kalian bertawakal kepada Allah dengan tawakal yang sebenar-benarnya, pastilah Allah akan memberikan rezki kepada kalian, sebagaimana Allah memberi rezki pada seekor burung. Pergi pagi hari dalam keadaan perut kosong, dan pulang sore hari dalam keadaan perut kenyang.” (HR. Tirmidzi)    

Adapun manfaat dari sikap tawakal ini, diantaranya:
  • Mempunyai sifat optimis dan jiwa yang tangguh
  • Mempunyai keberanian dalam menghadapi berbagai masalah.
  • Selalu percaya terhadap ketentuan dan ketetapan Allah SWT.
  • Memiliki jiwa yang penuh rasa syukur.
Demikianlah beberapa tips untuk mencari suatu pekerjaan, semoga ada manfaatnya untuk semua orang yang telah membacanya. Tanamkan dalam diri sifat optimis dan pantang menyerah ketika ingin mencari suatu pekerjaan, karena sifat itu akan membantu diri kita dalam menjalaninya. Dan buanglah sifat pesimis atau mudah putus asa, sebab sifat itu akan membuat diri kita makin terpuruk saja. 

1 komentar untuk "tips untuk mencari pekerjaan terbaru"

  1. Saya merasa bahagia udah dapet kerja makasih tipsnya yaa.
    http://bit.ly/2O7K0Jv

    BalasHapus