Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inspirasi: Kerupuk dari kerak nasi

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh


Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….
Disini saya akan kembali menuliskan informasi kepada semua orang dimana pun berada tentang suatu makanan yang bernama kerupuk dan berbahan dari kerak nasi.

Apakah anda mengetahui tentang apa itu kerak nasi?

Kerak nasi adalah sebutan oleh masyarakat banjar yang berada di Kalimantan Selatan untuk sisa nasi yang berada paling bawah di dalam panci. Kerak nasi biasanya memiliki tekstur lumayan keras, dan berada dibagian bawah nasi.

Jika anda pernah memasak menggunakan dapur serta kayu bakar, tentu anda akan menjumpai dengan apa yang dimaksud kerak nasi ini. Hanya saja di jaman sekarang ini sudah jarang ditemui orang yang mau memasak menggunakan dapur serta kayu bakar, sebab sudah ada berbagai macam bentuk dan ukuran pemasak nasi, tinggal di colokkan ke listrik nasi pun akan segera matang, lebih mudah serta praktis.

Namun memasak dengan cara tradisional menggunakan kayu bakar tidak lah hilang atau dilupakan begitu saja, sebab ketika di adakan suatu acara seperti resepsi perkawinan, haulan, selamatan, dan sebagainya diperlukan lah kayu bakar untuk memasak nasinya. Dan alat yang digunakan diberi nama kawah (dalam bahasa banjar.

Catatan: kawah adalah sebutan dari masyarakat banjar untuk wajan yang memiliki ukuran sangat besar. Dan bukan kawah yang berada dipuncak gunung ya teman-teman semua. 

Nah, ketika ada orang yang sedang memasak menggunakan kawah (wajan besar) sudah dipastikan akan ada yang namanya kerak nasi. Selagi hangat kerak nasi ini bisa dimakan dengan di celupkan ke berbagai sambal karena teksturnya masih lemah, dan akan mengeras jika sudah dalam keadaan dingin
Kerak nasi juga bisa diulah menjadi kerupuk yang memiliki cita rasa kriuk-kriuk gurih dan nikmat, apalagi pas hangat-hangat sungguh nikmah sebagai cemilan. Cemilan sederhana namun memiliki cita rasa selangit. Heheehehe….

Adapun bahan yang anda harus miliki antara lain:
  1. Kerak nasi
  2. Garam dan vetsin atau bisa juga diganti dengan royco
  3. Minyak goreng.
Sebelum mengulah menjadi kerak nasi anda bisa menjemurnya terlebih dahulu dibawah sinar matahari secara langsung, tujuan penjemuran ini supaya sisa-sisa kandungan air yang terdapat pada kerak nasi tidak ada lagi. Sehingga ketika digoreng kerak nasi akan rapuh dan mekar. Proses penjemuran bisa berlangsung selama 2 - 3 harian, supaya didapatkan hasil yang maksimal.

Adapun cara mengulahnya, yaitu:
  1. Anda bisa mengambil kerak nasi yang telah di jemur tersebut
  2. Siapkan wajan dan tuangkan minyak goreng
  3. Selanjutnya anda bisa menggoreng kerak nasi tersebut di minyak yang panas
  4. Sambil di bolak-balikkan supaya tidak goseng
  5. Segera angkat dan tiriskan jika sudah matang
  6. Jika sudah anda bisa meletakkannya kedalam toples atau apalah itu bendanya, dan segeralah dikasih garam dengan vetsin atau bisa juga menggunakan royco.
  7. Kerupuk Kerak nasi pun siap dinikmati
Selamat mencoba dan menikmati !!!!!!

Posting Komentar untuk "Inspirasi: Kerupuk dari kerak nasi"