Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mudah mengatasi gagal sinkron EDS PMP versi 2019.12.18

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh


Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….
Baru saja Manajemen LPMP mengeluarkan berita tentang pembaharuan terhadap aplikasi EDS PMP yang sebelumnya di anggap telah banyak terdapat bug atau error pada sistem aplikasi. Berbagai masalah bug atau sistem error pada EDS PMP versi terdahulu, antara lain:
  1. Kuesioner tidak semuanya muncul
  2. Jawaban kuesioner tidak dapat mencapai 100%
  3. Gagalnya melakukan sinkronisasi
  4. Adanya responden yang tidak terdeteksi oleh sistem
  5. Blank saat mencoba login pada aplikasi
Nah, dari berbagai permasalahan itulah akhirnya dirilis EDS PMP versi 2019.12.18-Final terbaru, guna untuk membantu setiap sekolah dalam mengerjakan kuesioner EDS PMP. Namun sangat disayangkan masih ada terdapat celah bug atau error sistem pada saat ingin melakukan sinkronisasi dengan bacaan “Tidak terkoneksi dengan database server”.

Untuk itulah disini saya akan mencoba memberikan beberapa solusi guna membantu mengatasi permasalahan saat mengalami kegagalan dalam melakukan sinkronisasi EDS PMP versi 2019.12.18-Final ini.

Ayooo…………disimak artikelnya dan semoga dapat membantu!!!!!!!!!!

Solusi ke-1

Anda dapat melihat jadwal sinkronisasi per provinsi yang telah diberikan oleh pihak LPMP, ini bertujuan supaya tidak terjadinya over capacity trafik dalam melakukan sinkronisasi EDS PMP. Jangan sampai kita melakukan sinkronisasi di waktu yang tidak tepat, nah anda dapat melihat jadwal sinkronisasi EDS PMP 2019.12.18-Final pada foto yang ada dibawah ini;


Solusi ke-2

Jika anda sudah mengetahui jadwal untuk melakukan sinkronisasi EDS PMP 2019.12.18-Final, dan mencoba melakukan sinkronisasi namun tetap mengalami kegagalan dengan pesan “Tidak terkoneksi dengan database server”, anda dapat melakukan pengecekan terhadap jaringan internet yang dimiliki dan memilih waktu yang tepat yaitu pagi hari atau tengah malam.

Dan jika tetap tidak bisa melakukan sinkronisasi, anda dapat mencoba solusi ke-3 dibawah ini.

Solusi ke-3

Anda dapat melakukan sinkronisasi dapodik terlebih dahulu sebelum melakukan sinkronisasi pada aplikasi EDS PMP 2019.12.18-Final, baru setelah itu melakukan sinkronisasi EDS PMP 2019.12.18-Final. 

Namun, jika masih tetap tidak bisa anda dapat melakukan pembersihan clear history, clear cookies atau clear cache pada browser tempat EDS PMP terbuka. Lakukan pembersihan cache atau sampah-sampah tersebut dengan menekan tombol CTRL+SHIFT+DELATED dan pilih ALL TIME. Jika sudah, anda dapat merefrest halaman sinkronisasi EDS PMP dan mencoba melakukan sinkronisasi kembali.

Semoga bermanfaat dan membantu rekan-rekan sekalian dimana pun berada, jika ada solusi lainnya yang diketahui maka anda dapat menambahkannya pada kolom komentar dibawah ini. Apabila terdapat kesalahan serta kekeliruan dalam penulisan harap dimaklumi serta dipahami.     

Posting Komentar untuk "Cara mudah mengatasi gagal sinkron EDS PMP versi 2019.12.18"