Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sistem Error saat menginstal Dapodik, begini solusinya

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….
Ada teman saya yang mencoba menginstal aplikasi Dapodik di laptop yang berbeda dari sebelumnya, aplikasi sudah siap untuk diinstal namun ditengah jalan saat berlangsungnya penginstalan tiba-tiba terdapat pesan php.exe – System Error. 

Isi pesan php. Exe – System Error dengan tanda silang (X) sebagai berikut “ The code execution cannot proceed because VCRUNTIME140.dll was not found. Reinstalling the program may fix this problem.”

Teman saya itu pun kebingungan harus bagaimana dan meminta bantuan kepada saya, saya pun membantunya sesuai dengan pengetahuan serta pengalaman (bukan bermaksud untuk menyombongkan diri). Menurut pemahaman saya pesan System Error tersebut terjadi karena beberapa faktor;
  1. System yang ada pada laptop terbaru itu masih ada yang kurang, misalnya Microsoft Visual C++
  2. Aplikasi di anggap virus oleh antivirus yang terpasang pada laptop
  3. Laptop pertama kali di pasangi aplikasi dapodik
Tapi yang lebih dominan menurut saya adalah pada point ke 1 (satu) yaitu tidak adanya Microsoft Visual C++ yang terpasang pada laptop yang baru. Microsft  Visual C++ merupakan sebuah produk Integrated Development Environment untuk bahasa pemrograman C dan C++ yang dikembangkan oleh Microsoft. Menurut Wikipedia Visual C++ dapat berjalan lebih cepat pada windows karena hanya memerlukan memori kecil dan bahasa yang digunakan oleh Microsoft Visual adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi (kompleks). 

Setiap PC (Perangkat Computer) atau laptop tentu memerlukan program ini guna membantu dalam menjalankan sebuah aplikasi atau bisa disebut sebagai bahan pendukung. Jadi kita bisa menginstal Microsoft Visual C++ sesuai dengan kriteria laptop anda, menggunakan 32 bit atau 64 bit. Dan yang perlu diketahui bahwa Microsoft Visual C++ ini beraneka ragam, misalnya Microsoft Visual C++ 2008, Microsft Visual C++ 2010, Microsft Visual C++ 2012, Microsft Visual C++ 2013, dan masih banyak lagi lainnya.

Anda dapat mendownload Microsoft Visual C++ di website resmi milik Microsoft, ukurannya pun tidak terlalu besar, setelah di download anda dapat menginstalnya langsung.

Oh ya, disini saya akan memberikan Microsoft Visual C++ hasil downloadan sebelumnya, silahkan saja di download langsung;

A. Untuk PC (Perangkat Computer) atau laptop dengan system 32 bit  
  • Microsft Visual C++ 2012 (32 bit) <<DOWNLOAD>>
  • Microsft Visual C++ 2013 (32 bit) <<DOWNLOAD>>
  • Microsft Visual C++ 2015 - 2019 (32 bit) <<DOWNLOAD>>
B. Untuk PC (Perangkat Computer) atau laptop dengan system 64 bit  
  • Microsft Visual C++ 2012 (64 bit) <<DOWNLOAD>>
  • Microsft Visual C++ 2013 (64 bit) <<DOWNLOAD>>
  • Microsft Visual C++ 2015 - 2019 (64 bit) <<DOWNLOAD>>
Cara menginstal Microsoft Visual C++ yaitu dengan memilih klik kanan pada hasil download tersebut, kemudian pilih Run As Administrator, dan ikuti petunjuknya hingga selesai.

Jika Microsoft Visual C++ telah terinstal, silahkan coba kembali menginstal aplikasi Dapodik mulai awal. Dan itu seharusnya semua sudah cukup untuk dapat membantu permasalahan saat mengalami Sytem Error ketika menginstal aplikasi Dapodik di laptop yang berbeda.

Demikian apa yang dapat saya tuliskan, semoga artikel sederhana ini dapat membantu permasalahan yang ditemui oleh teman-teman sekalian saat menginstal dapodik untuk pertama kalinya. Akhir kata saya ucapkan terima kasih banyak atas kunjungannya ke situs ini. Dan jika ada solusi lainnya, maka diharapkan agar dapat menuliskannya di kolom komentar yang berada dibawah ini sehingga menjadi referensi bagi kita semua, lebih khususnya bagi penulis sendiri.          

Posting Komentar untuk "Sistem Error saat menginstal Dapodik, begini solusinya"