Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terlanjur uninstal aplikasi dapodik versi 2020.a patch 2, begini solusinya!!!

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh
Gambar oleh: harusketemu.wordpress.com

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….
Pada artikel kali ini saya akan memberikan solusi bagi teman-teman yang sudah terlanjur unstal dapodik versi 2020 a patch 2 sebelum melakukan updater dapodik ke versi 2020.b, banyak teman-teman yang bingung dalam mengatasinya padahal untuk installer dapodik 2020.b belum dirilis.

Nah, dari permasalahan yang di dapatkan teman-teman itulah akhirnya membuat saya mencari tahu solusi yang dapat digunakan dan menuliskannya kembali dalam bentuk artikel sederhana ini dengan tujuan untuk membantu dan mengingatkan teman-teman operator sekolah dimana pun berada.

Dan perlu diketahui bahwa aplikasi dapodik yang dirilis oleh tim dapodikdasmen berupa PATCH (updater) sehingga kita cukup melakukan penginstalan seperti biasanya. Jika belum tahu cara melakukan updater aplikasi dapodik, teman-teman bisa membaca artikel saya yang lainnya DISINI.

Kembali lagi ke topik pembahasan, lantas apa yang mesti dilakukan jika sudah terlanjur melakukan unstal aplikasi dapodik terdahulu sebelum melakukan updater.

Solusi yang bisa dilakukan

Ikutilah langkah-langkah berikut dibawah ini:

Pertama, teman-teman bisa memastikan bahwa pengunstalan aplikasi dapodik sebelumnya benar-benar tuntas dalam artian tidak ada lagi bagian dapodik yang tertinggal semisal folder yang bernama DAPODIK pada Local Disk (C:)_Program files (x86).

Kedua, silahkan bersihkan cache browser yang anda gunakan (baik itu Mozilla maupun google chrome)

Ketiga, silahkan letakkan aplikasi dapodik versi 2020.a full installer (ingat…..yang full installer bukan patch nya) ke Local Disk (C:) dan lakukan penginstalan seperti biasanya hingga tuntas. Jika tidak memiliki aplikasi tersebut, maka teman-teman harus mendownloadnya kembali.

Keempat, jika sudah berhasil menginstal aplikasi dapodik versi 2020.a, teman-teman bisa langsung install PATCH dapodik versi 2020.b hingga selesai.

Kelima, jika sudah selesai melakukan penginstalan, selanjutnya lakukanlah registrasi seperti biasanya (secara online maupun offline), jika memilih secara online maka harus terhubng ke internet dan pastikan jaringan ditempat kita berada benar-benar stabil, kemudian jika secara offline maka kita harus mendownload prefill dapodik 2020.b terlebih dahulu.

Keenam, jika sudah selesai registrasi silahkan login pada aplikasi dapodik versi 2020.b dan pastikan tahun pelajaran 2019/2020 semester genap. Namun, jika tetap semester ganjil yang terdeteksi, silahkan lakukan clear history browser terlebih dahulu kemudian tekan F5.

Ketujuh, dapodik versi 2020.b pun telah siap digunakan.

Selamat mencoba dan semoga dapat membantu permasalahan teman-teman yang telah terlanjur melakukan pengunstalan aplikasi dapodik terdahulu sebelum melakukan updater dapodik versi 2020.b   

Posting Komentar untuk "Terlanjur uninstal aplikasi dapodik versi 2020.a patch 2, begini solusinya!!!"