Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 komponen baru pada lapor BOS online tahun 2020


Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….
Sudahkah sekolah anda menerima Dana BOS Tahap I? Jika sudah tentu pekerjaan selanjutnya adalah membuat laporan penggunaan Dana tersebut untuk nantinya dikumpul atau diserahkan kepada pemerintah setempat lebih khusus ke pemerintahan dinas pendidikan dibidang yang menangani masalah Dana BOS Sekolah.

Dan juga yang perlu diketahui bahwa untuk penyaluran Dana BOS kesekolah-sekolah yaitu menggunakan sistem per caturwulan bukan pertriwulan, jika dulu Dana BOS masuk ke rekening sekolah pertiga bulan sekarang berubah menjadi perempat bulan dan langsung ditransfer dari pusat ke rekening sekolah masing-masing tanpa perantara pemerintah daerah, ini semua sesuai dengan Juknis BOS tahun 2020 yang dikeluarkan Menteri Pendidikan melalui keputusannya.

Oh, ya untuk lapor BOS online untuk rincian penggunaan BOS pun berubah sesuai dengan Juknis BOS dan Keputusan Menteri Pendidikan, jika pada lapor BOS online dulu kita melaporkan penggunaan BOS pertriwulan (Triwulan 1, Triwulan 2, Triwulan 3 dan Triwulan 4) maka yang sekarang ini berubah menjadi per caturwulan (Tahap 1, Tahap 2 dan Tahap 13), dan pada lapor BOS online yang baru ini terdapat 12 komponen untuk rincian penggunaan Dana BOS yang telah diterima oleh sekolah, untuk mengetahui ke-12 komponen tersbut silahkan scroll handphone anda kebagian bawah artikel ini.

Komponen baru pada lapor BOS Online

Jika pada lapor BOS online terdahulu hanya terdiri dari 11 komponen rincian penggunaan Dana BOS, untuk yang sekarang ini Ada 12 komponen baru pada lapor BOS online untuk rincian penggunaan Dana BOS, adapun rincian ke-12 komponen tersebut diantaranya yaitu:
  1. Untuk penerimaan peserta didik baru
  2. Untuk pengebangan perpustakaan
  3. Untuk kegiatan pembelajaran dan ekstrakurikuler
  4. Untuk biaya asesmen atau evaluasi pembelajaran
  5. Untuk administrasi kegiatan sekolah
  6. Untuk pengembangan kegiatan profesi guru dan tenaga kependidikan
  7. Untuk biaya langganan daya dan jasa
  8. Untuk pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah
  9. Untuk penyediaan alat multimedia pembelajaran
  10. Untuk penyelenggaraan bursa kerja khusus, praktek kerja industri atau praktek kerja lapangan di dalam negeri, pemantauan kebekerjaan, pemagangan guru, dan lembaga sertifikasi profesi pihak pertama
  11. Untuk penyelenggaraan uji kompetensi keahlian, sertifikasi kompetensi keahlian dan uji kompetensi kemampuan bahasa inggris berstandar internasional dan bahasa asing lainnya bagi kelas akhir SMK atau SMALB
  12. Untuk pembayaran honor
Nah itulah tadi 12 komponen baru yang ada pada lapor BOS Online, yang berbeda hanyalah pada komponen ke 10 dan 11 yang mungkin dimaksudkan untuk sekolah tingkat atas, sedangkan komponen di nomor yang lain sama saja seperti halnya lapor BOS online terdahulu.

Semoga artikel sederhana ini bermanfaat dan mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan kata, terakhir saya ucapkan terima kasih kepada pembaca sekalian dima pun berada dan darimana pun asalnya.   

Posting Komentar untuk "12 komponen baru pada lapor BOS online tahun 2020"