Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara download Rapor Mutu EDS PMP 2019

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….

Berdasarkan berita di situs resmi milik PMP Dikdasmen bertanggal 27 Agustus 2020 tentang “rilisnya rapor mutu PMP Dikdasmen 2019”, untuk itu diharapkan masing-masing sekolah agar bisa melihat dan mendownload hasil dari pengerjaan PMP tahun 2019.

Pada berita ini juga diberitahukan bagi sekolah yang tidak memiliki rapor mutu maka diberi kesempatan mengirim data EDS 2019 menggunakan aplikasi EDS versi 2020.08.17 paling lambat pada 1 Oktober 2020. Aplikasi EDS tersebut dirilis 1 September 2020 dalam bentuk patch dan installer. Bagi sekolah yang sudah menginstal EDS versi sebelumnya (terakhir versi 2020.02.07) dapat menggunakan patch, sedangkan bagi yang belum mengisi sama sekali atau telah melakukan uninstall EDS harus menggunakan installer.

Dari bagian berita tersebut sudah sangat jelas di katakana apabila sekolah belum sama sekali melakukan pengerjaan EDS PMP 2019 maka harus melakukan pengerjaan EDS PMP 2019 versi 2020.08.17 mulai awal dan berharap tidak terjadi kendala-kendala lagi. Dan bagi yang terlanjur uninstall aplikasi EDS maka harus menggunakan installer EDS PMP versi 2020.08.17, apabila sudah terpasang EDS PMP di laptop maka cukup update aplikasi EDS PMP nya menggunakan Patch.

Untuk membahas tata cara install atau update EDS PMP versi terbaru akan dilakukan pada artikel selanjutnya (insyaallah), dan untuk artikel ini kita akan fokus pada apa yang telah tertulis dibagian judul yaitu “cara mendownload rapor mutu EDS PMP 2019”. Untuk itu lah disini saya akan menuliskan langkah-langkah yang mesti di lakukan jika ingin mendownload rapor mutu hasil dari pengisian kuesioner-kuesioner pada EDS PMP 2019.

Langsung saja di simak artikelnya hingga tuntas!!!!!

Cara download rapor mutu EDS PMP 2019

Cara download rapor mutu EDS PMP 2019 ini cukuplah mudah dan bisa dilakukan secara mandiri baik itu oleh Kepala Sekolah, PTK atau langsung oleh Operator Sekolah itu sendiri. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

Pertama, pastikan internet anda stabil

Kedua, kunjungi atau klik link ini https://rapormutu.pmp.kemdikbud.go.id/, baik itu menggunakan laptop/PC maupun dengan hp android anda

Ketiga, maka akan muncul tampilan untuk Log in

Keempat, pada menu Log in silahkan isikan nama pengguna/NPSN, passwordnya berupa kode registrasi milik sekolah dan isikan kode Captcha.

Catatan: Apabila kode captchanya tidak muncul itu disebabkan oleh jaringan internet anda yang kurang stabil atau bisa juga di karenakan trafik pengunjung situs yang sedang padat. Disini saya cuma mengasih saran untuk menu isian cukup di isi dengan NPSN masing-masing sekolah misalnya 3030xxxx dibandingkan dengan nama pengguna, itu di karenakan banyaknya nama pengguna saat melakukan pengisian kuesioner-kuesioner EDS PMP 2019. Jadi agar tidak terjadi kesalahan lebih baik menggunakan NPSN sekolah.

Kelima, setelah berhasil login maka akan ada tamilan utama menu Rapor Mutu EDS PMP 2019, untuk mencari daerah/sekolah terdapat 2 pilihan yaitu wilayah dan sekolah. Anda cukup memilih sekolah kemudian menuliskan 3 huruf awal nama sekolah, maka akan muncul nama sekolah anda beserta dengan NPSN nya dan silahkan di klik nama sekolah tersebut.

Keenam, maka akan muncul hasil dari pengisian kuesioner-kuesioner EDS PMP 2019 serta rekaman waktu ketika melakukan sinkronisasi EDS PMP secara lengkap. Selain itu terdapat juga Capaian Mutu PMP anda mulai daritahun 2016 hingga yang terbaru tahun 2019. Dan juga terdapat rekamanan jumlah dari responden yang telah ikut andil dalam pengerjaan EDS PMP 2019,baik itu kepala sekolah, guru, peserta didik maupun komite sekolah. 

Ketujuh, adapun ke-8 (delapan) indikator/standar telah memiliki nilainya masing-masing sesuai dengan hasil pengisian pada kuesioner-kuesioner EDS PMP 2019. Selain itu juga terdapat kategori di masing-masing standar berupa tanda bintang, makin banyak jumlah tanda bintang maka makin bagus capaian sekolah anda. Dan juga terdapat Capaian SNP yang berupa jaring laba-laba dari tahun 2016 – 2019.

Ke-8 indikator/standar tersebut, adalah:

  • Standar kompetensi lulusan
  • Standar isi
  • Standar proses
  • Standar penilaian pendidikan
  • Standar pendidik dan tenaga kependidikan
  • Standar sarana dan prasarana pendidikan
  • Standar pengelolaan pendidikan
  • Standar pembiayaan

Kedelapan, untuk mendownload hasil rapor mutu EDS PMP 2019 secara keseluruhan anda cukup memilih dan mengklik menu Unduh Excel, maka secara otomatis rapor mutu EDS PMP 2019 terdownload ke hp atau laptop anda.

Kesembilan, jika sudah berhasil download rapor mutu EDS PMP 2019, anda dapat memilih menu Logout pada pojok sebelah kanan atas.

Kesepuluh, silahkan anda cetak hasil dari rapor mutu EDS PMP tersebut untuk diserahkan kepada kepala sekolah atau pengawas sekolah sebagai bukti telah selesai dalam pengerjaan EDS PMP 2019.

Mungkin itu saja yang dapat saya tuliskan dan mohon maaf jika terdapat kesalahan atau kekeliruan dalam penulisan. Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada.

Posting Komentar untuk " Cara download Rapor Mutu EDS PMP 2019"