Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ Cara menggunakan installer aplikasi EDS PMP versi 2020.08.17

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Artikel kali ini berisikan tentang kelanjutan dari artikel sebelumnya yaitu tentang cara melakukan installer pada aplikasi EDS PMP versi 2020.08.17. Perlu kita ketahui bahwa EDS PMP versi 2020.08.17 yang telah dirilis beberapa waktu lalu terdiri dari 2 macam antara Patch (updater) dengan Installernya, dan disini saya akan memberikan langkah-langkah yang dilakukan untuk melakukan installer pada aplikasi EDS PMP versi 2020.08.17 ini.

Mengapa kita harus menggunakan installer EDS PMP?

Menurut saya ada beberapa faktor penyebab mengapa kita harus menggunakan installer EDS PMP, diantaranya:

  1. Aplikasi EDS PMP tidak pernah terpasang pada laptop kita meskipun dengan versi terdahulu
  2. Laptop baru saja selesai dilakukan install ulang
  3. Aplikasi EDS PMP mengalami error sehingga menghambat pekerjaan dalam melakukan pengisian kuesioner
  4. Gagalnya hitung rapor mutu pada aplikasi EDS PMP versi terdahulu. Pada masalah ini anda dapat melakukan updater terlebih dahulu dan apabila hitung rapor mutu tetap tidak juga berhasil maka bisa menggunakan installer EDS PMP versi terbaru.

Syarat yang mesti dilakukan ketika kita ingin melakukan installer aplikasi EDS PMP versi 2020.08.17 adalah harus melakukan sinkronisasi meskipun semua responden belum berhasil menyelesaikan pengisian kuesioner-kuesioner yang ada pada aplikasi. Tujuan dilakukannya sinkronisasi ini adalah untuk menyimpan hasil dari pengisian kuesioner oleh responden terdahulu dengan berbentuk prefill.

Prefill dapat digunakan bagi yang telah berhasil mengerjakan EDS PMP 2019 namun tidak mencapai 100% pengerjaan, dan bagi yang belum mengerjakan EDS PMP 2019 sama sekali maka tidak perlu menggunakan prefill.

Ada beberapa perbaikan pada EDS PMP 2020.08.17 ini, diantaranya:

  • Perbaikan optimalisasi sinkronisasi
  • Perbaikan tambahan keterangan sumber data pada menu hasil verval 
  • Perbaikan bug/galat logo tidak tampil
  • Perbaikan redaksi EULA
  • Penambahan tombol batalkan pakta integritas kepala sekolah
  • Perbaikan tombol restore data dan hitung total kemajuan di beranda
  • Perbaikan menutup fitur backup
  • Perbaikan menu hasil rapor mutu dialihkan ke laman rapormutu.pmp.kemdikbud.go.id

Cara melakukan penginstalan aplikasi EDS PMP versi 2020.08.17       

Disini saya akan menuliskan cara yang mesti dilakukan agar berhasil melakukan penginstalan pada aplikasi EDS PMP 2019 versi 2020.08.17 dengan menggunakan prefill PMP. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  1. Silahkan download prefill PMP disini
  2. Silahkan download installer EDS PMP 2019 versi 2020.08.17 pada link berikut ini: http://pmp.kemdikbud.go.id/berita/berita-detail/RILIS-PEMBARUAN-APLIKASI-EDS-DIKDASMEN-VERSI-2020.08.17 atau anda dapat mendownloadnya langsung pada link dibagian bawah artikel ini dan pastikan ukurannya sekitar 93 mb
  3. Silahkan anda ekstrak hasil download tersebut lalu letakkan installer EDS PMP 2019 versi 2020.08.17 pada Local Disk (C:)
  4. Klik kanan pada installer EDS PMP dan pilih Run as Administrator
  5. Lakukan penginstalan EDS PMP hingga selesai dan pastikan tidak ada bagian yang di cancel saat penginstalan sedang berlangsung
  6. Ketika penginstalan selesai maka akan muncul folder dengan nama prefill_dapodik dan silahkan tempelkan (paste) prefill PMP yang telah didownload tadi kedalam folder tersebut
  7. Silahkan lakukan registrasi terlebih dahulu dan apabila anda telah berganti email serta password dapodik dengan yang terbaru, maka untuk aplikasi EDS PMP 2019 versi 2020.08.17 ini tetap menggunakan email serta password dapodik yang terdahulu (lama)
  8. Jika registrasi berhasil maka anda akan diarahkan ke halaman Login pada aplikasi
  9. Silahkan login dan lakukan penghitungan rapor mutu lalu kerjakan kembali EDS PMP 2019 versi 2020.08.17 hingga mencapai 100%
  10. Bagi anda yang belum sama sekali melakukan pengerjaan EDS PMP 2019, maka tidak perlu melakukan seperti halnya yang tertulis dari nomor 6-7. Apabila telah selesai melakukan penginstalan aplikasi silahkan login dengan akun dapodik dan silahkan memulai melakukan pengerjaan EDS PMP 2019 hingga mencapai 100% dan melakukan hitung rapor mutu serta melakukan sinkronisasi

Demikianlah apa yang dapat saya tuliskan dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan maupun kekeliruan di dalam penulisan. Semoga artikel yang sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada.

Download Installer Aplikasi EDS PMP versi 2020.08.17 <<DISINI>>

Posting Komentar untuk " √ Cara menggunakan installer aplikasi EDS PMP versi 2020.08.17"