Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Data Siswa Yang Terintegrasi Dengan DUKCAPIL

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Data siswa yang terangkum pada aplikasi dapodik sekolah memiliki website tersendiri yang bernama VERVAL PD. Bagi para Operator Sekolah tentu sudah tidak asing lagi dengan website yang satu ini, meskipun sekarang Verval PD memiliki link terbaru ketika ingin mengaksesnya.

Setiap data siswa yang terdaftar pada aplikasi dapodik pasti akan terbaca pada sistem Verval PD, selain itu melalui laman Verval PD ini kita dapat mengetahui NISN bagi siswa baru atau siswa pindahan yang berasal dari sekolah naungan Kemenag, seperti Raudatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), maupun pondok pesantren yang setara dengan tingkan Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Selain itu melalui laman Verval PD ini kita juga dapat memperbaiki data identitas peserta didik yang salah atau ada yang keliru, misalnya keliru nama orang tua (ibu kandung), tempat tanggal lahir, NIK, dan sebagainya.

Namun perbedaan antara Perbaikan identitas peserta didik melalui Verval PD tredahulu dengan sekarang adalah kalau dulu memperbaiki identitas peserta didik yang keliru bisa langsung dilakukan melalui laman Verval PD dengan mengupload bukti hasil scan berupa Akta Kelahiran dan meminta persetujuan dina pendidikan setempat, tapi perbaikan identitas peserta didik melalui Verval PD yang sekarang sudah terintegrasi dengan DUKCAPIL maka mau-tidak mau harus datang kekantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) setempat.

Verval PD yang sekarang pada tahun 2021 ini telah terintegrasi atau terhubung dengan DUKCAPIL, misalnya jika NIK yang dimiliki siswa benar maka keternagannya valid dan terhubung dengan Dukcapil, tapi jika ada kesalahan penulisan NIK pada aplikasi dapodik maka keterangan pada Verval PD adalah data tidak valid atau tidak sama dengan Dukcapil, begitu juga dengan siswa pindahan dari suatu daerah lain yang berbeda NIKnya dengan Dukcapil setempat, pasti warning atau tidak valid.

Dan yang perlu diktehui bahwa perbaikan data siswa yang telahterintegrasi dengan DUKCAPIL tidak perlu lagi melakukan upload berkas pendukung seperti AKTA Kelahiran maupun Kartu Keluarga (KK) siswa yang bersangkutan.

Selain terintegrasi dengan DUKCAPIL setempat, data siswa yang ada disekolah kita dan terdaftar pada aplikasi dapodik juga terintegrasi dengan DATA KEMENSOS. 

A. Mengetahui Data Siswa Yang Terintegrasi Dengan DUKCAPIL Dan KEMENSOS

Untuk mengetahui data diri atau identitas siswa telah terhubung dengan DUKCAPIL serta KEMENSOS dapat melakukan hal berikut:

Pertama, Silahkan kunjungi link vervalpdnew2.data.kemdikbud.go.id

Kedua, Login menggunakan username dapodik atau akun yang telah didaftarkan pada sdm.data.kemdikbud.go.id

Ketiga, Pada tampilan beranda verval, silahkan pilih menu RESIDU yang ada pada bagian sebelah kiri

Keempat, Selanjutnya silahkan pilih dan klik ikon gambar, maka akan muncul beberapa menu seperti:

  • Profil siswa
  • Data atribut, berisikan data siswa sesuai dengan dapodik
  • Rekam didik, berisikan absen atau rombel siswa saat ini
  • Quality control, jika pada menu residu tadi terdapat data siswa yang silang merah, maka lakukan pengecekan pada menu Quality Control ini. Dan apabila pada menu Quality Control ini tidak terdapat silang merah, maka tak perlu melakukan perbaikan. Namun apabila pada menu Quality Control terdapat silang merah, misalnya pada NISN Ganda dengan siswa aktif dari daerah lain, maka segeralah melapor kepada Operator Dinas Pendidikan Setempat untuk dilakukan usulan pembaharuan NISN. NISN Ganda dapat terjadi ketika ada siswa yang memiliki nama yang sama dan juga tanggal, bulan, tahun lahir yang sama.
  • Integrasi Data, pada menu ini lah terdapat data siswa yang terintegrasi dengan DUKCAPIL dan juga KEMENSOS, anda dapat melihatnya pada menu tersebut.
  • Akun Pembelajaran, berisikan akun pembelajaran yang dimiliki siswa.

Jadi, jika anda ingin mengetahui data siswa apakah terintegrasi dengan DUKCAPIL dapat memilih menu INTEGRASI DATA tersebut. 

B. Cara Memperbaiki Data Siswa Yang Terintegrasi Dengan DUKCAPIL  

Nah, setelah mengetahui data siswa yanag terintegrasi dengan DUKCAPIL lalu jika ingin memperbaiki kekeliruan atau kesalahan pada data diri siswa, misalnya kesalahan NIK, Nama siswa, Nama Ibu kandung, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, dan Jenis Kelamin. Dapat melakukan langkah perbaikan sebagai berikut ini:

Pertama, pilih menu Pengelolaan dan klik menu EDIT IDENTITAS yang ada disebelah kiri tampilan vevrval pd

Kedua, pada menu Daftar Siswa silahkan cari dan pilih siswa yang akan diperbaiki identitasnya atau anda dapat mengetikkan nama siswnya langsung kemudian klik ENTER pada keyboard

Ketiga, silahkan anda cek keterangan yang ada pada bagian bawah “Menu update akan terbuka jika indeks validasi lebih dari 80 dan data sesuai dengan Data Kependudukan”, itu artinya jika kesalahan melebihi 80% maka baru lah menu update data akan muncul. Dan yang perlu diperhatikan adalah data siswa sudah SAMA PERSIS dengan data yang terekam pada DUKCAPIL, maka tidak perlu lagi mengupload AKTA atau KK.

Keempat, lakukan perbaikan pada kolom BARU dan pastikan data siswa SAMA PERSIS dengan yang terekam pada DUKCAPIL, maka setelah klik menu validasi data akan muncul juga menu UPDATE DATA, selanjutnya pilih dan klik menu UPDATE DATA. Tapi jika data siswa tidak sama persis dengan yang terekam pada DUKCAPIL, maka kita diharuskan mengupload data pendukung seperti AKTA atau KK. Hal ini bisa saja terjadi terhadap siswa pindahan yang baru saja pindah dari sekolah luar daerah, sehingga KK yang dimiliki oleh orang tuanya masih terekam di daerah asalnya. Jika seperti ini maka hal yang bisa dilakukan adalah mengurus perpindahan penduduk dari yang lama kepada yang baru, sehingga KK yang dimiliki pun menjadi yang terbaru.

Mungkin itu saja apa yang dapat saya tuliskan yaitu tentang Cara Memperbaiki Data Siswa Yang Terintegrasi Dengan DUKCAPIL, semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan di dalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami.

12 komentar untuk "Cara Memperbaiki Data Siswa Yang Terintegrasi Dengan DUKCAPIL"

  1. Halo kak, terima kasih atas informasinya. Maaf kak izin bertanya, nama ayah kandung saya di dukcapil berbeda dengan KK, untuk memperbaikinya apa bisa jika diakukan melalui online atau harus datang ke dukcapil terdekat langsung kak? terima kasih kak🙏🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah mampir ke web ini, untuk kesalahan dalam penulisan nama ayah kandung di KK bisa saja diperbaiki dengan mendatangi dukcapil setempat, dan untuk nama ayah kandung yang salah di aplikasi dapodik sekolah bisa langsung diperbaiki, sebab kolom isian nama ayah kandung tidak dikunci dan bisa diperbaiki kapan pun kita mau

      Hapus
  2. Saya ingin merubah tempat lahir tapi karena indeks kemiripan terdeteksi 80 jdi tidak diijinkan solusinya bagaimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah mampir ke website ini, untuk merubah kesalahan terhadap tempat lahir siswa maka data yang diperlukan adalah Kartu Keluarga (KK). Jika kesalahan ada pada KK, maka perbaiki di Dukcapil setempat untuk memperbaikinya. dan apabila kesalahan terjadi pada Verval PD, maka anda dapat mengubah penulisan nama tempat lahirnya, seperti huruf kapital semua/huruf kecil semua/campuran antara kapital dan huruf kecil.

      Hapus
  3. Nama anak saya di Akte & KK ditulis M. Aksa tapi di DAPODIK ditulis Muhammad Aksa, sehingga tidak cocok ketika dipadankan dg DUKCAPIL, bagaimana solusinya? terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih telah mampir ke website ini, kesalahan ada pada aplikasi dapodik dengan demikian bapak/ibu bisa meminta kepada operator sekolah untuk memperbaiki data siswa tersebut sesuai dengan Akta dan KK.
      Bapak/ibu bisa juga meminta bantuan kepada operator Dinas Pendidikan/Kota setempat untuk membantu proses perbaikan data siswa yang mengalami kesalahan tersebut.

      Hapus
  4. Halo kak, izin bertanya..
    NIK saya yang tercantum di dapodik berbeda dg NIK asli. Saya sudah ke operator sekolah, tetapi dari pihak operator sekolah tidak bisa memperbaiki karena data sudah padan dengan dukcapil.
    Nah kalau seperti itu solusinya bagaimana ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah mampir ke website kami, untuk memperbaiki NIK PTK yang salah bisa dilakukan perbaikan melalui laman Verval PTK ya pak/bu, disana sudah tersedia menu untuk perbaikan NIK yang salah.
      Silahkan scroll laman ini untuk mencari cara memperbaiki NIK PTK yang salah pada laman Verval PTK.

      Hapus
  5. Permisi pak. Mohon bertanya. Ini nama anak saya di KK dan di akta kelahiran berbeda, nama yang benar yang tertera pada akta kelahiran. Jika mau sinkronkan data dapodik, nama mana yang dipakai pak? Nama di KK atau nama di akta kelahiran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah mampir ke sini, pakai nama yang ada pada AKTA Kelahiran. untuk nama yang salah pada KK bisa diperbaiki pada Dukcapil setempat, sekaligus minta updatekan datanya disana biar nanti dapodik dapat menyesuaikannya dan edit data siswa melalui Verval PD yang sudah terhubung dengan Dukcapil.

      Hapus
  6. halo kak, izin bertanya. nama ibu saya tidak terdaftar sehingga saya tidak bisa cek nisn dan setelah saya tanya operator disekolah ternyata data saya di dukcapil dan dikpora tidak singkron, untuk prosedur menyingkronkan datanya bagaimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah mampir ke website ini, untuk memperbaikinya tentu anda harus sinkron kan terlebih dahulu antara yang ada di Dukcapil. Karena data pribadi atau individu itu sumber utamanya dari DUKCAPIL.

      Hapus