Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(PPT) PERSPEKTIF PENDIDIKAN MODUL 8: KURIKULUM SEKOLAH DASAR

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Perspektif Pendidikan Di SD Modul ke-8 ini membahasa tentang Kurikulum Sekolah Dasar, yang mana dengan andanya materi ini diharapkan bagi seorang guru agar mengetahui tentang suatu kurikulum dan bisa mengembangkan kurikulum tersebut sesuai dengan kelas yang diajarkannya.

Salah satu sifat kurikulum adalah fleksibel dan tidak kaku, maka dari itu suatu kurikulum bisa saja diganti untuk pembelajaran di kelas dengan menyesuaikan keadaan peserta didiknya.

Pada modul ini juga akan membahas kedudukan kurikulum dalam dunia pendidikan serta prinsip-prinsip yang digunakan dalam mengembangkan suatu kurikulum sekolah dasar.

Anda dapat membaca materi tentang modul ke-8 perspektif pendidikan di SD dengan materi Kurikulum Sekolah Dasar, dan juga bisa mendownload PPT nya untuk digunakan sebagai referensi dalam pembelajaran.  

Kurikulum Sekolah Dasar

A. Kedudukan Kurikulum Dalam Pendidikan

Pada prinsipnya, pendidikan bermuara pada interaksi antara pendidik dan peserta didik untuk membantu peserta didik mencapai tujuan pendidikan (Sukmadinata, 2005:1). Dengan adanya rancangan atau kurikulum secara tertulis, pendidkan di sekolah berlangsung secara terencana, sitematis, dan lebih didasari.

Kurikulum merupakan jantung pendidikan. Kurikulum merupakan panduan yang memberikan jawaban atas pertanyaan: untuk apa pendidikan dilakukan, apa yang disampaikan dalam proses pendidikan, bagaimana pendidikan akan dilaksanakan, serta bagaimana mengukur hasil dan proses pendidikan.

Menurut Undang-Undang No.20/2003 tentang sistem pendidikan nasiaonal, kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

B. PRINSIP-PRINSIP DALAM MENGEMBANGKAN KURIKULUM 

Prinsip-prinsip yang perlu diperhatikan dalam pengembangan kurikulum antara lain:

  1. Prinsip relevansi
  2. Prinsip efektivitas
  3. Prinsip efisiensi
  4. Prinsip fleksibilitas
  5. Prinsip berkesinambungan

C. Standar kompetensi lulusan dan karakteristik mata pelajaran di SD

Standar kompetensi lulusan dan karakteristik mata pelajaran perlu diperhatikan dalam pengembangan kurikulum karena standar kompetensi lulusan dan karakteristik mata pelajaran memberikan panduan bagi pengembang kurikulum dalam merumuskan kemampuan yang diharapkan dikuasai peserta didik serta dalam merancang pengalaman belajar dan mengorganisasikan materi yang harus disediakan untuk mencapai kemampuan yang telah ditetapkan.

Ada beberapa karakteristik mata pelajaran yang ada di Sekolah Dasar, diantaranya:

  • Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
  • Mata pelajaran Bahasa Indonesia
  • Mata pelajaran Matematika
  • Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
  • Mata pelajaran Imu Pengetahuan Sosial (IPS)

Pembelajaran Ke-2

A. Hakikat KTSP 

KTSP terdiri atas dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan ,struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan ,kalender pendidikan dan silabus. 

 1) Tujuan Pendidikan  SD 

Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut .jenjang pendidikan dasar terdiri dari SD dan MI. 

2) Struktur dan Muatan Kurikulum SD 

Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.

Aspek-aspek yang harus tercantum dalam struktur dan muatan kurikulum mencakup mata pelajaran,Muatan lkal,pengembangan diri ,pengaturan beban belajar ,ketuntasan belajar ,kenaikan kelas dan kelulusan,pendidikan kecakapan hidup,serta pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global.

3) Kalender Pendidikan 

Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran ,minggu efektif belajar ,waktu pembelajaran efektif dan hari libur.

4) Silabus 

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu atau kelompok mata pelajaran yang mencakup standar kompetensi ,kompetensi penilaian alokasi waktu,dan sumber bahan alat belajar.

B. Latar Belakang KTSP

Kurikulum harus dimulai dari lingkungan terdekat.Kurikulum harus mendekatkan peserta didik dengan lingkungan social,budaya fisik ekonomi ,agama masyarakat yang dilayani kurikulum .Peserta didik harus mengenal lingkungna dengan baik dan belajar dari lingkungan tersebut kepada lingkungan yang lebih luas .

C. Prosedur Pengembangan KTSP 

Prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum KTSP antara lain : 

  1. Berpusat pada potensi ,perkembangan ,kebutuhan ,dan kepentingan peserta didik 
  2. Beragam terpadu 
  3. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan 
  4. Relevan dengan kebutuhan kehidupan 
  5. Menyeluruh ,baik dalam hal dimensi kompetensi 
  6. Belajar sepanjang hayat dengan memperhatikan kondisi dan tuntutan lingkungan yang selalu bekembang serta arah perkembangan manusia seutuhnya.

D. Pihak–pihak Yang Terlibat Dalam Pengembangan KTSP 

Adapun pihak-pihak yang terlibat dalam pengembangan KTSP di Sekolah Dasar, yaitu:  

  1. Tim penyusun yang terdiri atas guru,dan kepala sekolah 
  2. Komite sekolah 
  3. Nara sumber (orang yang ahli dalam pembuatan kurikulum sekolah) 
  4. Dinas Pendidikan 
  5. Pihak lain yang terkait 

(PPT) Perspektif Pendidikan Modul 8: Kurikulum Sekolah Dasar

 

Download (PPT) Perspektif Pendidikan Modul 8 "Kurikulum Sekolah Dasar" disini.

Semoga artikel sederhana tentang Perspektif Pendidikan Modul 8 dengan materi Kurikulum Sekolah Dasar ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami.

Posting Komentar untuk "(PPT) PERSPEKTIF PENDIDIKAN MODUL 8: KURIKULUM SEKOLAH DASAR"