Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[Pembaruan] Dan Cara Update Aplikasi ARKAS Versi 3.02

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah atau yang biasa disingkat dengan ARKAS merupakan suatu aplikasi yang telah disediakan oleh kemdikbud kepada setiap jenjang sekolah baik SD maupun SMP untuk membuat rencana pelaporan terhadap penggunaan Dana BOS yang diterima selama 1 tahun pembelajaran.

Jadi, aplikasi ARKAS ini merupakan sebuah aplikasi yang dirancang untuk membuat rencana penggunaan Dana BOS selama 1 tahun pembelajaran dengan sangat rinci dan detail. Sekolah dapat membuat rancangan penggunaan Dana BOS selama 1 tahun pembelajaran pada aplikasi ARKAS, sebelum nantinya laporannya diserahkan kepada dinas pendidikan untuk ditindak lanjuti terhadap pelaporan penggunaan Dana BOS sekolah.

Jika biasanya sekolah membuat laporan penggunaan Dana BOS secara manual, maka pada sekarang ini pihak sekolah dapat membuat laporannya secara langsung melalui aplikasi ARKAS. Sehingga dengan demikian sekolah tidak perlu membuat laporan secara berulang-ulang lagi, dan langsung saja laporan dibuat/diulah pada aplikasi ARKAS yang telah disediakan.

Jadi, adanya aplikasi ARKAS ini sebenarnya tidak untuk menjadi beban setiap satuan pendidikan, melainkan sebagai alat untuk membantu setiap satuan pendidikan dalam menyusun laporan penggunaan Dana BOS agar lebih terarah dan lebih detail lagi.

Mungkin sebagian menganggap aplikasi ARKAS menjadi beban karena sulitnya dalam penggunaannya, hal ini sah-sah saja dikatakan sebab aplikasi ini masih terbilang baru bagi satuan pendidikan. Apalagi menu-menu yang ada pada aplikasi ARKAS masih terbilang sukar untuk dipahami, tapi seiring dengan berjalannya waktu aplikasi ARKAS ini sangat membantu dalam membuat laporan penggunaan Dana BOS sekolah dan menu-menu yang ada aplikasinya pun sudah bisa dipahami sedikit demi sedikit.

Dilansir dari situs resmi https://rkas.kemdikbud.go.id, dapat diketahui bahwa aplikasi ARKAS sudah rilis versi terbarunya yaitu ARKAS versi 3.02. Sebelum melakukan update ke versi terbaru, hendaknya terlebih dahulu kita mengetahui pembaruan apa saja yang ada pada aplikasi ARKAS versi 3.02.

Pembaruan Pada Aplikasi ARKAS Versi 3.02

Berikut mimin tuliskan kembali pembaruan yang ada pada aplikasi ARKAS Versi 3.02 sekedar untuk diketahui, pembaruan tersebut diantaranya:

1) Penambahan untuk cek bara pada saat membuat kertas kerja

2) Penambahan report penggunaan per bulan

3) Penambahan report realisasi anggaran

4) Perbaika RKAS perubahan yang sesuai dengan tahap 3 tahun 2021

5) Perbaikan pada urutan nomor bukti

6) Perbaikan tampilan aktivasi BKU

7) Perbaikan perubahan dashboard 2021

8) Perbaikan tutup BKU tidak masuk ke manajemen RKAS

9) Perbaikan patch BKU hilang

10) Perbaikan nilai uang lebih dari 2 miliar

11) Optimasi aplikasi

Itulah tadi 11 poin penting tentang pembaruan yang ada pada aplikasi ARKAS Versi 3.02 dilansir dari situs resmi https://rkas.kemdikbud.go.id.

Lantas bagaimana cara melakukan update pada aplikasi ARKAS Versi 3.02?

Berikut akan mimin tuliskan kembali langkah dan caranya.

Silahkan disimak, dipahami dan semoga dapat membantu

Cara Update Aplikasi ARKAS Versi 3.02

Adapun cara melakukan update pada aplikasi ARKAS versi 3.02 terdapat 2 cara, yaitu:

1. Online 

2. Offline

Untuk update aplikasi ARKAS versi 3.02 secara online adalah dengan menghubungkan aplikasi pada jaringan internet dan pastikan internetnya stabil.

  1. Silahkan hubungkan laptop anda dengan jaringan internet
  2. Selanjutnya, silahkan buka aplikasi ARKAS yang telah diinstal sebelumnya. Maka otomatis aplikasi ARKAS akan melakukan pembaruan (update)
  3. Silahkan tunggu hingga proses pembaruan pada aplikasi ARKAS berakhir. Apabila pemabaruan telah selesai, silahkan buka kembali aplikasi ARKAS anda.

Untuk mengetahui apakah aplikasi ARKAS sudah versi terbaru/belum, silahkan pilih menu pembaruan. Apabila keterangannya “tidak ada versi terbaru” maka aplikasi ARKAS sudah versi terbaru. Selain itu, ciri khas ARKAS versi 3.02 ini adalah pada tampilan dashboard akan ada trafik tentang penggunaan anggaran yang telah sekolah isikan sebelumnya atau pada bagian pojok kiri bawah akan terdapat versi ARKAS yang digunakan yaitu 3.2.

Begitulah cara update aplikasi ARKAS versi 3.02 secara online, cukup mudah untuk dilakukan dan anda hanya perlu terhubung pada internet saja.

Sedangkan cara update aplikasi ARKAS secara offline, yaitu:

  1. Jangan unstall aplikasi ARKAS yang telah ada
  2. Selanjutnya silahkan anda download installer ARKAS pada https://arkas.kemdikbud.go.id
  3. Pada setup-RKAS-3-2 yang telah di download, silahkan Double klik, lalu pilih RUN, klik menu YES, lalu pilih Instal dan tunggu hingga proses penginstalan berhasil. Terakhir pilih OK 
  4. Silahkan anda login aplikasi ARKAS dan pastikan pada pojok kiri bawah terdapat versi 3.2

Selamat mencoba dan semoga berhasil untuk melakukan pembaruan pada aplikasi ARKAS versi 3.02.

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang dapat mimin tuliskan yaitu tentang Pembaruan dan Cara update aplikasi ARKAS versi 3.02. Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan.

Anda juga dapat berbagi cara update aplikasi ARKAS pada kolom komentar yang ada dibagian artikel ini. 

Post a Comment for "[Pembaruan] Dan Cara Update Aplikasi ARKAS Versi 3.02"