Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatur Gelombang Pada Sesi Simulasi AKM

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Asesmen Kompetensi Minimum atau yang biasa disingkat dengan AKM merupakan bagian dari Asesmen Nasional yang memiliki tujuan untuk mengukur kemampuan literasi (membaca) dan numerasi (matematika/berhitung) siswa.

AKM sejatinya ditujukan untuk siswa tingkat Sekolah Dasar yaitu untuk kelas 5 (lima). Dan dari hasil kegiatan AKM ini maka akan diketahui tingkat kemampuan siswa untuk literasi dan juga numerasinya, sehingga nantinya dapat dilakukan perbaikan pada sistem pembelajaran disekolah.

Sejatinya AKM ini adalah untuk memberikan gambaran tentang pendidikan yang ada di seluruh pelusuk penjuru daerah yang ada di Negara Indonesia. Sekolah yang melaksanakan kegiatan AKM ini akan mendapatkan hasil rapor dari peserta yang telah mengikuti kegiatan AKM hingga selesai.

Dan yang diperlukan oleh pihak sekolah adalah komputer (klien) untuk nantinya digunakan peserta dalam mengikuti kegiatan ujian AKM. Ada 2 pilihan bagi sekolah untuk mengikuti kegiatan AKM ini, yaitu:

  1. Dilakukan secara mandiri, artinya sekolah harus mempersiapkan peralatan yang nantinya digunakan untuk kegiatan AKM, salah satunya adalah komputer/laptop yang sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan sebelumnya. Dan untuk jumlah komputer/laptop yang digunakan menyesuaikan dengan jumlah peserta didik yang menjadi peserta pada ujian AKM.
  2. Dilakukan secara menumpang, artinya sekolah dapat bekerjasama dengan Sekolah Meningkat Pertama (SMP) yang terdekat dengan sekolah dasar tersebut. Jadi, dengan kata lain peserta ujian AKM bisa datang ke sekolah yang ditumpanginya untuk kegiatan AKM ini.

Kemudian pada kegiatan AKM ini terdapat 2 istilah yaitu Proktor dan Teknisi. Proktor adalah orang yang bertanggung jawab untuk pelaksanaan kegiatan ujian AKM, proktor dapat mengatur gelombang sesi saat simulasi AKM diadakan. Kemudian proktor juga harus berperan aktif untuk menarik serta mengisikan nama-nama peserta pada website AKM.

Lalu ada yang namanya teknisi, adalah orang yang bertugas untuk membantuk proktor untuk mempersiapkan segala sesuatunya, mulai dari komputer/laptop, kabel, internet dan sebagainya, dengan tujuan agar proses kegiatan simulasi dapat berjalan dengan lancar.

Untuk kegiatan ujian AKM itu sendiri sejatinya dilaksanakan pada bulan November dan ini berdasarkan informasi yang diketahui. Sedangkan pada bulan Oktober ini, yaitu pada hari selasa tanggal 19 Oktober 2021 akan diadakan kembali simulasi ujian AKM. Yang mana simulasi ini bertujuan untuk memersiapkan segala sesuatunya termasuk  peserta didiknya  agar ketika hari H ujian AKM berlangsung semuanya telah siap dan juga paham dalam mengikuti kegiatan.

Untuk itu salah satu yang harus dilakukan sebelum kegiatan simulasi AKM ini berlangsung adalah harus mengatur gelombang sesi kegiatan simulasi, misalnya untuk hari pertama ada berapa jumlah peserta yang mengikuti simulasi, lalu ujiannya apakah literasi atau numerasi. Pengaturan gelombang sesi ini sangat perlu dilakukan, terlebih lagi bagi sekolah yang memiliki jumlah peserta didik yang cukup banyak dan ditambah lagi pada saat keadaan di masa pandemi seperti sekarang ini.

Lantas bagi anda yang belum melakukan pengaturan terhadap gelombang sesi simulasi AKM, maka disini mimin akan menuliskan cara atau langkah yang bisa anda ikuti untuk mengatur gelombang sesi simulasi AKM.

Cara Mengatur Gelombang Pada Sesi Simulasi AKM

Berikut cara atau langkah untuk mengatur sesi pada kegiatan simulasi AKM yang akan berlangsung beberapa hari lagi, yaitu:

1. Silahkan kunjungi website: https://anbk.kemdikbud.go.id

2. Login dengan menggunakan user dan password lembaga (sekolah)


3. Setelah berhasil login, buka menu biodata siswa. Pada menu ini biodata siswa akan kosong, oleh sebab itu kita harus menarik data siswa dengan memilih dan mengklik menu Ambil Data BIO-AN yang ada dibagian atas, setelah itu pilih OK maka data calon peserta AKM akan muncul.

4. Apabila data siswa sudah ada, selanjutnya silahkanpilih menu Asesmen Nasional dan pilih pengaturan sesi

5. Silahkan centang siswa yang akan diatur gelombang dan juga sesinya


6. Selanjutnya silahkan pilih menu EDIT yang ada di bagian atas, kemudian atur gelombang dan sesi untuk siswa tersebut

7. Terakhir silahkan klik tombol Simpan

8. Dan ulangi dari nomor 5 – 7 untuk mengatur gelombang dan sesi siswa yang lainnya   

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang dapat mimin tuliskan yaitu tentang Cara Mengatur Gelombang Pada Sesi Simulasi AKM. Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan.

Bagi anda yang mengetahui cara atau langkah lainnya untuk mengatur gelombang pada sesi simulasi AKM, maka agar sekiranya bersedia untuk menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini.

Post a Comment for "Cara Mengatur Gelombang Pada Sesi Simulasi AKM"