Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menambah Riwayat Pendidikan Dari SD, SMP, SMA Dan S1 Untuk PPG 2022

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Selagi masih ada waktu silahkan anda update riwayat pendidikan yang nantinya dipergunakan sebagai salah satu syarat untuk menjadi calon peserta didik PPG Dalam Jabatan tahun 2022.

Dan untuk menu riwayat pendidikan ini harus diupdate berdasarkan point penting yang terkandung dalam surat edaran mengenai persyaratan sebagai calon peserta PPG tahun 2022.

Maka dari itu mulai sekarang anda dapat mempersiapkan Ijazah dari jenjang pendidikan SD/sederajat, SMP/sederajat, SMA/sederajat dan S1/S2/S3. Dan dalam kesempatan kali ini mimin akan memberikan langkah atau cara yang bisa anda lakukan untuk menambahkan riwayat pendidikan tersebut.

Perlu diketahui bahwa untuk menambahkan riwayat pendidikan dapat dilakukan melalui 2 cara, yaitu: Pertama melalui aplikasi dapodik secara langsung melalui fitur tukar pengguna atau login dengan akun PTK yang dimiliki, dan yang Kedua dapat dilakukan secara online melalui website https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id.

Point Ke-1: Cara Menambahkan Riwayat Pendidikan Secara Langsung Melalui Aplikasi Dapodik

Perlu anda ketahui bahwa dapodik yang digunakan untuk semester genap tahun pembelajaran 2021/2022 adalah dapodik versi 2022.c, dan bagi anda yang ingin menambahkan riwayat pendidikan melalui aplikasi dapodik berikut mimin akan tuliskan cara atau langkahnya, adalah:

  • Silahkan login pada aplikasi dapodik dengan menggunakan akun sekolah atau langsung login dengan menggunakan akun PTK yang bersangkutan. Dan jika anda login menggunakan akun sekolah, maka terlebih dahulu melakukan tukar pengguna melalui menu pengaturan, masukkan kode registrasi sekolah dan pilih nama GTK yang akan ditambahkan riwayat pendidikannya
  • Setelah berhasil melakukan tukar pengguna atau berhasil login dengan menggunakan akun PTK, silahkan pilih menu GTK dan klik nama PTK yang bersangkutan
  • Selanjutnya silahkan pilih menu UBAH yang ada dibagian atas, lalu kemudian scroll kebagian menu yang berada dibagian bawah untuk menemukan Rwy.Pendidikan Formal
  • Pada menu Rwy. Pendidikan Formal silahkan pilih TAMBAH, kemudian isikan data mulai dari bidang studi, jenjang pendidikan, gelar akademik, satuan pendidikan formal, fakulats, kependidikan, tahun masuk dan lulus, NIS/NISN/NIM, masih studi/kuliah dan nilai rata-rata/IPK. Silahkan isikan data tersebut sesuai dengan jenjang pendidikan anda.
  • Apabila telah selesai mengisikan kolom pada point diatas, jangan lupa untuk mengklik menu SIMPAN.

Point Ke-2: Cara Menambahkan Riwayat Pendidikan Secara Online

Untuk menambahkan riwayat pendidikan secara online ini, maka anda harus terhubung dengan internet dan silahkan akses website https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id, adapun langakah atau cara untuk mengerjakannya adalah:

  • Silahakn login dengan menggunakan akun PTK masing-masing
  • Setelah berhasil login, maka akan terdapat beberapa macam menu isian sesuai dengan yang ada pada aplikasi dapodik
  • Untuk menambahkan riwayat pendidikan anda dapat memilih menu PENDIDIKAN, lalu pilih tambah riwayat pendidikan
  • Setelah memilih tambah riwayat pendidikan, silahkan anda isikan riwayat pendidikan dari SD/sederajat hingga pendidikan terakhir.

Catatan: Untuk menambahkan riwayat pendidikan secara online ini, apabila pendidikan terakhir anda S1, maka nama satuan pendidikan/nama kampus ditulis dengan benar agar pada kolom pencarian muncul nama satuan pendidikan anda. Dan apabila nama satuan pendidikan sudah muncul silahkan langsung di klik saja lagi, untuk kolom isian fakultas, jurusan silahkan sesuaikan dengan ijazah anda. Dan apabila anda ingin mengisikan jenjang pendidikan SD, SMP, SMA sederajat maka kolom BIDANG STUDI HARUS DIISIKAN. Apabila telah selesai melakukan pengisian, langkah terakhir yang harus dilakukan adalah SINKRONISASI aplikasi Dapodik agar hasil isian tersebut muncul pada aplikasi dapodik.    

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan tentang cara menambah riwayat pendidikan dari jenjang SD, SMP, SMA dan S1 untuk PPG 2022. Apabila anda mengetahui cara lain untuk menambahkan riwayat pendidikan selain yang telah mimin tuliskan diatas, maka agar sekiranya berkenan untuk berbagi dengan menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. 

Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami.

Post a Comment for "Cara Menambah Riwayat Pendidikan Dari SD, SMP, SMA Dan S1 Untuk PPG 2022"