Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi INVALID Di Menu Sarpras Pada Dapodik 2022.d

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Cara Mengatasi INVALID Di Menu Sarpras Pada Dapodik 2022.d

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu dalam keadaan sehat, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera mendapatkan jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Setelah berhasil update aplikasi dapodik versi 2022.d, maka anda jangan merasa heran apabila terdapat data yang INVALID pada menu Sarpras. Hal ini sesuai dengan Pembaruan yang ada pada aplikasi dapodik versi 2022.d, yaitu adanya:

  • Penambahan validasi terkait penginputan sarana dan prasarana
  • Penambahan validasi terkait panjang, lebar dan luas pada tanah dan bangunan.

Cara Mengatasi INVALID Di Menu Sarpras Pada Dapodik 2022.d

Untuk itu setiap sekolah diharuskan mengisikan Panjang, Lebar dan Luas pada tanah dan juga bangunan untuk mengatasi INVALID tersebut. Dan disini mimin akan memberikan cara untuk mengatasi INVALID pada menu Sarpras dan cara mengisikan lebar, panjang dan luas tanah maupun bangunan.

Cara Mengatasi INVALID Di Menu Sarpras Pada Dapodik 2022.d

  1. Silahkan anda login pada aplikasi dapodik masing-masing
  2. Silahkan pilih menu validasi dan menu sarpras, lihat berapa jumlah yang warning dan juga invalid
  3. Setelah mengetahui data INVALID pada menu Sarpras, lakukan perbaikan dengan memilih menu Sarpras
  4. Untuk mengisikan luas dan lebar tanah, silahkan klik TANAH lalu pilih menu ubah yang ada dibagian atas. Anda dapat melihat sertifikat tanah yang dimiliki sekolah untuk mengetahui ukuran panjang dan lebar tanah, tetapi apabila pada sertifikat tanah yang dimiliki sekolah hanya tertulis total LUASnya saja, maka untuk mengatasinya adalah dengan mencari atau mengkali kan antara panjang dan lebar tanah hingga hasil perkalian tersebut sama dengan jumlah total yang ada disertifikat tanah. Misalnya luas tanah 1433 m2, maka untuk panjang bisa saja diisi dengan angka 50 m2 dan lebar 28,66 m2 hingga diperolehlah nilai luasnya adalah 1433 m2. Atau anda dapat melakukan pengukuran secara manual untuk mengetahui panjang dan lebar tanah yang dimiliki oleh sekolah.
  5. Setelah nilai panjang, lebar dan luas tanah telah terisi selanjutnya mengisikan panjang, lebar dan luas bangunan yang ada diatas permukaan tanah tersebut. Misalnya untuk mengisikan panjang, lebar dan luas bangunan perpustakaan, silahkan anda pilih NAMA BANGUNAN PERPUSTAKAAN, lalu double klik sesuai dengan kolomnya, isikan jumlah angkanya dan terakhir simpan.
  6. Lakukan pengisian untuk jenisa bangunan yang lainnya sesuai degan langkah pada poin nomor 5 diaatas.
  7. Setelah semuanya telah terisi, selanjutnya lakukan pengecekan pada menu vallidasi. Apakah ada data yang masih invalid atau sudah tidak ada lagi yang invalid dan proses sinkronisasi dapat dilakukan.

Catatan: apabila anda mengisikan luas bangunan melalui menu ubah, misalnya memilih nama bangunan perpustakaan, lalu memilih menu Ubah yang ada dibagian atas dan mengisikan nilai total luas bangunan perpustakaan tersebut akan terdapat pesan ERROR lantaran disebabkan jumlah nilai LUAS yang diisikan melebihi dari jumlah nilai LUAS tanah yang dimiliki. Maka dari itu, supaya bisa mengisikan dan menyimpannya pada bagian depan langsung saja double klik isian panjang, lebar dan luas pada bangunan Perpustakaan.

Cara Mengatasi Warning Pada Menu Sekolah

Warning yang ada dimenu sekolah ini muncul setelah berhasil update aplikasi dapodik versi 2022.d, lantaran adanya data yang tidak sesuai sesuai dengan sebenarnya. Misalnya di menu Sarpras sekolah telah diinput RUANG UKS, tetapi dimenu DINAMIS tidak diisi dengan menuliskan TIDAK memiliki RUANG UKS.

Dan itulah yang menyebabkan WARNING yang muncul di menu Sekolah, adapun cara mengatasinya yaitu:

  1. Pilih menu utama Sekolah yang ada dibagian atas pada aplikasi dapodik
  2. Pilih tab menu data DINAMIS
  3. Kemudian klik TAMBAH
  4. Pilih pertanyaan jenis ruangnya, misalnya apakah sekolah anda memiliki ruang UKS?
  5. Lalu isikan angka 1 apabila sekolah kita memiliki ruang UKS sesuai dengan pertanyaan yang dipilih pada poin nomor 4 diatas. Dan isi dengan angka 0 apabila sekolah kita tidak memiliki ruang UKS. Mengapa harus angka 1 yang ditulis apabila memiliki, dan angka 0 apabila tidak memiliki? Hal ini dikarenakan 1 itu menandakan jawaban YA (memiliki) dan 0 itu menandakan jawaban TIDAK (tidak memiliki). Dan jangan mengisikannya dengan jumlah ruangan yang dimiliki, misalnya anda memilih pertanyaan apakah sekolah anda memiliki ruang kelas? Maka kita jawab dengan angka 6 karena ruang kelas yang ada disekolah kita ada 6 ruangan, ini sebuah kekeliruan. Jadi, cukup kita isikan dengan angka 1 saja untuk menandakan bahwa sekolah kita memang memiliki ruang kelas dan tidak perlu jumlah ruang kelasnya yang dituliskan.

Bagi anda yang mengetahui cara mengisikan jawaban yang ada dimenu DINAMIS yang berbeda dengan yang telah mimin tuliskan tersebut, maka agar sekiranya berkenan untuk berbagi dengan menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. 

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagika mengenai Cara Mengatasi Invalid Di Menu Sarpras Pada Dapodik 2022.d. Dan bagi anda yang mengetahui cara lain untuk mengatasi Invalid pada menu SARPRAS yang ada di dapodik 2022.d, maka agar sekiranya berkenan untuk menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini.

Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi INVALID Di Menu Sarpras Pada Dapodik 2022.d"