Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA LOGIN DAN UNDUH HASIL RAPOR PENDIDIKAN 2022

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

CARA LOGIN DAN UNDUH HASIL RAPOR PENDIDIKAN 2022

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Dilansir dari situs https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id, dijelaskan bahwa Rapor Pendidikan merupakan penyempurnaan dari Rapor Mutu yang berisi data kualitas satuan pendidikan atau daerah. Data ini didapat dari berbagai asesmen atau survey nasional, dan berfungsi sebagai bahan refleksi serta dasar perencanaan untuk peningkatan kualitas.

Dengan adanya Rapor Pendidikan ini maka setiap satuan pendidikan akan mengetahui kualitas kegiatan pembelajaran yang ada disekolahnya, dan nilai dari rapor pendidikan ini diperoleh dari isian berbagai survey, semisal Survei Lingkungan Belajar, lalu ada Rapor Mutu yang didapatkan dari hasil pengisian kuesioner pada aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP).

Dan yang perlu diketahui bahwa untuk Rapor Pendidikan itu sendiri tidak dapat diakses diwaktu sekarang ini lantaran terjadinya kendala teknis, sehingga waktu yang bisa digunakan untuk mengakses rapor pendidikan adalah tanggal 20 Maret 2022.

Untuk bisa login dan mengunduh hasil dari rapor pendidikan ini terdapat 2 cara, yaitu dengan menggunakan akun belajar milik dinas pendidikan @dinas.belajar.id atau bisa dengan menggunakan akun belajar.id milik kepala sekolah @admin.belajar.id

CARA LOGIN DAN UNDUH HASIL RAPOR PENDIDIKAN 2022

Berikut mimin bagikan cara atau langkah untuk login dan unduh hasil rapor pendidikan sekolah tahun 2022, yaitu:

  1. Pastikan terlebih dahulu anda mengetahui akun belajar.id milik kepala sekolah secara benar dan bisa login di https://belajar.id
  2. Silahkan anda kunjungi laman https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id
  3. Kemudian silahkan klik “Masuk Dengan Akun Belajar.id”, maka secara otomatis anda akan diarahkan kehalaman login. Kemudian silahkan isikan username dan password akun belajar.id milik kepala sekolah (@admin.belajar,id)
  4. Setelah berhasil login, maka pada tampilan dashboard rapor pendidikan akan terlihat, nama sekolah, NPSN, alamat, kota/provinsi, akreditasi, mutu hasil belajar peserta didik (Literasi, Numerasi, Indeks Karakter) dan penilaian lain sebagainya
  5. Untuk mengunduh hasil rapor pendidikan, silahkan pilih menu “UNDUH” yang ada dibagian atas sebelah kanan dan pastikan tahunnya adalah 2022. Lalu selanjutnya klik dan pilih “UNDUH”, maka secara otomatis file akan terunduh dalam bentuk excel.

Catatan: Cara diatas yaitu login dengan menggunakan akun belajar.id kepala sekolah, sebab hanya akun belajar.id kepala sekolah yang kita miliki dan ketahui, sedangkan untuk akun belajar.id milik dinas tidak diketahui. Bagi anda yang mengetahui bagaimana bentuk akun belajar.id milik dinas pendidikan agar sekiranya dapat berbagi dengan menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini.

Berikut Contoh Tampilan yang ada pada Rapor Pendidikan 2022:

CARA LOGIN DAN UNDUH HASIL RAPOR PENDIDIKAN 2022

CARA LOGIN DAN UNDUH HASIL RAPOR PENDIDIKAN 2022

CARA LOGIN DAN UNDUH HASIL RAPOR PENDIDIKAN 2022

CARA LOGIN DAN UNDUH HASIL RAPOR PENDIDIKAN 2022

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagika mengenai Cara login dan unduh hasil rapor pendidikan 2022. Setalah mendownload dan mengetahui hasil Rapor Pendidikannya, maka selanjutnya sekolah dapat meningkatkan lagi proses layanan pembelajaran apabila terdapat hasil yang kurang pas yang ditampilkan dari rapor pendidikan. Sekolah dapat membenahi sistem pembelajarannya dan meningkatkan lagi kemampuan siswanya terutama pada Literasi, Numerasi, Penanaman Karakter dan sebagainya, hingga akhirnya tujuan dari proses belajar-mengajar dapat terpenuhi secara maksimal. 

Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Posting Komentar untuk "CARA LOGIN DAN UNDUH HASIL RAPOR PENDIDIKAN 2022"