Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ CARA CETAK DAN UPLOAD BAP EMIS 4.0 SEMESTER GENAP TAHUN 2022

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

√ CARA CETAK DAN UPLOAD BAP EMIS 4.0 SEMESTER GENAP TAHUN 2022

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Berita Acara Pendataan atau yang sering disingkat dengan BAP terdapat pada menu EMIS Madrasah untuk syarat dalam pengajuan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) disetiap semesternya. BAP sebagai syarat administrasi sebagai bukti bahwa satuan pendidikan telah menyelesaikan berbagai permasalahannya, seperti halnya pada menu Kelembagaan, Sarana dan Prasarana, PTK/GTK dan Kesiswaan.

Oleh sebab itu, Berita Acara Pendataan (BAP) dapat dicetak apabila sekolah telah menyelesaikan konfirmasi pada Kelembagaan, Sarpras, PTK/GTK dan Kesiswaan. Apabila masih ada yang berwarna merah pada salah satu menu Kelembagaan, Sarpras, PTK/GTK dan Kesiswaan maka tugas pihak sekolah untuk membenarkannya terlebih dahulu. Dan apabila sudah bercentang warna hijau maka sudah bisa dianggap menu-menu tersebut sudah valid kebenarannya.

Dan disemester 2 tahun 2022 ini Berita Acara Pembaruan atau BAP sudah bisa dikerjakan oleh sekolah melalui EMIS 4.0 dengan menggunakan akun sekolah/lembaga masing-masing.

Berikut mimin bagikan cara cetak BAP EMIS 4.0 Semester Genap Tahun 2022, yaitu:     

Pertama, silahkan login pada laman https://emis.kemenag.go.id/ menggunakan akun sekolah/madrasah/lembaga masing-masing  

Kedua, setelah berhasil login dan sebelum mencetak dan konfirmasi BAP semester genap, ada baiknya anda memperhatikan beberapa menu monitoring seperti data Kelembagaan, GTK, Data Siswa dan Data Sarpras sudah terisi secara lengkap dan benar sesuai dengan keadaan sebenarnya. 

  • Apabila data tersebut sudah berwarna hijau, itu menandakan bahwa data tersebut sudah valid dan diakui kebenarannya
  • Dan apabila ada yang masih berwarna warna merah, maka tugas pihak sekolah untuk segera memperbaiki sesuai dengan data yang berwarna merah tersebut pada bagian mana 

Ketiga, apabila data sudah warna hijau selanjutnya silahkan masuk ke menu konfirmasi dan lakukan konfirmasi pada menu-menu berikut, seperti:

Kelembagaan 

Data Siswa 

Data GTK

Sarana dan Prasarana

Dan setiap tahap konfirmasi silahkan beri tanda centang sebagai bentuk persetujuan atas kebenaran data tersebut, lalu pilih dan klik tombol konfirmasi

Keempat, setelah melakukan konfirmasi, selanjutnya silahkan masuk ke menu berita acara pendataan untuk mencetak Berita Acara Pendataan atau BAP setelah semua menu sudah terkonfirmasi

Kelima, sebelum mengupload Berita Acara Pendataan atau BAP semester genap tahun 20202, terlebih dahulu BAP dicetak untuk diserahkan kepada kepala sekolah/lembaga agar bisa ditandatangani

Keenam, silahkan anda scan terlebih dahulu File BAP yang sudah ditandatangani oleh kepala sekolah/lembaga sebelum diupload pada laman EMIS Madrasah versi 4.0, File BAP yang diupload dapat berupa PDF, PNG, JPG dengan ukuran file maksimal 2 MB

Ketujuh, untuk mengupload file BAP tersebut silahkan pilih menu Konfirmasi lalu pilih menu Berita Acara Pendataan, pilih dan klik menu upload, cari file BAP nya pada perangkat laptop/handphone lalu pilih dan klik UPLOAD BAP.

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai cara cetak dan upload BAP EMIS 4.0 semester genap tahun 2022. Bagi sekolah madrasah yang berada dibawah naungan KEMENAG sudah bisa mengerjakan Berita Acara Pendataan atau BAP sesuai dengan keadaan sekolahnya masing-masing. Pihak sekolah dapat mengupdate atas kebenaran data yang ada disekolahnya, seperti mengupdate data kelembagaan, GTK, Siswa dan Sarana Prasarana.

Bagi anda yang mengetahui cara lain mengenai cetak dan upload BAP EMIS 4.0 semester genap tahun 2022 dapat berbagi dengan menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. 

Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Post a Comment for "√ CARA CETAK DAN UPLOAD BAP EMIS 4.0 SEMESTER GENAP TAHUN 2022"