Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ CARA VERIFIKASI DAN VALIDASI SISWA MADRASAH PENERIMA PIP TAHAP 1 TAHUN 2022

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

√ CARA VERIFIKASI DAN VALIDASI SISWA MADRASAH PENERIMA PIP TAHAP 1 TAHUN 2022

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin…
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Siswa penerima Program Indonesia Pintar atau yang sering dikenal dengan PIP merupakan suatu program dari pemerintah guna memberikan bantuan kepada siswa yang memang berhak untuk menerimanya. Misalnya, ada siswa yang benar-benar kurang mampu secara ekonomi maka pihak sekolah dapat melakukan usulan melalui aplikasi dapodik bagi sekolah dibawah arahan Kemendikbud dan melalui laman website EMIS 4.0 bagi siwa yang dibawah naungan Kemenag.

Dengan demikian siswa penerima PIP tidak hanya dirasakan oleh siswa yang berasal dari sekolah dibawah naungan Kemendikbud saja, melainkan siswa dibawah naungan Kemenag pun berhak untuk menerima bantuan PIP padatahun 2022 ini.

Bagi sekolah yang menggunakan layanan website EMIS, maka dapat melakukan aktivasi rekening terlebih dahulu dan sinkron dengan data EMIS hasil updating semester genap pada tahun pelajaran 2021/2022. Dan bagi sekolah yang belum melakukan aktivasi rekening dan tidaksinkron dengan data EMIS, maka hal selajutnya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan verifikasi dan validasi pada data EMIS yang diperlukan.

Hal pertama yang bisa dilakukan oleh pihak madrasah adalah melakukan verifikasidan validasi melalui aplikasi SIPMA yang dapat diakses melalui laman https://pipmadrasah.kemenag.go.id/ atau pada laman https://emadrasah.kemenag.go.id/verval/login. Untuk proses verifikasi dan validasinnya mengikuti arahan atau petunjuk yang ada didalam aplikasi verval dan madrasah segera untuk melakukan konfirmasi data hasil verval apabila telah selesai melakukan verifikasi untuk siswa madrasah penerima PIP tahun 2022.

Cara Verifikasi dan Validasi PIP Madrasah Tahun 2022

Berikut cara atau langkah yang harus dilakukan oleh madrasah untuk memverifikasi dan memvalidasi PIP Madrasah tahun 2022, yaitu:

Pertama, silahkan akses laman https://emadrasah.kemenag.go.id/verval/login, silahkan login dengan menggunakan username berupa NSM madrasah dan password 123456 (apabila belum pernah diganti)

Kedua, bagi anda yang pertama kali login bisa mengganti password terlebih dahulu. Ingat password yang telah anda ganti hendaknya dicatat atau disimpan supaya nantinya apabila lupa password ada catatan yang telah dimiliki

Ketiga, setelah berhasil login maka aka nada 3 menu utama yang terlihat, seperti:

  • Menu Nominasi, pada menu ini berisi daftar siswa calon penerima PIP Madrasah tahap 1 tahun 2022 yang sudah sinkron atau sesuai dengan EMIS pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022 dan sudah melakukan aktivasi rekening serta siswa tersebut masih terdaftar aktif dimadrasahnya
  • Menu Validasi, pada menu ini berisi data siswa yang sudah sinkron dengan EMIS, akan tetapi siswa calon penerima PIP madrasah tahun 2022 inimasih divalidasi lagi kelayakan dan keaktifnnya. Tentunya tujuannya adalah untuk memastikan bahwa siswa yang menerima bantuan ini adalah siswa yang benar-benar layak untuk menerimanya
  • Menu Residu, pada menu ini data siswa yang tidak sinkron dengan EMIS dikarenakan terjadinya beberapa hal kesalahan, seperti penulisan nama siswa, tempat tanggal lahir dan nama ibu kandung yang berbeda dengan EMIS.

Catatan: untuk menu validasi ini sebaiknya harus dilakukan untuk memastikan aktif atau tidaknya siswa pada lembaga madrasahnya sendiri. Bagi siswa yang statusnya masih aktif pada madrsah dapat memiih dan mengklik tombol AKTIFKAN pada kolom verval untuk nantinya status siswa akan aktif. Bagi siswa yang Nonaktif, maka dapat memilih tombol Nonaktif, isikan alasan tidak aktifnya dan terkahir klik Ya untuk menyimpannya. Terakhir patikan data siswa tidak ganda, andaipun ganda maka dapat menonaktifkan salah satunya. Terakhir untuk operator madrasah wajib melakukan verifikasi dan validasi siswa penerimaPIP tahap 1 tahun 2022 pada menu Konfirmasi Data.

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai cara verifikasi dan validasi siswa madrasah penerima PIP tahap1 tahun 2022. Yang mana proses verifikasi dan validasi ini sangat penting dilakukan untuk memastikan bahwa siswa penerima PIP tahap 1 tahun 2022 ini memang benar-benar layak menerimanya dan memang benar-benar masih aktif pada madrasah.   

Bagi anda yang mengetahui cara lain untuk proses verifikasi dan validai siswa madrasah penerima PIP tahap1 tahun 2022 ini dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. 

Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Post a Comment for "√ CARA VERIFIKASI DAN VALIDASI SISWA MADRASAH PENERIMA PIP TAHAP 1 TAHUN 2022"