Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ CARA MENGELUARKAN SISWA YANG TERDAFTAR PADA EMIS MADRASAH 4.0

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

√ CARA MENGELUARKAN SISWA YANG TERDAFTAR PADA EMIS MADRASAH 4.0

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Siswa yang mutasi itu memang wajar-wajar saja, siswa yang mutasi (pindah) dapat diakibatkan oleh beberapa faktor diantarnya, mengikut orangtuanya yang pindah tempat tinggal, kelarga siswa pulang kampong atau karena alasan sekolah yang jauh dan tidak ada yang mengantar siswa sehingga siswa dipindah kesekolah yang terdekat.

Bagi siswa yang berasal dari sekolah madrasah baik itu tingkat Raudhatul Athfal (RA), Madrasah (MI) maupun Madrasah Tsanawiyah (MTs) apabila siswa mutasi (pindah) sekolah melalui website EMIS 4.0.

Memang sejatinya EMIS 4.0 dirancang khusus bagi siswa yang berasal dari sekolah madrasah, maka dari itu apabila ada siswa yang mutasi (pindah) dapat dikeluarkan melalui laman resmi EMIS 4.0.

Berikut mimin bagikan cara mengeluarkan siswa mutasi yang terdaftar pada EMIS 4.0, mungkin saja ada yang baru saja bertugas menjadi operator madrasah sehingga masih belum mengetahui cara mengeluarkan siswa yang mutasi.  

CARA MENGELUARKAN SISWA YANG TERDAFTAR PADA EMIS MADRASAH 4.0

Berikut langkah-langkah mengeluarkan siswa yang terdaftar pada EMIS 4.0, yaitu:

  1. Kunjungi laman website https://emis.kemenag.go.id/  
  2. Login EMIS 4.0 dengan menggunakan akun Operator madrasah
  3. Selanjutnya pilih menu siswa, lalu kemudian submenu Siswa Klik mutasi dan Pilih mutasi keluar
  4. Kemudian pilih dan klik Buat Surat Keterangan
  5. Maka akan muncul menu Buat Surat Keterangan, kemuidan isi tiap kolomnya secara benar mulai dari Pilih Tingkatan sesui jenjang siswa yang akan dimutasikan keluar, ketik nama siswa secara lengkap (apabila nama siswa sudah diisi, maka akan muncul NISN siswanya secara otomatis), Isikan tanggal mutasi siswa tersebut, kemudian Pilih alasan Mutasi siswa, Centang pada kolom pernyataan dan terakhir klik simpan
  6. Pilih dan klik Ya pada pemberitahuan yang muncul saat ingin mengeluarkan siswa tersebut
  7. Terakhir akan muncul menu cetak, silahkan dipilih dan diklik menu cetak surat mutasi siswa untuk nantinya diserahkan kepada sekolahnya yang baru. 

Catatan: Dalam surat mutasi yang sudah dicetak tadi terdapat kode registrasi unik yang nantinya harus diinput oleh operator madrasah pada sekolah tujuan agar data siswa mutasi tadi bisa ditarik/ditambahkan siswanya pada EMIS 4.0

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai cara mengeluarkan siswa yang terdaftar pada EMIS Madrasah 4.0. Dengan demikian apabila ada siswa anda dari sekolah madrasah ingin mutasi (pindah) dapat dilakukan seperti halnya yang telah mimin bagikan diatas. Dan bagi anda yang ingin berbagi mengenai cara mutasi siswa madrasah pada laman EMIS 4.0 dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini.

Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.   

Posting Komentar untuk "√ CARA MENGELUARKAN SISWA YANG TERDAFTAR PADA EMIS MADRASAH 4.0"