Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA DAFTAR IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA (IKM) UNTUK SEKOLAH

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

CARA DAFTAR IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA (IKM) UNTUK SEKOLAH

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Kurikulum Merdeka Belajar merupakan terobosan terbaru yang telah dirancang, diwancanakan dan disampaikan oleh menteri pendidikan dan kebudayaan Negara Republik Indonesia dalam upaya membenahi sistem pembelajaran yang ada pada setiap satuan pendidikan. Merdeka Belajar menjadi gagasan baru untuk meningkatkan keterampilan dan kreatifitas peserta didiknya dalam upaya mengikuti pembelajaran disekolah.

Merdeka Belajar memberikan nuansa baru kepada siswa dalam mengikuti pembelajaran dikelas, hal ini dikarenakan merdeka belajar memberikan kebebasan terhadap gurunya dalam merancang pembelajaran sesuai dengan keadaan siswanya.

Kurikulum merdeka belajar ini mulai dierapkan secara bertahap, maka dari itu setiap satuan pendidikan hendaknya melakukan pendaftaran terlebih dahulu guna untuk memastikan diri dalam mempersiapkan penerapan kurikulum merdeka belajar ini.

Pendaftaran untuk dapat melaksanakan Kurikulum Merdeka Belajar ini bisa dilakukan secara mandiri dengan menggunakan akun kepala satuan pendidikan dalam melakukan proses pendaftaran.

CARA DAFTAR IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA (IKM) UNTUK SEKOLAH

Adapun cara melakukan pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) untuk sekolah, yaitu:

  1. Silahkan kunjungi laman https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id
  2. Selanjutnya silahkan pilih menu DAFTAR yang ada dibagianatas
  3. Silahkan login dengan menggunakan akun SIMPKB milik kepala sekolah atau bisa juga login dengan akun belajar.id milik kepala sekolah. Sedangkan bagi sekolah madrasah dapat login dengan menggunakan akun SIMPATIKA
  4. Setelah berhasil login, anda diminta untuk menyelesaikan 2 langkah pendaftaran yaitu dengan mengisi kuesioner dan juga menonton video Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Adapun kedua video tersebut adalah langkah 1: Video Pembelajarana Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dan langkah 2: Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Durasi video pun berkisar antara 5 – 10 menit dengan setiap bagian dari video dilengkapi beberapa pertanyaan mengenai Kurikulum Merdeka Belajar. Jadi, silahkan anda mulai dengan memilih video langkah 1 terlebih dahulu untuk memulai pembelajaran dan setelah selesai baru kemudian dilanjutkan dengan video pada langkah ke 2 dan pendaftaran diakhiri dengan mengisikan beberapa kuesioner mengenai persiapan sekolah atau satuan pendidikan dalam upaya menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar.
  5. Setelah selesai mengisikan kuesioner, selanjutnya kita diharuskan memilih salah satu dari opsi Implementasi Kurikulum Merdeka sesuai dengan kesiapan sekolah dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar. Adapun opsi tersebut antara lain: Pilihan 1: Mandiri Belajar, Pilihan 2: Mandiri Berubah dan pilihan 3:Mandiri Berbagi.
  6. Anda dapat memilih salah satu dari ketiga opsi tersebut atau langsung dengan memilih opsi yang telah direkomendasikan oleh Kurikulum Meredeka Belajar, yaitu opsi nomor 2: Mandiri Berubah dan pilihan.
  7. Setelah memilih opsi diatas, selanjunya silahkan sentang kode CAPTCHA dan diakhiri dengan memilih tombol SIMPAN.
  8. Terakhir silahkan pilih dan klik menu UNDUH HASIL untuk melihat hasil dari pengisian pendaftaran kurikulum merdeka belajar.  

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai cara cara daftar implementasi kurikulum merdeka (IKM) untuk sekolah. Bagi anda yang belum melakukan pendaftaran implementasi kurikulum merdeka (IKM) ini sebaiknya segera melakukan pendaftaran, meskipun pendaftarannya sudah berakhir pada tanggal 30 April 2022 kemarin.

Bagi anda yang mengetahui cara lain untuk melakukan pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Belajar bagi setiap sekolah dapat berbagi dengan menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini.

 Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.

Post a Comment for "CARA DAFTAR IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA (IKM) UNTUK SEKOLAH"