Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ CARA MENGETAHUI JUMLAH SISWA DI SEMESTER TERDAHULU

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

√ CARA MENGETAHUI JUMLAH SISWA DI SEMESTER TERDAHULU

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Bagaimana jadinya jika sekolah diminta data jumlah siswa laki-laki dan perempuan di semester terdahulu oleh pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat, sedangkan data jumlah siswa laki-laki dan perempuan semester terdahulu tidak tercatat didokumen sekolah. Tentu ini dapat membuat kita bingung dan harus melakukan apa untuk melaporkan jumlah siswa yang dimiliki disemester lalu.

Jika jumlah siswa yang ada disekolah tersebut tidak terlalu banyak mungkin masih bisa diingat jumlahnya, tetapi jika jumlah siswa yang ada disekolah itu mencapai ratusan bahkan mendekati ribuan jumlahnya, tentu pihak sekolah akan merasa sulit untuk menentukan jumlah siswa laki-laki dan jumlah siswa perempuannya yang ada di semeseter terdahulu.

Tetapi sekarang ini kita patut untuk bersyukur lantaran adanya rekam jejak digital melalui laman Kemdikbud untuk mengetahui jumlah siswa yang ada disemester terdahulu. Jadi, dengan adanya laman Kemdikbud mengenai jumlah siswa disemester terdahulu tersebut maka kita dapat terbantukan untuk membuat laporannya dan ini tentunya sesuai dengan data hasil sinkronisasi di semester-semester terdahulu.

Berikut mimin bagikan cara atau langkah mengetahui jumlah siswa laki-laki dan perempuan di semester terdahulu yang bisa anda lakukan.

Cara Mengetahui Jumlah Siswa Di Semester Terdahulu

√ CARA MENGETAHUI JUMLAH SISWA DI SEMESTER TERDAHULU

  1. Silahkan anda kunjungi laman https://dapo.kemdikbud.go.id
  2. Silahkan pilih dan klik menu DATA POKOK atau bagi anda yang menggunakan handphone untuk membukanya dapat memilih tanda garis tiga yang ada dipojok kanan atas, lalu memilih DATA POKOK
  3. Pada menu DATA POKOK silahkan anda pilih DATA PESERTA DIDIK, hal ini dikarenakan kita ingin mengetahui jumlah siswa yang ada disemester terdahulu
  4. Selanjutnya silahkan pilih wilayah Provinsi sekolah anda sendiri
  5. Setelah memilih wilayah Provinsi, selanjutnya pilih Kota/Kabupaten wilayah sekolah anda
  6. Kemudian pilih wilayah Kecamatan sekolah anda
  7. Selanjutnya pilih Nama Sekolah anda sendiri dan apabila terdapat nama sekolah anda silahkan diklik, maka sistem otomatis akan mengarahkan browser ke laman sekolah anda sesuai dengan isian pada aplikasi dapodik terbaru
  8. Silahkan anda geser kebagian bawah hingga menemukan tiga menu seperti PROFIL, REKAPITULASI dan KONTAK
  9. Pada poin nomor 8 diatas silahkan anda pilih dan klik menu REKAPITULASI
  10. Pada menu REKAPITULASI akan memperlihatkan data GURU, TENDIK, PTK dan PD (Peserta Didik) laki-laki dan perempuan di semester yang sedang berjalan, yaitu semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Apabila ingin mengetahui jumlah siswa yang ada disemester lalu, khusunya untuk semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022, semester genap tahun pelajaran 2020/2021, semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021, semester genap tahun pelajaran 2019/2020 dan semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020, silahkan anda pilih pada menu semester tersebut maka sistem otomatis akan menampilkan jumlah siswa (Peserta Didik) disemester tersebut. Selain jumlah siswa yang ditampil, ada juga jumlah Guru, Tendik dan PTK yang terdaftar pada semester tersebut yang juga ikut ditampilkan oleh sistem.

Dengan mengikuti cara atau langkah yang mimin bagikan diatas, maka kita dapat mengetahui jumlah siswa (Peserta Didik) baik laki-laki maupun perempuan yang ada disemester terdahulu, tanpa harus menghitung ulang jumlah siswanya satu persatu yang ada disekolahan. Selain mengetahui jumlah siswa, kita juga dapat mengetahui jumlah Guru, Tendik dan PTK yang ada disekolah tersebut pada semester yang kita inginkan. Hanya saja informasi yang ditampilkan berupa data 3 tahun yang telah berlalu, yaitu dari semester ganjil pada tahun pelajaran 2019/2020 dan untuk tahun-tahun yang telah lalu tidak bisa ditampilkan lagi. Tetapi ini sudah sangat membantu kita untuk mengetahui jumlah siswa pada 3 tahun disemester yang telah lalu.

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai cara mengetahui jumlah siswa di semester terdahulu. Yang mana tujuannya adalah untuk memberikan informasi bagi sekolah yang ingin mengetahui jumlah siswanya baik laki-laki maupun perempuan pada semester terdahulu guna untuk melengkapi administrasi yang ada disekolah tersebut atau hanya sekedar untuk mengisikan laporan mengenai jumlah siswanya pada semester yang telah lewat.

Selain mengetahui jumlah siswa, kita juga dapat mengetahui jumlah Guru, Tendik dan PTK yang terdaftar pada semester tersebut, baik itu laki-laki maupun perempuan. Karena data yang ditampilkan tersebut merupakan rekapan hasil dari sinkronisasi aplikasi dapodik yang digunakan pada waktu itu.

Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Posting Komentar untuk "√ CARA MENGETAHUI JUMLAH SISWA DI SEMESTER TERDAHULU"