Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MENGENAL PERMAINAN TRADISIONAL BALOGO DARI MASYARAKAT BANJAR KALIMANTAN SELATAN

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

MENGENAL PERMAINAN TRADISIONAL BALOGO DARI MASYARAKAT BANJAR KALIMANTAN SELATAN

Gambar oleh: indonesiakaya.com

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Mengenal Permainan Tradisional Balogo Dari Masyarakat Banjar Kalimantan Selatan

Momen hari kemerdekaan dibulan Agustus ini sering dijadikan sebagai event, festival atau ajang berbagai macam perlombaan diberbagai pelosok dalam negeri tanpa terkecuali bagi masyarakat Banjar yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan. Ada sebuah permainan tradisional yang sudah ada sejak dulu hingga sampai sekarang ini masih menjadi salah satu cabang perlombaan yang sering diadakan di kampung-kampung (desa) dan bagi para pelajar diberbagai macam tingkat sekolah, nama permainan tradisional tersebut adalah Balogo.

Permainan Balogo ini sering dipilih menjadi salah satu permainan yang sering dilombakan dalam menyambut perayaan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ini, tentunya tujuan diadakannya permainan ini adalah untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas lebih khususnya kepada generasi milenial tentang berbagai macam jenis permainan yang sering dimainkan diwaktu tempo dulu sebelum adanya gadget seperti sekarang ini.

Sejatinya permainan Balogo ini dimainkan dalam bentuk kelompok yang mana setiap kelompok terdiri dari 3 – 4 orang didalamnya. Adapun yang memainkan permainan ini bisa dari kalangan anak-anak, remaja maupun orang dewasa baik itu laki-laki maupun perempuan. Dilansir dari situs Wikipedia Balogo adalah salah satu jenis permainan tradisional suku Banjar di Kalimantan Selatan. Balogo diambil dari kata “logo”, karena permainan itu menggunakan logo. Sampai dengan tahun 80-an permainan ini masih sering dilakukan di kalangan masyarakat Banjar. 

Adapun logo itu sendiri terbuat dari berbagai macam bahannya, mulai dari tempurung (batok) kelapa, plastik yang dilelehkan dan dibentuk dalam sebuah wadah seperti kaleng dan bisa juga terbuat dari kayu yang berbentuk bulat. Permainan balogo sering dimainkan di tempat yang datar seperti halnya halaman yang sudah di semin, di pelataran sekolah atau bisa juga ditanah lapang dengan tekstur tanah yang datar.

Adapun cara memainkan permainan ini adalah dengan mengundi tim atau kelompok mana yang pasang dan kelompok mana yang akan melakukan pukulan. Kelompok yang pasang maka setiap anggotanya akan memasang logo yang dimilikinya ditengah-tengah secara berjajar, adapun jarak log antar anggota sekitar 1 – 2 meter. Dan bagi kelompok yang memukul bisa memulai permainan dengan melemparkan logonya kearah logo yang dipasang tadi.

Dalam melakukan pukulan para pemain menggunakan alat bantu berupa pemukul yang sering disebut oleh masyrakat Banjar dengan nama Panapak. Panapak ini nantinya digunakan sebagai alat untuk mendorong logo supaya mengenai logo yang telah dipasang tadi. Panapak ini terbuat dari kayu dengan Panjang sekitar 30-40 cm, untuk ketebalannya menyesuaikan keinginan si pemain. Apabila semua logo yang telah dipasang berhasil dijatuhkan maka pemenangnya adalah tim pemukul dan permainan dimulai dari awal lagi, tetapi apabila ada logo yang terpasang tidak terjatuh maka pemenangnya adalah tim pemasang dan permainan dimulai Kembali dengan bertukar posisi.

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai permainan tradisional balogo dari masyarakat banjar Kalimantan selatan. Sudah sepantasnya kita lestarikan berbagai macam permainan tradisional yang ada dinegara Indonesia ini salah satunya adalah permainan balogo yang ada di masyarakat banjar Kalimantan selatan. Permainan tradisional mengajarkan kepada kita tentang arti kebersamaan dan tanpa sadar menjadikan kita lebih dekat dengan teman sepermainan.

Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Posting Komentar untuk "MENGENAL PERMAINAN TRADISIONAL BALOGO DARI MASYARAKAT BANJAR KALIMANTAN SELATAN"