Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA MEMPERBAIKI NIK SISWA YANG TERKUNCI PADA VERVAL PD TAHUN 2022

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

CARA MEMPERBAIKI NIK SISWA YANG TERKUNCI PADA VERVAL PD TAHUN 2022

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Cara Memperbaiki NIK Siswa Yang Terkunci Pada Verval PD Tahun 2022

Nomor Induk Kependudukan (NIK) menjadi hal yang wajib untuk diisikan pada aplikasi dapodik karena data pribadi siswa tersebut nantinya akan masuk pada laman verval PD dan pada laman verval PD sudah terhubung dengan DUKCAPIL. 

Untuk verval PD tahun 2022 ini terdapat informasi mengenai proses pemadanan ulang dengan Dukcapil sehingga mengakibatkan beberapa orang siswa yang sebelumnya tidak masuk RESIDU, setelah proses Pemadanan dengan Dukcapil Pusat akhirnya data siswa tersebut masuk RESIDU.

Tentunya ini menjadi tugas seorang operator sekolah untuk memperbaiki data siswa yang masuk RESIDU tersebut. Berbagai macam permasalahan yang muncul pada data siswa yang masuk Residu, mulai dari NIK Ganda karena digunakan oleh siswa lain, penulisan nama yang berbeda dengan dengan Dukcapil hingga tempat, tanggal dan nama ibu kandung yang salah.

Apakah anda pernah mengalami NIK yang ganda karena digunakan oleh siswa yang berada disekolah lain? Tentunya ini menjadi problem bagi sekolah lain, apalagi misalkan siswa tersebut pindahan dari sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang sejatinya berasal dari sekolah non dapodik masuk kesekolah negeri yang menggunakan aplikasi dapodik dengan system verval pd dan SP Datadik. Ketika operator sekolah ingin menambahkan siswa pindahan tersebut kesekolahnya dan tiba-tiba NIK yang diisikannya sudah dipakai atau digunakan oleh sekolah lain (sekolah kita), tentunya ini menjadi permasalahan bagi sekolah tersebut.

Oleh sebab itu, proses pengecekan NIK bisa dilakukan oleh operator sekolah dengan data dukung seperti Akta lahir si anak dan juga Kartu Keluarga (KK) siswa yang bersangkutan. Andaipun setelah dilakukan pengecekan data NIK ternyata siswa yang berada disekolah kita yang keliru datanya, maka proses perbaikan hendaknya bisa dilakukan oleh operator sekolahnya.

Namun apa jadinys Ketika operator sekolah ingin memperbaiki NIK tersebut, tetapi tiba-tiba kolom isian NIK pada Verval Pd terkunci? Tentunya ini membuat operator sekolah menjadi bingung karena tidak bisa memperbaiki data siswanya. Dan untuk sekolah lain tentunya juga tidak bisa menambahkan data siswanya lantaran NIK yang diinputkan masih digunakan oleh siswa lain yang belum diperbaiki. Inilah yang membuat perbaikan NIK Siswa tidak bisa dilakukan secara langsung, berbeda halnya dengan dulu yang mana apabila terdapat NIK siswa yang mengalami kesalahan dapat segera diperbaiki.

Dan dalam kesempatan kali ini mimin akan membagikan cara memperbaiki NIK Siswa yang terkunci pada laman verval pd, berikut cara atau langkahnya:

  1. Silahkan kunjungi laman verval pd pada link https://vervalpdnew2.data.kemdikbud.go.id/
  2. Login menggunakan username dan password sekolah
  3. Setelah berhasil login, silahkan pilih menu RESIDU untuk melihat jumlah siswa yang harus diperbaiki datanya lantaran setelah proses pemadanan dengan Dukcapil
  4. Pilih menu Edit Data Siswa, pada menu Search silahkan ketik nama siswa yang akan diperbaiki NIKnya
  5. Jika sudah ketemu nama siswanya, langsung saja diklik. Dan pada kolom NIK tidak bisa dirubah karena telah dikunci
  6. Untuk memperbaikinya silahkan blok NIK tadi, lalu kli kanan dan pilih INSPECT
  7. Setelah memiliki menu INSPECT, maka kode HTML akan muncul, silahkan anda klik data NIK yang ada pada kode HTML dan segera perbaiki sesuai dengan keadaan sebenarnya.
  8. Jika sudah melakukan perbaiki, silahkan di cancel pada kode HTMLnya. Maka secara otomatis data NIKnya akan berubah sesuai dengan yang kita inputkan
  9. Terkahir silahkan validasi data untuk mengakhiri perbaikan NIK Siswa yang silang merah karena ganda.

CATATAN: Perbaikan NIK siswa melalui INSPECT ini digunakan pada windows 10, Adapun windows yang lainnya mungkin nama yang muncul adalah EDIT HTML. Maka dari itu EDIT lah data sesuai dengan keperluan agar tidak menyalahi aturan yang telah ada.

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Cara Memperbaiki NIK Siswa Yang Terkunci Pada Verval PD Tahun 2022. Adapun tujuan dari perubahan NIK ini sesuai dengan keperluan yang sangat mendesak karena ada permasalahan, seperti halnya adanya siswa mutasi disekolah lain Ketika datanya diinputkan tiba-tiba NIK siswa tersebut terdeteksi ganda dengan siswa yang ada disekolah kita lantaran adanya kesalahan dalam pengetikan NIK nya. Oleh sebab itu, NIK siswa harus diperbaiki agar siswa yang mutasi disekolah lain tersebut dapat didaftarkan disekolah tujuannya. 

Bagi anda yang ingin berbagi mengenai cara memperbaiki NIK yang terkunci pada laman Verval PD agar sekiranya  dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Post a Comment for "CARA MEMPERBAIKI NIK SISWA YANG TERKUNCI PADA VERVAL PD TAHUN 2022"