Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RINGKASAN ASBAB AL-NUZUL DALAM PENDIDIKAN STUDI AL-QUR’AN

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

RINGKASAN ASBAB AL-NUZUL DALAM PENDIDIKAN STUDI AL-QUR’AN

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Ringkasan Asbab Al-Nuzul Dalam Pendidikan Studi Al-Qur’an

Asbab al-nuzul tediri dari 2 kata yaitu asbab yang berarti sesuatu yang menyampaikan kepada sesuatu yang lain, tali, tambang, tiap tali yang diturunkan dari atas. Sedangkan an-nuzul berarti menempati sesuatu tempat. Dengan demikian dapat diartikan bahwa asbab al-nuzul menurut Subhi Shalih adalah suatu yang menjadi sebab turunnya satu atau beberapa ayat al-Qur’an yang terkadang menyiratkan suatu peristiwa, sebagai respon atasnya atau penjelas terhadap hukum-hukum Ketika peristiwa itu terjadi.

Macam-macam asbab al-nuzul, terbagi menjadi 2 yaitu:

a. Ta'addud Al-Ashbab Wa Al-Nazil Wahid, adalah beberapa sebab yang hanya melatarbelakangi turunnya satu ayat atau wahyu. Adapun contohnya: "Katakanlah (Muhammad), "Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah tempat meminta segala sesuatu.(Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia." 

Ayat-ayat tersebut diturunkan sebagai tanggapan terhadap orang-orang musyrik Mekkah sebelum Rasulullah SAW melakukan hijrah. Ayat tersebut juga diturunkan kepada kaum ahli kitab yang ditemui di Madinah setelah Rasulullah SAW hijrah.

b. Ta'adud An-Nazil Wa Al-Asbab Wahid, adalah satu sebab yang melatarbelakangi beberapa ayat. Contohnya adalah:

"Maka tunggulah pada hari ketika langit membawa kabut yang tampak jelas," (QS. Ad-Dukhan: 10). Asbabun nuzul ketiga ayat tersebut terjadi pada saat kaum Quraisy durhaka kepada Nabi Muhammad SAW. Beliau berdoa agar mereka (kaum Quraisy) mendapatkan kelaparan sebagaimana pernah terjadi pada zaman Nabi Yusuf AS. Maka, Allah SWT menurunkan penderitaan kepada kaum Quraisy sehingga turunlah QS. Ad-Dukhan ayat 10.

Urgensi dan kegunaan asbab al-nuzul ini menurut Ibnu Taimiyah bahwa mengetahui asbab an-nuzul ini akan menolong seseorang dalam upaya memahami ayat, karena pengetahuan tentang sebab akan melahirkan pengetahuan tentang akibat. Sedangkan menurut Muhammad Cirzin dalam bukunya al-Qur’an dan Ulum al-Qur’an menjelasakan dengan ilmu asbab an-nuzul akan diketahui beberapa hal, diantaranya:

  1. Seorang dapat mengetahui hikmah dibalik syariat yang diturunkan melalui sebab tertentu
  2. Seorang dapat mengetahui pelaku atau orang yang terlibat dalam peristiwa yang mendahului turunya suatu ayat
  3. Seorang dapat menentukan apakah suatu ayat mengandung pesan khusus atau umum dan dalam keadaan bagaimana ayat itu mesti diterapkan
  4. Seseorang dapat menyimpulkan bahwa Allah SWT selalu memberi perhatian penuh pada Rasulullah dan kepada para hambanya   

Urgensi dan kegunaan asbab al nuzul diantaranya mempunyai arti penting dalam menafsirkan al-Qur'an dan sangat membantu dalam konteks turunnya ayat dan kegunaan asbab al nuzul:membantu memberikan kejelasan terhadap beberapa ayat,dapat mentkhsis hukum terbatas pada sebab, dan mempermudah menghafal ayat-ayat alQur'an serta memperkuat keberadaan wahyu dalam ingatan seseorang

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Ringkasan Asbab Al-Nuzul Dalam Pendidikan Studi Al-Qur’an. Yang mana asbab al-nuzul menurut Subhi Shalih adalah suatu yang menjadi sebab turunnya satu atau beberapa ayat al-Qur’an yang terkadang menyiratkan suatu peristiwa, sebagai respon atasnya atau penjelas terhadap hukum-hukum Ketika peristiwa itu terjadi.

Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Posting Komentar untuk " RINGKASAN ASBAB AL-NUZUL DALAM PENDIDIKAN STUDI AL-QUR’AN"