Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lompat tali: Permainan tradisional untuk anak-anak

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh


Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….
Kali ini artikel saya tentang suatu permainan tradisional yang biasa dilakukan oleh anak-anak dimasyarakat pedesaan, permainan tersebut bernama lompat tali. Permainan yang tentunya sangat mengasyikan. 

Apakah anda pernah memainkannya ketika masih kecil?

Lalu bagaimana perasaan anda saat memainkannya?

Mengenal lebih dekat permainan lompat tali

Di era modern ini banyak orang yang jarang memainkan permainan tradisonal yang pernah ada. Mereka lebih memilih untuk memainkan permainan yang ada di Hp-nya sendiri, mereka lebih memilih bermain didunia internet daripada bermain bersama teman-teman mereka. Hampir semua orang mengenal dengan sistem hp yang bernama android, dan mengenal banyak game yang biasa dimainkan, baik itu ketika online maupun offline. Apalagi sekarang ini banyak anak-anak, para remaja yang lebih mengenal permainan seperti Mobile Legend, COC, AOV, dan lain sebagainya dibandingkan permainan tradisonal yang ada di daerah sini.

Padahal permainan tradisional tidak kalah serunya dengan permainan versi android, seperti permainan lompat tali ini. Dulu sebelum adanya sistem android dan perkembangan zaman, permainan tradisonal sangat disenangi dan juga digemari. Lompat tali bisa dimainkan di tanah lapang, di halaman rumah maupun di pelataran, baik laki-laki maupun perempuan bisa memainkannya. Tapi itu dulu yaa sekitar tahun 90 an, kalau sekarang mungkin sudah jarang anak laki-laki ikut bermain permainan ini bersama anak perempuan, karena adanya perasaan malu.

Tali yang digunakan berupa tali karet yang kemudian dirangkai dan dijadikan menjadi satu secara memanjang.

Cara memainkan permainan lompat tali

Ada berbagai cara dalam memainkan permainan ini, diantaranya:

Dengan cara melompat-lompat, biasanya dilakukan oleh 4 orang, masing-masing terdiri dari 2 orang. Caranya ada 2 orang yang bertugas memotar tali, kemudian 2 orang yang bertuga melompatinya sampai hitungan ke-10, dan akan keluar dari lompatan jika hitungan selesai. Jika terkena tali, maka orang yang melompat tadi akan dianggap mati dan tidak akan melompat kembali. Selanjutnya teman satunya yang akan melompat, dan sampai hitungan ke-20 dengan tambahan supaya teman yang satunya hidup kembali dan bisa melanjutkan ikut melompat. Dan jika ke 2 orang tersbut mati, maka mereka lah yang selanjutnya bertugas untuk memutar tali. Dan begitulah seterusnya.

Seperti itulah gambaran permainan lompat tali, sederhana namun banyak memiliki nilai positif, seperti adanya kebersamaan dan kerjasama terhadap teman. Senyum kebahagiaan akan terlihat dari wajah orang yang memainkannya. Semoga permainan ini akan selalu ada, dan tidak pernah hilang ditelan oleh waktu. Apalagi hanya tertingal namanya saja, semoga tidak sampai terjadi yang demikian.

Posting Komentar untuk "Lompat tali: Permainan tradisional untuk anak-anak"