Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips agar mendapatkan ilmu yang bermanfaat

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh


Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….

Oh ya sahabat-sahabat semua, kali ini artikel yang saya tulis tentang sebuah tips agar mendapatkan ilmu yang bermanfaat (berkah) di sekolah. Tentu ini semua menjadi harapan kita yaitu mendapatkan ilmu yang bermanfaat, sehingga dengan ilmu tersebut maka akan bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari maupun untuk mengajarkan kembali kepada orang lain. Dan tips kali cukup simpel dan sederhana sehingga mudah untuk dapat dilakukan, oleh sebab itu mari kita biasakan tips sederhana ini dari sejak dini.
Dan semoga dengan mendapatkan ilmu yang bermanfaat (berkah), maka masa depan serta kesuksesan akan menanti dan mengiringi kehidupan kita selalu. 
Kesuksesan merupakan impian semua orang, tentunya yang diinginkan yaitu sukses dunia maupun sukses akhirat. Jalan untuk meraih kesuksesan yaitu dengan cara giat dan rajin dalam bekerja, belajar dan berusaha. Setiap orang tua menginginkan anaknya menjadi orang yang sukses, yaitu dengan cara menyekolahkan anaknya di berbagai tempat pendidikan yang menurut mereka sekolah itu yang terbaik. Padahal semua sekolah itu sama, sama-sama memiliki tujuan untuk mendidik dan mencerdaskan anak bangsa.
Zaman sekarang, di zaman modern ini sekolahan makin berkembang, banyak jurusan sekolah yang baru bermunculan. Dahulu sekolah yang kita kenal mungkin hanya SLTP, SLTA/SMA itupun hanya beberapa jurusan yang ada, seperti: IPS, Bahasa, dan Keagamaan. Sekarang banyak terdapat jurusan yang baru, seperti: Otomotif, Keperawatan, Tekhnologi Jaringan, Akuntansi, dll.
5 Tips untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat
Agar mendapatkan Ilmu yang bermanfaat (berkah) di sekolah kita bisa membiasakan diri dengan melakukan hal-hal kecil berikut, meski kecil dan sederhana tapi memiliki makna yang besar, diantaranya:
1. Hendaknya berwudhu terlebih dahulu sebelum berangkat kesekolah 
Wudhu memiliki manfaat cukup besar dalam meraih ilmu disekolah, dengan berwudhu menjadikan diri kita bersih dan terhindar dari cobaan. Wudhu dapat menentramkan hati dan pikiran kita.
2. Sholat dan berdo’a 
Sholat dan berdo’a lah kepada Allah swt agar diberi kemudahan dalam menuntut ilmu disekolah, mintalah agar diberikan pemahaman dan ingatan yang kuat dalam setiap pelajaran di sekolah
3. Cium tangan kedua orang tua kita
Dengan mencium tangan orang tua kita menjadikan mereka ridha atas pekrjaan kita, mintalah do’a kepada mereka agar diberi kemudahan dalam belajar disekolah, do’a orang tua sangat manjur dan hebat lho,,,,!!!!!
4. Niat
Niatkan dalam hati ketika pergi kesekolah dengan tujuan agar  mendapatkan ilmu yang berkah. Dengan adanya niat yang lurus serta benar, maka jalan yang akan kita lalui untuk menuntut ilmu akan terasa mudah. Dan pengetahuan yang kita dapatkan disekolah akan selalu mudah kita ingat-ingat kembali
5. Hormati guru
Hormatilah guru-guru kita disekolah, dengarkan apa yang mereka ajarkan kepada kita dan bertanyalah kepada mereka ketika kita tidak memahami suatu pelajaran atau materi. “Sebuah botol kosong sangat mudah di isi dengan air jika dalam keadaan diam, dan sangat sulit di isi air jika botol kosong tersebut bergoyang atau bergerak”, artinya jika kita diam dan mendengarkan penjelasan guru-guru kita, maka aka nada ilmu pengetahuan baru yang akan kita dapatkan. Tapi jika kita tidak bias diam dan mendengarkan, maka hanya sedikit ilmu yang kita dapatkan bahkan bias tidak mendapatkan apa pun.
Demikianlah beberapa tips sederhana namun memiliki arti yang mendalam untuk bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Adapun ilmu yang bermanfaat itu bisa dikenali dengan cara kita mampu mengingat kembali pelajaran-pelajaran yang telah lalu, meskipun sudah terlewatkan selama 10 atau 20 tahun. Dan juga ilmu itu sangat berguna serta bermanfaat untuk membantu orang lain, baik itu disekolah, mayrakat, maupun sekitar tempat tinggal kita.

3 komentar untuk "5 Tips agar mendapatkan ilmu yang bermanfaat"