Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CERITA INSPIRASI : DARI LAGU "KASIH IBU"

wahyudiansyah

KASIH IBU

Siapa yang tidak kenal dengan lagu “Kasih Ibu” yang diciptakan oleh SM Moechtar. Lagu ini biasanya dinyanyikan di sekolah-sekolah dasar guna untuk meningkatkan kasih sayang seorang anak terhadap orang tuanya, khususnya ibunya. Adapun lirik lagu “Kasih Ibu” sebagai berikut”


Kasih Ibu kepada beta

Tak terhingga sepanjang masa

Hanya memberi tak harap kembali

Bagai sang surya menyinari dunia


Lirik lagu yang sederhana namun memiliki makna atau arti yang sangat dalam pada diri kita. Sungguh besar kasih sayang orang tua kepada kita, terutama ibu kita. Ia telah mengandung selama 9 bulan, melahirkan, menyusui dan membesarkan kita secara ikhlas. Ketika kita sakit sungguh membuat perasaan dan hati mereka gelisah, bahkan tidur pun mereka tak bisa demi untuk memikirkan diri kita. Semua yang dilakukannya benar-benar tulus ikhlas dan memberikan kasih sayang, cinta yang besar kepada kita. Mereka tak meminta belas kasih dari anak-anaknya, mereka tak meminta mobil mewah kepada anaknya, tak meminta rumah yang besar kepada anaknya, tak meminta makanan yang lezat kepada anaknya, tapi yang mereka mau hanya lah baktinya seorang anak. Sungguh kita tak bisa membalas besarnya jasa dari seorang ibu, walaupun apa yang kita lakukan sungguh tetap tidak bisa untuk membalasnya. Kita hanya bisa menunjukkan bakti sebagai seorang anak kepada orangtua dengan membuat hati mereka senang gembira.

Kasih sayang ibu tak akan pernah lekang oleh waktu, bahkan sampai meninggal. Sepanjang masa kasih sayang diberikan kepada anaknya, meski anaknya pernah membuat kesalahan. Meski anaknya pernah membuatnya kecewa, membuatnya menangis tapi tetap pintu maaf selalu terbuka untuk anaknya dan akan selalu ada kasih sayangnya.

Orangtua selalu berusaha memenuhi apa pun yang diminta oleh anaknya meski mereka sendiri mengalami kesusahan. Mereka selalu berusaha membuat anaknya tersenyum bahagia meski diri mereka terasa sakit, yang mereka utamakan adalah kebahagiaan sang anak. Sekali lagi mereka tulus ikhlas melakukannya.

Kasih sayang orang tua kepada anaknya bagaikan sinar matahari yang menyinari dunia ini, semua orang dimana pun berada akan dapat merasakannya. Tidak hanya manusia, hewan tumbuhan pun merasakn manfaatnya.

Dari lagu yang sederhana itu dapat kita ambil pelajaran, bahwa:

  1.      Sebagai seorang anak jangan pernah lupa terhadap jasa-jasa orangtua kita
  2.      Bakti kita sebagai anak hendaknya diberikan secara ikhlas
  3.      Jangan pernah menjadi seorang anak yang durhaka kepada orangtua
  4.      Meskipun kita menjadi orang sukses tetap jangan melupakan orangtua kita
  5.      Mintalah do’a kepada orangtua ketika kita ingin melakukan sesuatu

3 komentar untuk "CERITA INSPIRASI : DARI LAGU "KASIH IBU""