Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 hal yang dilakukan agar aman bersepeda motor

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh


Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….
Sepeda motor adalah sebuah kendaraan yang banyak digunakan oleh setiap orang dijalan-jalan, baik itu diperkotaan maupun dipedesaan. Seiring berkembangnya zaman, kendaraan sepeda motor pun mulai beragam jenisnya, itu dikarenakan masing-masing pabrikan mengeluarkan jenis kendaraan terbaru buatan mereka.

Jika seseorang memiliki kendaraan sepeda motor, itu semua sah-sah saja. Apalagi jika dimanfaatkan untuk keperluan kehidupan, seperti untuk bekerja, berdagang, berlibur bersama keluarga, dan sebagainya. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah keamanan serta keselamatan dalam berkendaraanlah yang lebih diutamakan. Untuk itu disini penulis akan memberikan 3 hal yang dilakukan agar aman bersepeda motor.  

Bagaimanakah tipsnya?

Untuk itu langsung saja dibaca artikelnya sampai habis, cekiduutt!!!!!

3 hal yang dilakukan agar aman bersepeda motor

Jika anda adalah salah seorang yang sangat senang berkendaraan menggunakan sepeda motor, mungkin tips ini akan bermanfaat untuk anda. Berhati-hati dan penuh persiapan sebelum berkendaraan itu jauh lebih baik daripada tanpa melakukan apa pun sebelum berkendaraan.

1. Pakai helm

Tidak sedikit orang yang malas menggunakan helm ketiika berkendaraan menggunakan sepeda motor, apalagi para remaja jarang ada yang menggunakan helm saat berkendaraan. Padahal helm itu memiliki fungsi dan manfaat yang sangat baik untuk diri kita dalam berkendaraan. Helm dapat melindungi kepala dari benturan jika semisal terjadi insiden kecelakaan. 

Kenapa kepala harus dilindungi? Jawabannya sudah jelas, bahwa dikepala itu terdapat pusat yang mengatur tentang gerak tubuh kita yaiu otak. Jika kepala terbentur suatu benda yang sangat keras, maka kemungkinan besar akan berakibat fatal pada tubuh kita. Bisa mengakibatkan gegar otak, atau bahkan lebih buruk lagi yaitu dapat mengakibatkan kematian.

Catatan: Gegar Otak adalah trauma kepala yang tidak disertai kerusakan jaringan otak dan dapat menyebabkan pingsan selama tidak lebih dari 10 menit.

Banyak yang beranggapan helm dapat merusak rambut atau dapat merusak gaya seseorang, itu adalah anggapan yang sangat keliru. Lebih baik melindungi hal yang sangat berharga pada tubuh kita ini daripada hanya mementingkan gaya saja. Jangan lupa untuk memakai helm yang berstandar nasional (SNI) karena sudah teruji kualitasnya, dan jangan lupa bunyi Klik saat menggunakannya 

Anda lebih memilih bergaya atau mementingkan keselamatan diri? Jawabannya ada pada diri anda sendiri.

2. Periksa kendaraan anda

Jika ada sesuatu yang tidak biasa pada kendaraan anda, segera perbaiki atau bawa kebengkel terdekat, tujuannya adalah agar kendaraan anda selalu dalam keadaan baik dan siap digunakan. Periksalah rem, ban, rantai dan lainnya ketika ingin bepergian demi kelamatan diri anda sendiri. Kendaraan yang baik itu adalah kendaraan yang ketika digunakan terasa nyaman dan pas saat dijalankan.

Ditelivisi, dikoran-koran, di internet banyak berita tentang terjadinya suatu kecelakaan dalam berkendaraan, dan kebanyakan penyebabnya adalah rem blong atau rem yang tidak berfungsi dengan baik. Nah, dari situ dapat kita simpulkan bahwa memeriksa keadaan kendaraan aadalah salah satu hal untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

3. Taati tata tertib berlalu lintas

Banyak orang yang lupa akan hal ini, padahal setiap jalan itu terdapat rambu-rambu lalu lintas yang mengaturnya. Tujuannya untuk apa? Tentu, untuk kesalamatan pengguna jalan tersebut. Beragam jenis rambu-rambu lalu lintas dipasang dipinggiran jalan dengan maksud agar setiap pengguna jalan tahu maksud dari rambu-rambu tersebut. Dan jika tidak mentaatinya, mungkin sesuatu yang berakibat fatal juga akan menimpa anda.

Kemudian terdapat 3 warna lampu rambu-rambu lalu lintas dijalan raya, yaitu:

a. Merah tandanya STOP/Berhenti, artinya berikan kesempatan kepada pejalan kaki untuk menyeberangi jalan secara aman. Dan tidak sedikit orang yang mempedulikan rambu-rambu lalu lintas ini

b. Kuning tandanya SIAP-SIAP, artinya seorang pengendara bersiap-siap untuk menjalankan kendaraannya.

c. Hijau tandanya JALAN, ketika lampu hijau menyala maka segeralah menjalankan kendaraan anda, jangan ketika lampu masih merah kendaraan anda sudah berjalan. Itu hal yang salah ya sahabat-sahabat semua, dan bisa-bisa anda akan terkena tilang pak polisi. Heeheee……..

Demikianlah sedikit tips dalam berkendaraan menggunakan sepeda motor yang dapat saya tulis kan, semoga ada manfaatnya bagi para pembaca sekalian. Oh, ya hampir lupa. Anda bisa mengucapkan do’a terlebih dahulu sebelum berkendaraan, tujuannya agar terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan. 

Ayoo….jaga kesalamatan dalam berkendaraan dan taati tata tertib berlalu lintas.

Posting Komentar untuk "3 hal yang dilakukan agar aman bersepeda motor"