Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi mudah dalam mengingat pelajaran

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh


Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….
Kali ini artikel saya tentang strategi mudah dalam mengingat pelajaran. Tips yang mudah namun memiliki banyak manfaat. Ujian Akhir Sekolah adalah hal yang menankutkan bagi kebanyakan siswa, sebab disitulah penentu seorang siswa itu lulus atau tidaknya sekolah. Jika tidak ada persiapan yang matang mungkin akan membuat seseorang itu akan sulit dalam menjawab soal-soal yang dihadapi.

Tidak ada siswa yang menginginkan kegagalan dalam hidupnya, apalagi kegagalan dalam menghadapi suatu Ujian. Terasa sangat rugi bersekolah ketika mengalami kegagalan saat ujian. Nah, jika anda sebagai siswa maka bisa menerapkan tips ini jika ingin mudah mengingat pelajaran yang telah diberikan oleh guru disekolah, atau pelajaran yang telah didapatkan saat melakukan les.

Emmm…..penasaran seperti apa tipsnya?

Langsung saja, cekiiduut!!!!!!

1. Catat hal terpenting dalam pelajaran

Catatlah tentang apa-apa saja yang menurut anda penting, pengertian yang belum anda ketahui sebelumnya. Dan coba lah untuk menghapalnya, ini bertujuan supaya anda akan mudah mengingatnya. Kemudian buatlah ringkasan yang hanya terdiri dari hal-hal penting saja, sehingga mudah untuk diingatkan

2. Gunakan waktu sekitar 5 menit untuk menghapalnya setiap hari

Ada istilah yang biasa orang katakan “lancar kaji karena diulang” maksudnya jika anda ingin lancar mengaji atau lancar membaca maka ulangilah bacaannya tersebut setiap saat, setidaknya ada waktu luang untuk mengulanginya. Nah, begitu juga dengan pelajaran, supaya mudah mengingatnya maka lakukan lah pengulangan dalam mempelajarinya, dan hapalkan.

3. Belajar diwaktu pagi

Kita tidak dianjurkan belajjar semalaman suntuk, sebab tubuh dan anggota badan kita ini perlu istirahat juga. Jika kita paksa untuk belajar semalaman suntuk, maka nanti akan berakibat fatal pada diri kita. Diri akan merasa kelelahan serta kantuk yang luar biasa, sehingga saat ujian pikiran kita menjadi kacau dan tidak tenang.

Untuk itu waktu yang tepat untuk belajar adalah dipagi hari setelah shalat subuh, karena pada waktu itu tubuh dan pikiran kita sudah lebih fress, sehingga akan mudah dalam menghapal serta mengingat pelajaran. Hanya dengan beberapa kali mengulangi pelajaran, maka kita akan sudah dapat mengingatnya. Tapi perlu diingat bahwa memabacanya dalam hati saja, pejamkan mata dan cobalah mengingat apa yang telah kita baca tersebut.

4. Berdo’a

Hal yang paling ampuh selanjutnya ketika kita menghadai ujian adalah dengan cara berdo’a sesuai dengan agama serta kepercayaan masing-masing. Dan bagi kita umat islam berdo’a dapat dilakukan setelah shalat yang 5 waktu. Jangan pernah untuk melupakan do’a, sebab usaha tanpa do’a maka akan menjadi sia-sia. Oleh sebab itu ketika melakukan suatu usaha maka harus disertai dengan do’a untuk mengiringinya, 

2 komentar untuk "Strategi mudah dalam mengingat pelajaran"