Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

tips sebelum berbicara didepan umum terbaru

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh


Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….
Berbicara didepan umum atau dihadapan orang banyak tidak lah semudah yang kita lihat atau bayangkan, perasaan was-was itu sudah pasti ada, seperti takut salah dalam berbicara, takut ditertawakan, takut tidak didengarkan, dan takut terlihat kegugupan (demam panggung). oleh orang lain. Oleh sebab itu disini penulis akan memberikan beberapa tips sebelum berbicara didepan umum

Emmm…..penasaran seperti apa tipsnya?

Ayooo…langsung saja dibaca artikelnya sampai habis, lalu kemudian di praktikkan

Tips sebelum berbicara didepan umum

Pernahkah anda berbicara didepan umum pada suatu kegiatan yang dihadiri oleh bupati, anggota dewan, polisi, camat, serta perangkat desa?

Bagaimana perasaan anda?

Sudah pasti nyat-nyut panas dingin tidak karuan kan. Panas dingin itulah akibat yang ditimbulkan oleh kegugupan.

Gugup atau demam panggung adalah suatu yang sering muncul dan mengganggu saat kita ingin berbicara di depan umum. Kegugupan bisa terlihat dari raut wajah yang berubah, keringat yang mengalir ditubuh, kaki dan tangan yang terlihat gemetar, serta ucapan yang terbata-bata.

Kegugupan ini selalu ada pada diri setiap orang, hanya saja bagi orang yang sudah sering berbicara atau tampil didepan umum semua itu tidak akan jadi masalah. Dan yang menjadi masalah yaitu bagi orang-orang yang belum pernah atau tidak terbiasa berbicara didepan umum, maka kegugupan ini akan menjadi momok yang sangat menakutkan. Dan apa yang telah kita pikirkan serta ingin ucapkan tiba-tiba menghilang begitu saja akibat dari kegugupan yang ada pada diri kita.

Dan dampak buruknya dari kegugupan yang berlebihan ini bisa mengakibatkan seseorang itu pinsan atau bahkan lebih parah lagi, yaitu menyebabkan seseorang itu terkencing dicelana. Tentu hal itu tidak ingin terjadi pada diri kita, andaipun terjadi betapa malunya diri kita.

Nah, untuk itu disini saya akan memberikan tips sebelum berbicara didepan umum atau setidaknya untuk menahan agar rasa gugup tidak berlebihan muncul pada diri kita saat berbicara.

1. Ucapkan Bismillah

Awalilah segala sesuatu degan ucapan bismillah, karena dengan ucapan ini segala sesuatu yang kita lakukan akan bernilai ibadah dan tentu akan mendapatkan pahala. Dan dengan ucapan ini maka diri kita akan merasa sejuk serta menjadi lebih tenang lagi dalam menghadapi apa pun.    

2. Latihan 

Latihan sangatlah penting sebelum melakukan pembicaraan didepan umum. Latihan ini bisa dilakukan sendiri atau bisa juga dibantu oleh orang lain. Latihan sendiri dapat dilakukan didepan cermin, dan anggaplah pantulan dari cermin itu adalah orang yang sedang melihat kita berbicara. Atau bisa juga berbicara didepan teman kita, kemudian mintalah penilaiannya tentang apa yang kurang dalam pengucapan serta tingkah laku kita saat berbicara.

3. PD (Percaya Diri)

PD ini sangat diperlukan ketika kita ingin berbicara didepan umum, karena dengan PD ini menjadikan mental kita makin kuat saat tampil didepan umum. Tapi perlu diingat jangan PD secara berlebihan, entar dikatakan sebagai orang yang tidak memiliki rasa malu. Semua orang tidak ada yang sempurna dan semua orang tentu memiliki kekurangan tersendiri, oleh sebab itu tutupilah kekurangan yang ada pada diri kita itu dengan sikap PD.

Jika anda sebagai seorang pelajar, mulailah berlatih untuk selalu tampil didepan kelas dalam kegiatan apapun. Atau bisa juga selalu ikut tampil ketika pelaksanaan upacara apel bendera pagi senin, apakah itu sebagai pembawa acara, pembaca do’a, pembaca Undang-undang, atau sebagai petugas bendera. Karena sudah terbiasa seperti itu, maka nanti jika kita diminta untuk bebricara didepan umum, rasa gugup tidak terlalu muncul dan kita bisa mengatasinya.

4. Atur pernafasan

Sebelum tampil dan berbicara didepan umum lakukan lah pernafasan. Pertama anda bisa menarik nafas secara dalam-dalam melalui hidung, kemudian hembuskanlah perlahan-lahan melalui mulut. Seperti halnya ketika kita bernafas saat setelah berolahraga atau setelah melaukan pernafasan. Lakukan lah beberpa kali, tujuan pernafasan ini bertujuan agar diri dan pikiran kita menjadi tenang serta lebih santai lagi.

5. Bacalah surah An-Nas

Jika masih terasa gugup (demam panggung) sebelum berbicara, maka hal terakhir yang bisa dilakukan adalah membaca surah An-Nas sebanyak 3 kali. Karena isi kandungan dari surah An-Nas ini adalah untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT dari godaan syaitan, baik dari golongan manusia maupun dari golongan jin. Kita anggap saja bahwa kegugupan itu muncul akibat dari gangguan syaitan, sehingga membuat perasaan kita menjadi campur aduk. Oleh sebab itu kita membaca surah An-Nas tersebut.

Insyaallah setelah melakukan 5 hal tersebut, kegugupan yang ada pada diri kita akan berkurang. Dan setidaknya kita dapat menguasai diri kita sendiri saat berbicara didepan umum, serta adanya ketenangan didalam pikiran kita sendiri. Dan untuk lebih bagusnya, bawalah berwudhu terlebih dahulu sebelum berbicara didepan umum. Karena dengan berwudhu menjadikan diri kita ini suci kembali, suci dari hadas kecil maupun hadas besar.

Demikianlah artikel yang dapat saya tulis, semoga ada manfaatnya untuk siapa pun yang telah membacanya, lebih khusus kepada diri penulis. Dan jika ada kesalahan dalam penulisan, mohon dimaafkan. Karena itu semua kesalahan dari diri penulis semata.

Posting Komentar untuk "tips sebelum berbicara didepan umum terbaru"