Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Umpan manjur mancing ikan baung terbaru

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh


Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….
Oh, ya artikel kali ini tentang suatu tips umpan yang akan digunakan ketika anda ingin memancing ikan baung disungai. Ikan baung memiliki banyak nama, seperti lundu alias keting, kating, senggiringan, ririgi, keliber, dan lain-lain bergantung kepada spesies dan daerahnya.

Menurut situs wikipedia baung adalah nama segolongan ikan yang termasuk kedalam marga Hemibagrus, suku Bagridae. Ikan ini menyebar luas di India, Cina selatan dan Asia Tenggara. Baung masih sekerabat dengan lele (bangsa Siluriformes).

Ikan baung memiliki tekstur tubuh yang cukup keras, dan ikan ini aktif mencari makan dimalam hari atau biasa disebut dengan hewan nokturnal. Adapun tempat tinggal ikan ini adalah didasar sungai atau ditempat-tempat yang banyak terdapat ranting kayu didalam sungai. Adapun harga ikan ini lumayan mahal dipasaran, karena sulitnya didapatkan.

Ikan baung memiliki kandungan protein cukup tinggi sekitar 51,99%, lemak sekitar 15,85%, dan air sekitar 75,07% berdasarkan hasil penelitian. Adapun manfaat dari ikan baung ini, diantaranya:
  • Mempercepat penyembuhan luka
  • Meningkatkan hormon kewanitaan dan pria
  • Meningkatkan nafsu makan
  • Mencegah penyakit asma
  • Dan sebagai sumber protein hewani.
Nah, itu tadi pengenalan tentang ikan baung. Selanjutnya jika anda ingin memancing ikan baung, ada beberapa umpan yang bisa saya rekomendasikan untuk anda, yaitu:

1. Umpan cacing

Cacing merupakan umpan yang sangat efektif digunakan dalam memancing, berbagai jenis ikan akan sangat menyukai cacing salah satunya ikan baung. Cacing akan terlihat hidup meskipun didalam air, hal inilah yang membuat ikan terpesona untuk memakannya. Jika anda menggunakan cacing kecil, maka perbanyaklah umpan yang diletakkan di kail, dan jika menggunakan cacing yang besar cukup 1 atau 2 ekor saja yang dikaitkan di mata kail, dan biarkan cacing tersebut bergerak-gerak.

2. Anak ikan puyau

Nama lain dari ikan puyau ini adalah ikan nilem (Osteochilus hasselti), yang merupakan ikan air tawar yang biasa hidup dipermukaan air. Untuk memancing ikan baung gunakanlah anakan ikan puyau yang cukup kecil, dan umpan ini sangat efektif digunakan. Hanya saja penggunaan umpan anakn ikan puyau ini lebih tepat saat memancing dimalam hari. 

Caranya adalah dengan mengaitkan kail dibagian sirip atas anak ikan puyau, kemudian lempar lah umpan tersebut ketengah sungai dan biarkan lah anak ikan tersebut bergerak. Tunggu hingga anda mendapatkan sambaran ikan baung, dan strike. 

Perlu diingat anak ikan puyau yang digunakan adalah yang masih hidup, dan bukannya yang telah mati. Dan cara mendapatkan anak ikan puyau ini sangat mudah, anda bisa membuat gumpalan rumput (kumpai), kemudian ikat menggunakan tali dan kayu, kemudian gumpalan rumput tersebut letakkan di air dan ketika malam hari silahkan anda gunakan tangguk pada gumpulan rumput tersebut, sudah pasti ada beberapa anak ikan puyau yang akan anda dapatkan.

Catatn: rumput yang digunakan adalah rumput yang besar dan panjang-panjang, bukannya rumput yang biasa tumbuh dihalaman rumah. Dan kami mayarakat kalimantan menyebutnya kumpai. 

3. Pariata

Pariata adalah sebutan untuk perut ayam yang difermentasi. Caranya yaitu dengan menyimpan perutan ayam didalam sebuah botol kemudian berilah mentega didalamnya, dan biarkan perutan ayam tersebut membusuk. Ada juga yang menambahkan kapas didalam pembuatan fermentasinya, supaya umpan tidak mudah hancur saat dikaitkan dimata kail dan dilempar kedalam sungai. Biasanya pariata ini memiliki aroma yang sangat menyengat, sehingga mengundang ikan untuk mendekatinya. 

Adapun perutan ayam yang digunakan untuk pembuatan pariata ini berupa usus-usus ayam. Kami masyarakat kalimantan menyebutnya pariata, yaitu umpan untuk memancing ikan. Dan pariata ini juga cukup efektif untuk memancing ikan baung karena aroma khasnya.

4. Biskuit Crispy Crackers

Anda juga bisa menggunakan umpan biskuit crispy crackers untuk memancing ikan baung, caranya ambillah beberapa batang biskuit crispy kemudian celupkan kedalam air sedikit, dan biarkan ia mengental dan bersatu. Kaitkan crispy tersebut kemata kail, dan lemparkan kedalm air. Jika beruntung anda akan mendapatkan sambaran dari ikan baung. Biskuit crispy memiliki aroma yang cukup menarik untuk memikat ikan supaya mau menyambarnya, sehingga umpan biskuit crispy ini cukup efektif untuk memancing ikan baung.

Itulah tadi beberapa umpan yang dapat saya rekomendasikan kepada anda yang memiliki hoby memancing, dan 4 umpan itulah yang biasa saya gunakan untuk memancing ikan baung, dan alhamdullah terbukti efektif. 

1 komentar untuk "4 Umpan manjur mancing ikan baung terbaru"