Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat umpan kerangga untuk memancing ikan papuyu

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh


Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….
Oh, ya artikel kali ini tentang suatu tips bagaimana tata cara membuat umpan kerangga untuk memancing ikan papuyu. Apakah anda tahu dan kenal dengan kerangga? Kerangga adalah hewan sejenis semut namun memiliki tubuh yang agak besar dan berwarna merah, sengatannya juga lumayan sakit. Ia bersarang diatas pepohonan diantara dedaunan. Dan yang akan dijadikan umpan mancing yaitu anakan kerangga yang berwarna putih-putih, untuk mendapatkannya pun harus merusak sarang dari kerangga tersebut.

selain digunakan untuk memancing, anak kerangga pun digunakan sebagai makan burung. Ya, menurut orang-orang sih dengan memberikan kerangga sebagai makanan burung, maka akan menjadikan suara burung itu lebih merdu sehingga bisa mengikuti kontes atau perlombaan dari pencinta burung. Sebutan lain untuk kerangga itu sendiri adalah kroto atau bisa juga disebut semut rangrang

Pembuatan umpan kerangga

Memancing adalah salah satu kegiatan yang sangat bagus untuk dilakukan, karena dari memancing mengajarkan kita untuk bersabar dalam mendapatkan ikan. Tidak sedikit orang-orang yang memiliki hoby memancing, baik itu memancing dilautan, disungai-sungai, maupun disawah atau rawa-rawa. Adapun ikan yang didapatkan itu beragam, sesuai dengan ikan apa yang akan kita pancing. Jika anda ingin memancing ikan papuyu atau yang biasa disebut dengan ikan betok, maka tentu tempat strategis untuk mendapatkannya adalah di perairan sawah atau rawa-rawa. 

Apakah anda seseorang yang memiliki hoby memancing?

Jika ia, maka sudah tidak asing lagi dengan yang namanya umpan kerangga untuk memancing ikan papuyu. Dan sebelum pergi memancing tentu hal yang dipersiapkan adalah berupa umpan, kail, joran, benang (tali nelon), pemberat, dan sebagainya.

Hal yang perlu dipersiapkan dalam pembuatan umpan kerangga, diantaranya:
  1. Anakan kerangga atau cerutu itu sendiri
  2. Minyak, bisa menggunakan minyak goreng atau minyak mie instan seperti soto banjar, karena minyak dari mie soto banjar akan harum tercium.
  3. Getah dari pohon karet
Tata cara pembuatannya;

1. Bersihkan anakan kerangga yang masih tercampur dengan indukannya, sehingga nanti yang tersisa hanyalah anakan kerangga yang berwarna putih saja.

2. Ambillah daun pisang atau daun talas, tapi ingat daun pisangnya dipotong ya sahabat-sahabat semua, bukannya daun pisang yang sepanjangan itu yang digunakan.

3. Selanjutnya, letakan anakan kerangga yang telah dibersihkan tersebut didaun pisang atau daun talas.

4. Kemudian berilah sedikit minyak, tapi ingat jangan terlalu banyak sebab nanti umpan akan menjadi sangat lemah sehingga mudah meleleh ketika dikaitkan dengan kail.

5. Dan jika sudah, selanjutnya oleskan getah pohon karet di umpan tersebut secara merata dan sambil ditekan-tekan. Perlu diingat, jangan terlalu banyak memeberikan getahnya, sebab jika terlalu banyak umpan akan menjadi kental dan sangat keras sehingga sulit untuk dijadikan umpan. Jadi oleskan getah secukupnya saja, jika sudah terasa sedang lembutnya umpan berhentilah mengoleskan getah.

Umpan pun siap digunakan, dan segerlah menuju ke TKP untuk memancing ikan papuyu, semoga mendapatkan hasil yang memuaskan. Heeeheee…

1 komentar untuk "Cara membuat umpan kerangga untuk memancing ikan papuyu"