Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan mancing ikan pipih di sungai

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh


Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat kerja, mudah-mudahan segera mendapatkan pekerjaan yang baik. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin…
Kita patut bersyukur atas melimpahnya hasil kekayaan alam yang ada di bumi ini, banyak terdapat tanaman perkebunan, rempah-rempah, hasil laut, SDM (Sumber Daya Alam), dan sebagainya. Dan juga mesti mensyukuri dengan adanya aliran-aliran sungai yang ada di daerah tempat tinggal kita, sebab di sungai-sungai tersebut hidup berbagai jenis macam ikan dan salah satunya yaitu ikan pipih.

Ikan pipih sangat senang tinggal disungai-sungai yang terdapat ratik pohon atau batang kayu di dasar sungai, ikan pipih ini terkadang tinggal berpasangan dan bisa saja hidup sendiri dibawah pohon di dasar sungai, kemudian sesekali menampakkan diri ke atas permukaan sungai.

Adapun ciri-ciri ikan pipih ini, diantaranya:

  1. Bentuk tubuh yang memanjang dan lebar
  2. Terdapat lengkungan disekitar kepala
  3. Bentuk kepala lonjong dengan gigi-gigi kecilnya
  4. Terdapat sirip di atas punggungnya
  5. Ada sirip dibagian bawah perut sampai dengan ekor
Ikan pipih memiliki daya jual yang lumayan mahal, oleh sebab itu ikan ini menjadi salah satu ikan buruan bagi para pemancing. Ketika mendapatkan sambaran ikan pipih, ada sesuatu yang sangat luar biasa dapat dirasakan para pemancing, ketika terkena pancing ikan ini akan melompat ke atas permukaan sungai seperti sedang terbang, dengan lompatan tersebut ikan itu berusaha melepaskan diri dari kail yang menyangkut ditubuh atau mulutnya. Dan tidak sedikit para pemancing dibuat kesal, sebab ketika mendapatkan sambaran ikan pipih ini tali kail yang mereka miliki terputus atau ikan ini berhasil meluluskan diri.

Ikan pipih termasuk hewan nakturnal yaitu hewan yang aktif dimalam hari, ia akan mencari makan dimalam hari dan tidak menutup kemungkinan juga bisa diwaktu pagi maupun sore hari. Oleh sebab itu, waktu efektif memancing ikan pipih ini pada malam hari. Dan sebutan lain dari ikan pipih ini adalah ikan belida, sebab ia termasuk keluarga Notopteride atau disebut dengan jenis ikan pisau yang penyebarannya ada di Asia Selatan maupun Asia Tenggara dan hidup di air-air tawar (sungai).

Jika pada artikel terdahulu saya menuliskan umpan mancing ikan sanggang di sungai dan umpan jitu mancing ikan baung, disini saya akan kembali menuliskan umpan-umpan yang dapat anda gunakan ketika ingin memancing ikan pipih ini disungai.

Umpan-umpan mancing ikan pipih, diantaranya:

Perlu anda ketahui bahwa ikan pipih salah satu hewan yang sangat tertarik dengan hewan hidup, jadi anda perlu mencari umpan yang ketika dilempar kedalam sungai umpan tersebut masih terlihat hidup.

1. Cacing

Cacing adalah salah satu umpan yang handal untuk mendapatkan ikan pipih ini, sebab cacing akan terlihat hidup atau bergerak-gerak ketika dijadikan umpan, dan dari sinilah yang nantinya akan menarik perhatian si ikan pipih. Cacing yang digunakan yaitu;

a. Cacing gelang, adalah cacing yang hidup di tanah yang jauh dari aliran sungai dan di tanah yang gembur dibawah pepohonan. Cacing ini memiliki ciri dengan tubuh berwarna merah kehitaman dan berukuran cukup besar. Cacing jenis ini bisa digunakan untuk mancing ikan pipih.

b. Cacing kecil, sesuai dengan namanya cacing ini berukuran kecil dan biasanya tumbuh di tepi sungai, cacing ini ada yang berwarna biru, hitam maupun kemerahan. Jika anda ingin menggunakan cacing ini, maka gunakanlah dalam jumlah yang banyak seperti untaian mie, sehingga nantinya akan menarik minat ikan pipih.

c. Cacing gedang, gedang yaitu istilah dalam penyebutan batang pohon pisang yang telah membusuk. Cacing jenis ini sangat sulit untuk didapatkan karena ukurannya yang kecil.

d. Cacing ilung, ilung yaitu istilah dalam penyebutan dari eceng gondok yang biasa tumbuh di air sawah. Cacing ilung ini berwarna kemerahan dan ukurannya pun cukup besar. Hanya saja jenis cacing ini mudah putus ketika dikaitkan dengan mata kail karena kulit cacing ini sangat lemah. Walaupun begitu cacing jenis ini lumayan ampuh untuk memancing ikan pipih.

2. Anak undang

Ditempat kedua ada umpan anak undang yang bisa digunakan untuk memancing ikan pipih, anak undang bisa di beli di tempat penjualan ikan dan bisa juga mencarinya di sungai maupun sawah. Anak undang sawah jauh lebih bagus daripada anak undang sungai, sebab anak undang sawah memiliki kemampuan hidup yang cukup lama ketika dijadikan umpan mancing, dan anak undang sungai mudah mati ketika dijadikan umpan mancing. Cara mendapatkannya, anda bisa membuat gompalan kumpai (rumput) berjenis panjang dengan cara digolong, kemudian ikat dengan tali dan letakkan di air sungai yang ada di sawah, ketika pagi atau sore hari tangguk lah golongan kumpai tersebut karena undang-undang kecil akan senang berkumpul disana.

Jika anda menggunakan anak undang sebagai umpan maka gunakanlah dalam ukuran banyak, supaya ikan pipih tertarik dengan umpan yang kita lemparkan itu.

3. Ikan sepat

Urutan ketiga ada ikan sepat yang dapat anda gunakan untuk memancing ikan pipih, cara menggunakannya yaitu dengan mengaitkan kail di atas punggung ikan sepat dan biarkan ikan ini bebas berjalan ketika dilemparkan sebagai umpan. Tahukah anda ikan sepat? Ikan sepat biasanya berwarna keputihan dan berukuran cukup kecil, biasanya tinggal di tepi sungai secara bergerombolan.

Oh ya, untuk memancing ikan pipih ini anda bisa menggunakan pelampung atau tidak, sehingga anda bisa melemparkan umpan secara langsung kedalam dasar sungai.

Nah, itulah tadi beberapa umpan yang biasa kami gunakan untuk memancing ikan pipih disungai, anda bisa mencoba dan membuktikannya sendiri dan semoga beruntung. Dan karena banyaknya jenis ikan yang hidup disungai-sungai daerah tempat kita tinggal ini, maka sudah sepantasnya kita menjaga dan melestarikan sungainya dengan cara tidak membuang sampah kesungai, tidak membuang sisa-sisa zat berbahaya kedalam sungai, dan tidak merusak habitatnya dengan menggunakan setrum, bom atau fukat harimau karena ketika kita menggunakan itu maka seluruh habitat ikan akan rusak, tidak hanya ikan besar saja yang mati tetapi anakannya pun akan merasakan dampaknya.

Ayooo…..kita jaga bersama-sama sungai-sungai yang ada disekitar !!!!!!!

1 komentar untuk "Umpan mancing ikan pipih di sungai"