Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara instal Dapodik versi 2020 untuk semester ganjil

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh


Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….
Tahun ajaran baru 2019/2020 semester 1 (ganjil) sudah hampir 1 (satu) bulan berjalan, sekolah-sekolah pun telah selesai menerima siswa-siswa barunya untuk mengisi di kelas 1, 7 maupun 10. Dan yang namanya siswa baru ini mesti atau harus di input kedalam sebuah aplikasi Dapodik guna untuk diketahui data-datanya secara lengkap dan jelas oleh pemerintah setempat. Dapodik versi 2019.e untuk semester genap tahun pelajaran 2018/2019 pun telah selesai digunakan dan akan segera berganti menjadi Dapodik versi 2020 untuk semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020.

Dan melalui sebuah artikel yang sederhana ini saya akan berbagi tentang tata cara yang harus dilakukan untuk menginstal aplikasi “Dapodik versi 2020” di laptop sekolah masing-masing, bukannya di laptop teman ya teman, apalagi di laptop tetangga bisa keliru hasilnya. Heheheheeee……….

Cara instal Dapodik versi 2020

Untuk dapat menginstal aplikasi Dapodik versi 2020, Ayooooo,,,,,segera kita mulai tata caranya, simak dan ikuti langkah-langkah yang ada dibawah ini:
  1. Yang harus dilakukan anda yaitu mendownload aplikasi Dapodik versi 2020 semester ganjil pada link https://drive.google.com/file/d/13nAQZLAeLFVE5GvPPGt39WYROO1ROJZ_/view (link alternatif)
  2. Selanjutnya anda download juga prefill dapodiknya,,,,jika ingin melakukan penginstalan secara offline, dan pastikan ukuran prefillnya ± 2 mb 
  3. Setelah semuannya sudah terdownload, lakukan unstal pada aplikasi dapodik yang terpasang di laptop teman-teman semua, khususnya dapodik semester genap kemarin yang tidak digunakan lagi. Cara melakukan unstal aplikasi dapodik terdahulu yaitu dengan cara: klik control panel pilih → aplikasi dapodik → pilih unstal, dan tunggu sampai proses unstalasi/pelepasan aplikasi dapodik pada laptop benar-benar selesai.
  4. Setelah unstal aplikasi dapodik selesai, silahkan lakukan restart pada laptop dan bersabarlah menunggu hingga laptopnya menyala kembali yaaaaa....
  5. Setelah laptopnya kembali menyala, coba anda cek pada “Local Disk (C:)” pilih folder program files atau bisa juga pilih program files (x86), lihat apakah disana ada folder dengan nama “Dapodik”, jika ada silahkan di cut folder tersebut dan letakkan di sembarang tempat, kemudian delate. Jika tidak bisa di delate, sekali lagi restart laptop anda, tunggu sampai selesai restart dan jika sudah hidup kembali laptopnya, cari folder dengan nama “Dapodik” tadi dan delate. Jika sudah berhasil kita lanjutkan kembali tahap penginstalan aplikasi dapodik yang baru ya..
  6. Pilih aplikasi dapodik yang sudah didownload tadi, kemudian letakkan di Local Disk (C:), klik kanan aplikasi pilih Run as administrator atau bisa juga langsung double klik pada aplikasi, dan lakukan penginstalan. Bersabarlah kembali menunggu hingga aplikasi dapodik terbaru selesai terinstal dan jangan coba-coba klik cancel jika dapodik terbaru belum selesai terinstal.
  7. Jika sudah selesai menginstal aplikasi dapodik versi 2020, maka akan muncul beberapa folder, salah satunya folder dengan nama prefill_dapodik.
  8. Pilih prefill yang telah didownload sebelumnya kemudian letakkan pada folder dengan nama prefill_dapodik tersebut. Kemudian lakukan registrasi dengan cara menuliskan kode registrasi sekolah, email dan pasword yang akan digunakan untuk login pada aplikasi dapodik dan pilih offline, kemudian terakhir pilih submite
Catatan: ada 2 (dua) cara untuk instalas dapodik yaitu offline dan online, jika menggunakan cara offline maka harus menggunakan prefill dapodik dan jika menggunakan cara online cukup sambungkan ke jaringan internet. Tunggu hingga selesai dan dapodik versi 2020 semester ganjil pun telah siap untuk dapat di gunakan

Untuk menginstal aplikasi Dapodik versi 2020 ini pastikan bahwa laptop yang anda miliki berprogram WINDOW 10, hal ini sesuai dengan spesifikasi yang telah di sampaikan pada waktu terdahulu. Adapun yang masih menggunakan WINDOW 7, ya,,,,mau tidak mau anda harus mencari atau mendownload perangkat tambahan sebagai pendukung terhadap pemasangan aplikasi Dapodik versi 2020 di laptop. 

Demikian lah tata cara menginstal aplikasi Dapodik versi 2020 semester ganjil, mudah-mudahan ada manfaatnya bagi para pembaca sekalian, dan jika ada kesalahan dalam penulisan artikel ini mohon dipahami dan di maafkan.

SALAM 1 (SATU) DATA

Post a Comment for "Cara instal Dapodik versi 2020 untuk semester ganjil"