Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mudah mancing ikan puyau di sungai

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin……
Berbagai jenis ikan hidup di perairan atau sungai-sungai yang ada di nusantara ini. Salah satu ikan yang hidup di sungai-sungai bernama ikan puyau. Ya begitulah mayarakat kami menyebut nama ikan ini, mungkin sebagian orang belum ada yang mengetahui tentang ikan puyau ini. Untuk lebih jelasnya, silahkan di baca artikel ini supaya dapat mengetahui tentang ikan puyau dan cara mendapatkan ikan ini.

Mengenal istilah ikan puyau

Ikan puyau adalah jenis ikan yang hidup di air tawar anggota suku Cyprinidae. Ikan ini hidup dan menyebar di daerah Asia tenggara, salah satunya di daerah Kalimantan. Ikan puyau ini hidup secara berkelompok di pesisir sungai atau dibawah batang pohon kayu yang terendam air.

Ikan puyau memiliki ciri khas dibagian moncong yang membulat tumpul dengan bibir yang berkerinyut dan dapat disembunyikan. Panjang ikan ini berkisar antara 250 - 260 mm. Nama lain ikan puyau ini adalah ikan nilem, nilem mangut atau melem (Osteochilus vittatus).

Ikan puyau ini memiliki tulang yang cukup banyak, sehingga ketika anda ingin memakannya perlu berhati-hati supaya tidak tertelan tulangnya. Bisa ribet nanti urusannya, hehehehe…………..

Untuk mendapatkan ikan puyau ini sangatlah mudah, anda hanya memerlukan beberapa persiapan untuk memancingnya. Lanjut lagi membaca artikelnya, OK!!!!!!!

Cara mudah memancing ikan puyau

Pertama, anda harus mempersiapkan joran panjang

Kedua, anda harus mempersiapkan tali (nelon), tali yang digunakan memiliki ukuran kecil saja jangan terlalu besar. Selain tali anda juga memerlukan pemberat, pelampung dan kail (kawat). catatan, untuk kail gunakanlah ukuran yang sedang dengan nomor 6 atau 7.

Selanjutnya anda bisa mengikatkan tali (nelon) ke ujung joran, dan terlebih dahulu memastikan pada tali (nelon) tersebut sudah terpasang pelampung ukuran kecil, pemberat ukuran kecil dan kail.

Ketiga, tentu hal yang terpenting adalah umpannya. Umpan yang digunakan dari gabin dengan merek CANTIK. Gabin yang di celupkan ke air kemudian di kepal-kepalkan supaya menyatu. Ingat jangan terlalu lama menyelupkan gabin kedalam air, tujuannya supaya umpan tidak terlalu lembek. Jika umpan sudah selesai dibuat, selanjutnya anda bisa menuju ke TKP. Dan selamat memancing ikan puyau, semoga mendapatkan hasil yang sangat banyak.

Demikianlah sedikit tulisan pada artikel ini tentang tata cara memancing ikan puyau yang begitu sangat mudah dan sederhana, semoga bermanfaat bagi para pembaca dimana pun berada.

Post a Comment for "Cara mudah mancing ikan puyau di sungai"