Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solusi gagal melakukan sinkronisasi Dapodik 2020a

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….
Beberapa hari ini banyak saya lihat diberbagai group media sosial Operator Sekolah tentang kegagalan saat melakukan sinkronisasi dapodik untuk mengirimkan perubahan data yang ada disekolah kita ke server pusat. Keterangan yang sering muncul saat melakukan sinkronisasi yaitu “Silahkan update aplikasi sinkronisasi Anda dengan versi terbaru”, untuk lebih jelasnya bisa melihat foto dibawah ini:


Karena banyak dari teman-teman yang masih bingung mengapa terjadi hal yang demikian saat ingin melakukan sinkronisasi dapodik, maka saya pun mencoba untuk membantu dengan memberikan beberapa solusi melalui artikel yang sederhana ini, dan sedikit banyaknya semoga dapat memberikan manfaat.

Solusi bagi yang gagal melakukan sinkronisasi dapodik 2020a

Pertama, yang harus dilakukan adalah memeriksa berita di website resmi dapodikdasmen untuk mengetahui tentang perkembangan aplikasi dapodik yang digunakan, siapa tahu ada versi updater yang di rilis oleh tim pengembang dapodik. Tujuan rilisnya updater (patch) dapodik ini untuk membenahi bugs-bugs yang terjadi pada system. Untuk itulah kita harus berperan aktif melakukan pengecekan secara berkala supaya tidak ketinggalan informasi yang penting.

Kedua, berkaitan dengan point ke 1 di atas, jika ada versi updater dapodik yang sudah dirilis maka segeralah untuk mendownloadnya. 

Ketiga, periksa versi dapodik yang anda gunakan, jika belum versi terbaru, maka segeralah melakukan updater sesuai petunjuk yang telah diberikan karena setiap kali dirilis updater terbaru selalu di barengi dengan petunjuk cara melakukan penginstalan.

Perlu anda ketahui bahwa dapodik sekarang sudah menggunakan versi baru “Dapodik 2020 a Patch 1”, jika dapodik yang terpasang di laptop anda belum seperti versi tersebut, anda dapat mendownload updaternya langsung disini.

Keempat, sebelum melakukan sinkronisasi dapodik, anda dapat membersihkan cache tempat anda membuka aplikasi dapodik, baik itu Mozilla atau Google Chrome. Pastikan juga anda melakukan sinkronisasi di waktu yang tepat, misalnya di pagi hari atau malam hari.

Selamat mencoba dan semoga berhasil melakukan sinkronisasi dengan menggunakan updater terbaru Dapodik 2020a Patch 1. 

Posting Komentar untuk "Solusi gagal melakukan sinkronisasi Dapodik 2020a "