Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara melakukan pengecekan validasi INFO GTK tahun 2020

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….
INFO GTK Tahun 2020 semester genap sudah bisa diakses dan dilihat, pengecekan validasi Info GTK ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari sinkronisasi dapodik terlebih lagi untuk Guru yang telah bersertifikasi dan melalui laman Info GTK ini lah juga diketahui apakah SKTP sudah terbit atau belum.

Jika Info GTK Tahun 2020 semester genap ini memiliki keterangan VALID maka anda dapat berlapang dada karena isian data yang ada pada aplikasi dapodik benar, namun jika keterangannya TIDAK VALID ada terjadi kesalahan, entah itu dari aplikasi dapodik maupun tidak sesuainya data Guru tersebut dengan pihak BKN. Dan jika data TIDAK VALID karena sebab ketidak sesuaian dengan BKN, maka anda dapat meminta validasi dan peninjauan dengan mengklik menu WAJIB CLICK TOMBOL INI UNTUK MENGECEK DATA PADA WEBSERVICE BKN dan tunggu lah beberapa hari hingga proses validasi oleh pihak BKN selesai. 

Selain itu penyebab lainnya INFO GTK TIDAK VALID karena kesalahan dalam pengisian pembagian tugas mengajar, perlu diingat bahwa pembagian tugas mengajar yang digunakan untuk mengisi dapodik adalah tugas mengajar terbaru, kenapa saya bisa bilang begitu?? Sebab teman saya pernah mengalaminya, INFO GTK TIDAK VALID karena saat mengisi menu pembelajaran yang digunakan adalah SK Pembagian tugas terdahulu dan setelah diperbaiki akhirnya berubah jadi VALID.

Untuk melakukan pengecekan INFO GTK Tahun 2020, anda dapat mengikuti langkah berikut dan perlu diketahui bahwa cara melakukan pengecekan INFO GTK ini bisa melalui HP (android) bisa juga melalui laptop/PC. Caranya sebagai berikut:

1. Silahkan anda klik link ini http://info.gtk.kemdikbud.go.id/info_2020_s1
2. Maka anda akan di arahkan ke laman INFO GTK Periode Januari – Juni 2020 Semester Genap
3. Terdapat 3 isian kolom yang mesti terisi sebelum login, yaitu
  • Account PTK pada dapodik, kolom ini di isi sesuai dengan akun PTK (alamat email guru) yang ada pada aplikasi dapodik
  • Password PTK pada dapodik, kolom ini di isi sesuai dengan password dari akun/email PTK tersebut pada aplikasi dapodik
  • Masukan kode angka yang tertulis pada gambar
4. Setelah seluruh kolom sudah terisi dengan benar maka klik tombol LOGIN dan silahkan dilihat hasilnya apakah sudah VALID atau TIDAK VALID, jika sudah VALID silahkan di cetak/print untuk dikumpul ke dinas setempat supaya bisa diverifikasi sehingga SKTP bisa terbit, namun jika TIDAK VALID segera perbaiki dan lakukan pengecekan pada aplikasi dapodik

Catatan: jika anda tidak bisa LOGIN pada INFO GTK dengan keterangan error, anda dapat merubah password akun PTK pada aplikasi dapodik dan lakukan sinkronisasi atau bisa juga melakukan pengecekan INFO GTK di waktu yang tepat semisal waktu dimana trafik pengunjung website tidak banyak, misalnya malam atau pagi hari.

Itulah tadi cara melaukan pengecekan validasi INFO GTK tahun 2020 semester genap, cukup mudah untuk dilakukan dan bisa dilakukan secara mandiri oleh guru yang bersangkutan tanpa harus meminta kepada Operator Sekolah. Semoga artikel yang sederhana ini bermanfaat dan dapat membantu rekan-rekan semua dimana pun berada. 

Posting Komentar untuk "Cara melakukan pengecekan validasi INFO GTK tahun 2020"