Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Motivasi untuk diri sendiri setelah gagal dalam mengikuti Tes CPNS 2019

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh
Gambar oleh : Success.co.id
Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu dalam keadaan sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….
Beberapa daerah telah mengeluarkan hasil dari SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) CPNS bulan Februari lalu dan ini sesuai dengan arahan pemerintah pusat bahwa hasil SKD akan di umumkan pada tanggal 22 – 23 Maret dengan sistem ranking dan passinggrade. Selanjutnya bagi peserta yang telah dinyatakan LULUS maka akan mengikuti tes berikutnya yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), SKB dapat berupa tes bahasa asing, tes wawancara, praktek kerja dan lain-lainnya sesuai dengan pemerintah daerah setempat.

Saya adalah salah satu peserta yang mengikuti tes CPNS 2019 di daerah sekitar tempat tinggal saya, naun hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan apa yang telah diharapkan, saya juga mengalami kegagalan pada kesempatan ini, tapi ini bukanlah akhir dari segalanya.

Yang mesti diingat adalah kesuksesan berawal dari kegagalan seperti halnya Thomas Alva Edison yang banyak mengalami kegagalan dalam percobaannya hingga akhirnya berkat usaha keras yang dilakukannya membuahkan hasil sehingga namanya sekarang ini dikenal diseluruh dunia. Adapaun yang berhasil lulus, itu adalah keberuntungan dalam kehidupannya.

Agar tidak terlalu bersedih atau berkecil hati karena kegaglan ini, maka disini saya menuliskan beberapa motivasi atau tips untuk diri kita sendiri untuk menatap masa depan yang cerah. Beberapa motivasi tersebut diantaranya:

1. Berprasangka baik terhadap Allah SWT

Sebagai seorang muslim kita di haruskan berprasangka baik terhadap sang pencipta yaitu Allah SWT, karena kehidupan ini sudah ada yang mengaturnya. Mungkin ada tersirat pertanyaan di dalam hati ini, mengapa saya gagal? Mengapa saya tidak berhasil lulus tes? Mengapa bisa jadi begini padahal sudah berusaha sangat keras untuk meraih keberhasilan?

Yang perlu kita ketahui bahwa apa pun yang menurut prasangka kita baik, itu belum tentu baik bagi Allah dan yang menurut kita buruk, justru itu yang terbaik untuk kehidupan kita. Oleh sebab itu maka janganlah kita sekali-klai berprasangka buruk terhadap Allah Swt sebab kita tidak tahu apa yang akan terjadi kedepannya nanti. Sabar dan tetaplah berdo’a dalam menerima serta menghadapinya.

2. Jangan pernah menyerah

Janganlah pernah menyerah meskipun kegagalan selalu menghampiri kita, selagi ada kesempatan maka ikutilah kembali. Siapa tahu kita akan mengalami keberhasilan di kesempatan yang akan dating, kalau kita menyerah itu sama halnya mengatakan bahwa kita ini lemah dan termasuk orang yang mudah berputus asa.

Jangan sampai kita depresi akibat putus asa, maka dari itu bangkit lah dan tanamkanlah di dalam jiwa kita semangat yang membara yaitu semangat untuk dapat menjadi orang yang sukses meskipun tidak harus menjadi seorang PNS. Ingat…….. jalan kesuksesan itu banyak tinggal kitanya saja lagi maunya gimana. Oleh sebab itu bangkit lah dari keterpurukan.

3. Berusahalah!

Jika gagal maka berusahalah kembali mempersiapkan diri untuk kesempatan yang akan dating, andai pun tidak ada kesempatan lagi maka terus lah berusaha di jalan yang lain. Ingat rezeki itu tidak akan di dapat jika tidak mau berusaha, ada usaha yang dilakukan baru mendapatkan hasil.

Jangan pernah malas untuk berusaha meskipun hal itu kecil, usaha keras tentu akan membuahkan hasil yang tidak di sangka-sangka. Jika kita engatakan “Ya sudahlah, aku tidak akan lagi mengikutinya sebab hasilnya pasti gagal kembali” maka tentunya kembali kita dapatkan, oleh sebab itu janganlah pesimis tetapi ubahlah menjadi sikap optimis untuk berusaha mempersiapkankan kembali dengan usaha yang maksimal sehingga mendapatkan hasil yang maksimal juga. Ingat………….jangan pernah kita terjebak dalam pikiran dengan kata-kata “pasti gagal, pasti tidak berhasil, pasti tidak bisa, bla bla bla bla blaa” peikiran itu hanya mebuat kita semakin terpuruk saja. Jadi kalimat yang bagus untuk dikatakan pada diri adalah “aku pasti bisa dan aku pasti berhasil” nah itu lebih mantap di ucapkan.

4. Buatlah persiapan kembali

Buatlah persiapan kembali untuk kesempatan yang akan datang, untuk mendapatkan keberhasilan tidak semudah membalikkan telapak tangan perlu adanya persiapan yang matang jauh-jauh hari. 

Mari kita persiapkan diri serta kemampuan kembali, mari kita belajar dan memahami kembali masalah-masalah yang perlu diselesaikan. Persiapan dilakukan di awal-awal waktu itu jauh lebih baik dari pada persiapan di dekat hari H nya. Untuk itu tidak perlu lagi menyesali apa yang telah terjadi dan persiapkan lah diri kita ini untuk kesempatan yang akan datang dengan harapan mendapatkan hasil yang sangat bagus.

5. Berdo’alah!

Tidak ada yang lain lagi yang bisa kita lakukan selain berdo’a, do’a adalah senjata utama yang sangat ampuh ketika menghadapi suatu ujian atau pun cobaan. Dan berdo’a ini pun bisa dilakukan dimana saja, kapan pun, dan ditempat mana pun (asal kan tidak ditempat yang buruk).

Sebagai seorang muslim saya mempercayai bahwa do’a adalah salah satu bagian dala hidup ini karena dengan berdo’a ini lah kita dapat meminta dan memohon kepada sang Maha Kuasa, Maha Pencipta dan Maha Pemberi yaitu Allah swt. Maka dari itulah jangan malas untuk berdo’a, keberhasilan itu bisa didapat melalui DUIT (Do’a, Usaha, Ikhtiar dan Tawakal), selain itu do’a juga dapat membuat apa yang kita lakukan akan bernilai ibadah.

Jadi, jika ingin mendapatkan keberhasilan maka sudah sepantas dan sewajarnya lah kita berdo’a. Jika hati dan perasaan asih diliputi kesedihan, maka segeralah berdo’a untuk meminta ketenangan serta kelapangan.

Nah, itu lah tadi motivasi atau tips yang dapat saya tuliskan dan jika ada lagi tips atau motivasi lainnya anda bisa menuliskannya di kolom komentar sehingga dapat menjadikan tambahan referensi serta pengetahuan baru khususnya kepada saya pribadi.

Posting Komentar untuk "Motivasi untuk diri sendiri setelah gagal dalam mengikuti Tes CPNS 2019"