Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh format peta konsep dalam pembelajaran di kelas

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh
Gambar oleh: idntimes.com
Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezki nya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….
Pembelajaran yang menyenangkan tentu membuat para siswa senang dan betah untuk mengikuti pembelajaran di kelas, untuk itulah menjadi tugas seorang guru agar dapat membuat dan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan di kelas terutama bagi anak-anak sekolah dasar.

Berbagai metode telah dipelajari ketika masih menjadi mahasiswa di bangku kuliah dulu, tujuan adanya metode pembelajaran adalah supaya dapat membantu guru dalam mengajar, menciptakan pembelajaran yang kondusif serta membuat siswa dapat memahami apa yang akan disampaikan kepada siswa.

Ketika seluruh siswa dapat menangkap dan menerima apa yang kita sampaikan dikelas tentu membuat perasaan guru menjadi bahagia, kebahagiaan seorang guru adalah ketika materi pembelajaran yang di ajarkan dapat di pahami oleh seluruh siswa dan ketika mendapatkan tugas mampu menyelesaikannya dengan baik serta benar.

Selain dengan metode, kita juga dapat melakukan pembelajaran di kelas menggunakan peta konsep. Apa itu peta konsep? Peta konsep adalah suatu ilustrasi berupa hubungan atau keterkaitan antara konsep satu dengan yang lainnya. Peta konsep dapat memberikan kemudahan kepada seorang guru dalam memberikan materi yang cukup panjang kepada siswa, sehingga dengan adanya peta konsep maka hanya poin-poin yang penting saja yang akan disampaikan dan waktu pun lebih efektif serta efesien.

Kita dapat membuat rancangan peta konsep terlebih dahulu, baik itu menggunakan perangkat komputer maupun coretan di atas kertas sebelum menuliskannya di atas papan tulis. Jika anda mengerti dan paham terhadap Microsoft Office seperti Microsoft Word, Power Poin maka anda akan dapat merancang format peta konsep sesuai dengan keinginan anada sendiri. Aplikasi Office tersebut telah dirancang dan diberikan menu untuk membuat peta konsep, tinggal kita manfaatkan saja lagi.

A. Contoh Peta Konsep

Disini saya memberikan contoh format peta konsep hasil buatan rancangan sendiri, anda juga dapat membuat dan merancang sesuai dengan keinginan sendiri jika ada kemauan.

Anda dapat mendownload contoh format peta konsep <<DISINI>>

Maaf ya jika hasilnya kurang bagus dan materinya tidak pas karena itu sebagai contoh saja, nah dari gambar peta konsep tersebut kita dapat membayangkan betapa bermanfaatnya peta konsep dalam pembelajaran dikelas karena dapat memberikan ringkasan terhadap materi pembelajaran yang cukup panjang. Dan maaf juga karena peta konsep yang saya buatkan tidak ditampilkan pada laman utama artikel ini, saya sudah coba untuk menampilkannya namun tidak berhasil maklum masih pemula dan masih banyak yang harus saya pelajari

B. Manfaat dari Peta Konsep

Ada beberapa manfaat dari peta konsep, diantaranya:
  1. Membantu guru dalam memberikan pembelajaran di kelas
  2. Membantu guru dalam memberikan penilaian terhadap siswa
  3. Sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran dikelas
  4. Membantu untuk menggali pemahaman siswa didalam kelas
  5. Membantu siswa untuk bisa membuat peta konsep sederhana
  6. Dengan peta konsep maka siswa akan lebih mudah dalam belajar SAINS
  7. Menambah wawasan kepada siswa
Nah, inilah yang dapat saya sampaikan, semoga artikel yang sederhana ini bermanfaat dan dapat dipergunakan untuk membantu pembelajaran di dalam kelas. Apabila ada penulisan yang salah mohon di pahami serta dimaafkan.

Post a Comment for "Contoh format peta konsep dalam pembelajaran di kelas"