Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara validasi data siswa penerima bantuan Program Indonesia Pintar

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh
Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….
Program Indonesia Pintar atau biasa disebut PIP adalah bantuan yang diberikan oleh pemerintah kepada siswa yang memang telah diusulkan oleh pihak sekolah melalui aplikasi dapodik guna membantunya dalam memenuhi kebutahan bersekolah. Bantuan yang diberikan adalah berupa sejumlah uang yang bisa dicairkan apabila daftar dan SK penerima PIP telah dirilis oleh pemerintah.

Adapun siswa yang dapat diusulkan untuk dapat menerima PIP ini antara lain:
  1. Siswa miskin atau kurang mampu
  2. Siswa yang pernah drop out
  3. Siswa yang berada didaerah konflik
Usulan bisa dilakukan oleh pihak sekolah melalui aplikasi dapodik masing-masing dari siswa kelas 1 hingga kelas 6 (untuk SD) bisa diusulkan untuk menerima PIP dan yang perlu diperhatikan sekolah cuma bisa memberikan usulan siswa penerima PIP dan yang merealisasikannya adalah pihak manajemen PIP itu sendiri. 

Selain itu pihak sekolah juga bisa memvalidasi data siswa penerima PIP dengan maksud sebagai bukti bahwa siswa tersebut memang benar-benar berhak menerima bantuan. Adapun jika siswa tersebut tidak layak menerima PIP padahal sudah termasuk orang yang berhak menerima PIP bisa diubah melalui laman PIP dengan mengganti status yang awalnya layak menerima PIP menjadi tidak layak PIP.

Cara validasi data penerima PIP

Adapun langkah atau cara validasi data penerima PIP adalah sebagai berikut:
  1. Silahkan kunjungi website resmi manajemen PIP atau klik <<DISINI>>
  2. Pada aplikasi Monitoring PIP SD dan pada tipe login pilih Dapodik Sekolah selanjutnya Login
  3. Pada tampilan Dapodik Sekolah silahkan isi username dan password milik sekolah masing-masing
  4. Maka akan muncul tampilan menu PIP dengan nama sekolah kita
  5. Pada bagian sebelah kiri terdapat beberapa menu, diantaranya (1) Dashboard (2) Download Data (3) Validasi Data (4) Pengembalian Dana (5) Keabsahan PIP. Dan menu tersebut memiliki fungsi masing-masing, seperti download data adalah untuk mendownload data peserta didik penerima PIP, Validasi Data adalah untuk mengshahihkan data bahwa siswa tersebut benar-benar layak penerima PIP atau tidak.
  6. Pilih Validasi Data dan pilih tahun yang akan di validasi datanya, kemudian silahkan di cek nama-nama siswa tersebut apakah memang benar-benar layak menerima PIP, jika tidak layak maka anda dapat merubahnya jadi tidak layak dan berikan alasannya mengapa siswa tersebut tidak layak menerima PIP. Apabila tidak ada data yang dirubah silahkan langsung pilih menu konfirmasi.
  7. Jika sudah silahkan pilih menu konfirmasi yang berada dibagian bawah. 
Nah, itu lah tadi apa yang dapat saya tuliskan tentang bagaimana cara Validasi Data siswa penerima PIP, cukup mudah untuk dilakukan. Dan seoga artikel yang sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada.

Posting Komentar untuk "Cara validasi data siswa penerima bantuan Program Indonesia Pintar"