Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Silang merah di menu kelengkapan data pada Info GTK Tahun 2020

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….

Info GTK tahun 2020 untuk semester ganjil (semester 1) tahun pelajaran 2020/2021 baru saja lending beberapa waktu yang lalu. Ini menandakan bahwa telah selesainya tahap uji coba pada Info GTK, selain itu juga Info GTK mengalami perubahan pada laman sistem websitenya.

A. Apa manfaat dari Info GTK ini? 

Manfaat dari Info GTK adalah sebagai sarana untuk mengetahui ke shahihan atau ke validan data yang dimiliki oleh setiap GTK/PTK di masing-masing satuan pendidikan. Terutama bagi GTK/PTK yang telah bersertifikasi Info GTK ini sangatlah penting, sebab untuk diketahuinya ke validan data yang dimiliki dan untuk mengetahui penyaluran TPG yang berhak di dapatkan oleh GTK/PTK yang bersangkutan.

Info GTK bisa dilakukan pengecekan secara mandiri oleh GTK/PTK nya masing-masing atau bisa juga dengan meminta bantuan operator sekolah. Yang diperlukan hanyalah akun GTK/PTK yang ada pada aplikasi dapodik sekolah.

B. Cara login pada Info GTK Tahun 2020 Semester Ganjil

Untuk bisa login atau mengakses Info GTK lakukan langkah-langkah berikut:

Pertama, silahkan anda klik link berikut ini: https://info.gtk.kemdikbud.go.id/

Kedua, pada Autentikasi pengguna dapodik pilih dan klik Login Langsung Ke GTK

Ketiga, silahkan isi username, password sesuai dengan yang ada pada dapodik dan telah terverifikasi

Keempat, silahkan cek hasil dari Info GTK yang ditampilkan apakah keterangannya Valid atau Tidak Valid.

Jika keterangannya Valid silahkan cetak sebagai bukti pemberkasan TPG, silahkan hubungkan printer dengan laptop anda lalu pilih menu cetak yang ada pada bagian atas laman Info GTK.

Jika keterangannya Tidak Valid silahkan anda cek pada bagian apa yang mengalami ketidak validan dan ini biasanya ditandai dengan adanya tanda silang berwarna merah. Untuk Info GTK Tahun 2020 semester ganjil ini kebanyakan Tidak Valid pada bagian Kelengkapan Data ditandai dengan silang merah seperti halnya gambar dibawah ini:

C. Bagaimana mengatasi silang merah pada kelengkapan data di Info GTK?

Untuk mengatasai masalah tersebut disini saya akan memberikan beberapa solusi, diantaranya:

  1. Silahkan lakukan pengecekan terhadap kepangkatan atau riwayat gajih berkala yang tertera pada Info GTK dengan yang ada di dapodik
  2. Jika terdapat kesalahan atau kekeliruan silahkan perbaiki melalui aplikasi dapodik, tetapi apabila kesalahan yang terjadi berkenaan dengan BKN maka silahkan untuk berkoordinasi dengan BKD Daerah setempat.
  3. Jika terdapat kesalahan yang berhubungan dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat, maka segeralah memperbaikinya dengan pejabat yang berwenang.  
  4. Silakan klik dan pilih update data BKN yang ada pada Info GTK dan terletak di sebelah kanan. Update data BKN ini akan memuncul sebutan dari guru fungsional, misalnya Guru Pratama, Guru Madya, dan sebagainya. Setelah memilih update data BKN tunggu hingga 1 minggu kedepannya, semoga status Info GTK yang awalnya Tidak Valid berubah menjadi Valid.
  5. Atau anda bisa juga membiarkan sistem yang bekerja tanpa melakukan tindakan apapun, karena telah yakin bahwa kebenaran data yang ada pada aplikasi dapodik memang shahih.

Itulah tadi 5 point penting atau solusi yang dapat saya berikan, dan apabila ada solusi lain yang dimiliki anda silahkan tambahkan pada kolum komentar dibagian bawah artikel ini.

D. Bagaimana jika selalu gagal saat mengakses Info GTK?

Jika anda selalu gagal saat mengakses Info GTK, silahkan analisa kegagalannya sepertiapa:

Pertama, jika kegagalan login pada Info GTK karena kesalahan akun maka pastikan penulisan akun tersebut sesuai dengan yang terverifikasi pada dapodik

Kedua, jika kegagalan karena website yang error atau down, maka akseslah website Info GTK pada jam-jam yang trafik pengunjung tidak padat. Misalnya pagi hari, tengah malam atau sore menjelang malam.

Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan di dalam penulisan.    

Posting Komentar untuk "Silang merah di menu kelengkapan data pada Info GTK Tahun 2020"