Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ Cara mencetak Surat pernyataan pertanggung jawaban mutlak (SPTJM) Dapodik terbaru

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Apakah anda pernah mengamati pembaruan yang terjadi pada website https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/? Jika belum, maka segeralah anda mengunjungi website tersebut dan melihat menu terbaru apa yang terdapat disana.

Menu terbaru yang terdapat pada website https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/adalah adanya SPTJM dari hasil sinkronisasi dapodik. Kita ketahui bahwa dulu SPTJM dapodik ini dapat di cetak atau didownload melalui website dapodikdasmen, sekarang SPTJM dapodik ini di cetak melalui website https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/

Apa itu SPTJM dapodik? SPTJM adalah Surat Pernyataan Pertanggung Jawaban Mutlak yang berisikan tanggung jawab kepala sekolah terhadap keabsahan atau kebenaran dari data yang telah diinputkan kedalam aplikasi dapodik. Adapun pernyataan SPTJM tersebut berisikan:

  1. Kepala sekolah bertanggung jawab penuh atas kebenaran dan kemutakhiran data yang diisikan dan dikirimkan melalui aplikasi dapodik
  2. Apabila dikemudian hari terdapat ketidaksesuaian antara data yang dikirimkan dengan keadaan yang sebenarnya, kami bertanggung jawab sepenuhnya dan bersedia menerima sanksi dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Itulah 2 point penting isi dari Surat Pernyataan Pertanggung Jawaban Mutlak (SPTJM) dapodik dan SPTJM ini sebagai pertanggung jawaban sekolah serta kepala sekolah terhadap kebenaran data yang diinputkan pada aplikasi dapodik maka sudah sepantas dan sewajarnya SPTJM ini di cetak untuk disimpan oleh pihak sekolah masing-masing.

Cara mencetak Surat Pernyataan Pertanggung Jawaban Mutlak (SPTJM)

Adapun cara atau langkah yang harus dilakukan untuk mencetak SPTJM dapodik ini, adalah sebagai berikut:

  1. Hubungkan printer kepada laptop anda
  2. Kunjungi atau klik webstie https://sp.datadik.kemdikbud.go.id
  3. Silahkan login menggunakan akun dapodik masing-masing
  4. Pada tampilan utama terdapat 3 pilihan menu, yaitu Data Pokok, Aplikasi dan Dokumen
  5. Silahkan anda klik menu Dokumen dan pilih SPTJM
  6. Selanjutnya aturan ukuran kertas yang digunakan (A4)
  7. Terakhir pilih dan klik cetak, maka otomatis anda akan mencetak SPTJM yang telah ada.

Perbedaan SPTJM pada menu dapodikdasmen yang dulu dengan yang sekarang ini adalah jika SPTJM dulu kita harus mendownloadnya terlebih dahulu dalam bentuk (PDF) baru dicetak, berbeda dengan yang sekarang ini karena kita bisa mencetaknya langsung tanpa harus mendownloadnya terlebih dahulu.

Demikianlah apa yang dapat saya tuliskan tentang cara mencetak Surat Pernyataan Pertanggung Jawaban Mutlak (SPTJ) dapodik, semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan atau kekeliruan di dalam penulisan.  

Posting Komentar untuk " √ Cara mencetak Surat pernyataan pertanggung jawaban mutlak (SPTJM) Dapodik terbaru"