Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SOLUSI UNTUK MENGATASI INTERNET LAMBAT SAAT SINKRONISASI DAPODIK 2021 C

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Aplikasi Dapodik untuk Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 sudah dirilis dengan versi Dapodik 2021.c dan berbentuk installer. Dan yang perlu sahabat ketahui perbedaan antara bentuk installer dengan patch (updater) adalah:

  1. Jika aplikasi dapodik yang dirilis dalam bentuk Installer, maka kita diharuskan untuk melakukan uninstall pada aplikasi dapodik terdahulu dan install ulang dapodik dengan Prefill atau tidak saat Registrasi
  2. Jika aplikasi dapodik yang dirilis dalam bentuk Patch (Updater), maka kita tidak perlu melakukan uninstall pada aplikasi dapodik yang ada. Jadi tinggal install saja langsung maka otomatis aplikasi dapodik yang ada berubah versinya kepada yang terbaru

Dan perbedaan antara keduanya adalah dari segi ukura, biasanya untuk versi installernya memiliki ukuran sekitar 80 MBan lebih, sedangkan untuk patch (updater) sekitar 20 – 25 MB an.

Nah, jadi sudah jelaskan perbedaan antara aplikasi dapodik versi Installer dengan yang versi Patch (Updater)!!!!

Ops…..kita kembali lagi ke topik utama ya sahabat Operator Sekolah sekalian dimana pun berada yaitu tentang solusi untuk mengatasi internet lambat saat sinkronisasi dapodik versi 2021.c berlangsung.

Apakah sahabat Opearator Sekolah sudah melakukan instalasi aplikasi dapodik untuk semester genap ini di tahun pelajaran 2020/2021?

Jika belum melakukan instalasi, maka segeralah install aplikasi dapodiknya sebab menurut info batas untuk penerikan data bagi siswa yang diusulkan untuk PIP adalah tanggal 15 Februari 2021 ini. Oleh sebab itu sekolah setidaknya sudah melakukan sinkronisasi dapodik sebelum tanggal tersebut.

Jika sahabat sekalian sudah melakukan instalasi aplikasi dapodik untuk semester genap, lalu apakah pengerjaannya sudah mencapai 100%? Biasanya pengerjaan mencapai 100% apabila tidak ada lagi datayang Invalid pada aplikasi dapodik, sehingga sinkronisasi bisa dilakukan.

Sinkronisasi dapodik versi 2021.c di semester genap ini sangat sulit dilakukan dengan berbagai keterangan, diantaranya:

1. Internet lambat atau koneksi lambat

2. Proses sinkronisasi sedang berjalan, harap ditunggu

3. Tidak terhubung ke server padahal internet ON

4. Sinkronisasi tidak mencapai 100%

5. Menu sinkronisasi tidak ada dan yang ada hanya menu tarik data saja

Dan yang paling umum terjadi adalah INTERNET LAMBAT atau KONEKSI LAMBAT ketika sedang melakukan sinkronisasi dapodik

Lalu…..mengapa hal ini bisa terjadi?

Menurut saya hal tersebut terjadi lantaran disebabkan beberapa faktor, diantaranya:

  1. Koneksi internet di tempat tinggal sahabat sekalian sedang mengalami gangguan
  2. Server sedang down dikarenakan banyaknya yang melakukan sinkronisasi secara bersamaan, coba bayangkan jika yang melakukan sinkronisasi seluruh sekolah yang ada di Indonesia bagaimana traffic tidak penuh dan server tidak down. Yang satu kabupaten aja sinkron secara bersamaan sudah susah, apalagi seluruh Indonesia. Berat bro……
  3. Melakukan sinkronisasi dijam-jam yang trafik penggunaan internet meningkat

Lantas bagaimana solusi untuk mengatasinya sehingga sinkronisasi bisa dilakukan?

Solusi Untuk Mengatasi Internet Lambat Saat Sinkronisasi Dapodik 2021.C

Ada beberapa solusi yang dapat saya tuliskan agar sahabat sekalian berhasil mengatasi Internet Lambat saat ingin melakukan sinkronisasi dapodik, diantaranya:

Pertama, Sahabat bisa menggunakan VPN atau add-on dari pihak ketiga yang ada pada store google chrome. Add-on tersebut dapat berupa penambahan eksestensi yang bernama Anonymox. Anonymox merupakan add-on yang dapat ditambahkan dari store google chrome, yang mana aplikasi ini berguna untuk melakukan sinkronisasi dapodik dan juga untuk membuka situs-situs yang diblokir oleh pihak google. Dan yang perlu diketahui bahwa aplikasi tersebut merupakan aplikasi dari luar negeri yang tentunya ID Penggunanya berbeda. Jika sahabat sekalian ingin menggunakan aplikasi ini, saya akan tuliskan caranya:

  1. Silahkan tulis di google Web Chrome History
  2. Lalu pada menu pencarian ketik “Anonymox”
  3. Jika aplikasi sudah muncul, silahkan download dan eksestensikan langsung dengan google chrome. Maka otomatis nanti aplikasi akan muncul pada bagian pojok kanan atas di google chrome
  4. Atau anda bisa langsung download di google chrome, dengan memilih eksestensi lalu ketik anonymox dan kemudian pasang
  5. Anda bisa mengaktifkan atau menonaktifkan aplikasi tersebut.

Catatan: Saya tidak terlalu menyarankan sahabat sekalian untuk menggunakan aplikasi tersebut, oleh sebab aplikasi tersebut berasal dari pihak luar sedangkan yang kita lakukan adalah mengerjakan data yang sangat penting bagi sekolah sendiri. Berhati-hati agar tidak terjadi kesalahan yang fatal kan lebih baik untuk dilakukan, tapi jika sahabat yakin 100% aplikasi tersebut aman dan dapat digunakan ya…..apa boleh buat.

Kedua, sahabat sekalian bisa melakukan sinkronisasi di jam-jam yang pengguna internet tidak terlalu banyak, yaitu di waktu pagi sekitar pukul 06:00 hingga pukul 07:00. Dan ini yang sering saya lakukan, yaitu sinkronisasi diwaktu pagi hari. Hasilnya pun bagus dengan keterangan Sinkronisasi Berhasil dilakukan, sebelum melakukan sinkronisasi alangkah baiknya sahabat sekalian untuk bisa melakukan Clear History terlebih dahulu agar sampah-sampah sisa internet bisa dibersihkan.

Catatan: Saya lebih menyarankan untuk melakukan sinkronisasi dapodik pada waktu dimana pengguna internet tidak terlalu padat, yaitu diwaktu “Pagi Hari”.

Itulah tadi 2 poin penting yang dapat saya tuliskan untuk dapat mengatasi Internet Lambat saat ingin melakukan Sinkronisasi aplikasi dapodik dan sahabat sekalian dapat mencobanya, semoga sinkronisasi berhasil dilakukan. Dan jika ada solusi lain untuk mengatasi Internet Lambat saat ingin melakukan sinkronisasi dapodik, maka sahabat bisa menuliskannya di kolom komentar yang berada dibagian bawah artikel ini.

Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada, terlebih lagi bagi para sahabat Operator Sekolah dimanapun berada. Apabila terdapat kesalahan didalam penulisan artikel ini mohon sekiranya untuk memaklumi serta memaafkannya.

1 komentar untuk " SOLUSI UNTUK MENGATASI INTERNET LAMBAT SAAT SINKRONISASI DAPODIK 2021 C"