Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MEMBUAT JADWAL PELAJARAN PADA EMIS SEMESTER GENAP TAHUN 2021

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Semester II ditahun pelajaran 2020/2021 sudah berjalan hampir 1 bulan lamanya, dan tentu sudah ada pembagian tugas mengajar yang diberikan oleh kepala sekolah masing-masing. Mungkin saja di semester genap ini ada guru yang memegang kelas berbeda dengan semester ganjil kemarin, tanpa terkecuali guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang tidak bisa ditukar atau diganti dengan guru kelas lainnya.

Seorang guru pelajaran Agama Islam tidak hanya mengajar, memberikan tugas, memberikan praktek (seperti shalat, berwudhu, bacaan Al-Qur’an) di dalam kelas, melainkan juga harus membuat jadwal pelajaran yang dimilikinya pada website yang telah disediakan.

Oh,,,ya, khusus untuk guru mata pelajaran Agama Islam terdapat 2 (dua) website utama yang mesti dimiliki, yaitu website EMIS PENDIS PAI dan juga SIAGA PENDIS. Kedua website tersebut khusus untuk guru Agama Islam yang berada pada satuan pendidikan NEGERI, meskipun ada juga website dengan nama SIMPATIKA. Hanya saja untuk website SIMPATIKA ini digunakan untuk sekolah-sekolah yang berada dibawah naungan atau bimbingan KEMENAG atau DEPAG yang ada di kabupaten masing-masing. Jika ada website lain yang bisa digunakan untuk guru Agama Islam, silahkan tuliskan di kolum komentar dibagian bawah artikel ini!

Nah, jadi sesuai dengan judul yang telah dituliskan dibagian atas, maka hal yang akan kita bahas adalah Cara Membuat Jadwal Pelajaran Semester Genap pada website EMIS PENDIS. Bapak/Ibu sekalian tentu sudah memiliki jadwal pelajarannya masing-masing serta memiliki akun masing-masing untuk login. Jika Bapak/Ibu belum memiliki akun EMIS PENDIS, maka sebaiknya segara berkoordinasi dengan Operator Pendataan Kemenag atau Depag Kabupaten setempat.

Dan untuk pembuatan akun agar bisa login pada website EMIS PENDIS syarat utamanya adalah data personal atau pribadi kita terekam pada aplikasi DAPODIK. Menurut informasi yang saya dapatkan bahwa EMIS PENDIS terhubung dengan aplikasi DAPODIK yang digunakan oleh setiap sekolah Negeri, maka dari itu jika data pribadi kita belum terekam pada aplikasi DAPODIK segeralah meminta solusi kepada pihak yang meanangani permasalahan tersebut. Jika Bapak/Ibu baru saja bertugas sebagai Guru Agama Islam, belum terekam pada aplikasi DAPODIK dan tidak memiliki akun EMIS PENDIS maka jangan berkecil hati, tetap semangat bekerja dan mencerdaskan anak didik terutama dibidang Agama Islam.

Bagi yang sudah memiliki akun EMIS PENDIS dan ingin mengisi jadwal pelajaran di semester genap ini, silahkan ikuti langkah berikut!!!!!

A. Cara Membuat Jadwal Pelajaran Pada EMIS Semester Genap Tahun 2021

Bapak/Ibu dapat melakukannya secara mandiri untuk pembuatan jadwal pelajaran ini tanpa adanya operator sekolah yang membantui, adapun langkah-langkah yang digunakan antara lain:

  1. Silahkan klik link berikut ini: http://emispendis.kemenag.go.id/emis_pai/dashboard/persebaran/Guru
  2. Pilih Login yang ada dibagian pojok kanan atas
  3. Silahkan isi username dan paswordnya. Untuk username yang digunakan adalah NIK guru agama islam masing-masing dan untuk password biasanya diberikan oleh operator Kemenag atau Depag Kabupaten setempat
  4. Jika berhasil login silahkan isi data pribadi Bapak/Ibu sekalian, mungkin saja ada pembaruan terhadap data yang dimiliki, misalnya kenaikan pangkat, jabatan atau sebagainya.
  5. Sebelum mengisi jadwal pelajaran, anda pilih menu tambah (+) kemudian silahkan upload berkas untuk semester Genap. Berkas yang digunakan adalah Surat Pembagian Tugas Mengajar Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 dalam bentuk PDF.
  6. Selanjutnya jika sudah upload berkas, silahkan pilih menu jadwal yang muncul pada data semester Genap dan isi data yang dimiliki, misalnya kelas berapa, jumlah rombel ada berapa, jumlah murid laki-laki dan perempuan berapa, kurikulum yang digunakan apa, jumlah waktu pembelajaran berapa, dan terakhir pilih SUBMIT.
  7. Jika sudah selesai mengisi silahkan download hasilnya untuk di upload ulang setelah mendapatkan TTD Kepala Sekolah dan Pengawas Korwil setempat.
  8. Untuk mendownload hasil isian, silahkan pilih menu profil dan pada bagian atas akan terlihat link sebagai berikut: http://emispendis.kemenag.go.id/emis_pai/ptk_profile
  9. Pada link yang ada di poin nomor 8, kata profile diganti dengan rekap maka otomatis kursur akan berubah kepada menu rekap hasil isian tersebut. Selanjutnya silahkan cetak sesuai dengan keinginan Bapak/Ibu.

Nah, itulah langkah-langkah yang bisa Bapak/Ibu ikuti untuk mengisi jadwal pelajaran pada website EMIS PENDIS Tahun Pelajaran 2020/2021. Adapun cara upload berkas yang sudah di TTD Kepsek dan Pengawas Korwil, yaitu:

B. Cara Upload Berkas Jadwal Pelajaran untuk EMIS PENDIS

Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan upload berkas:

  1. Silahkan Bapak/Ibu scan terlebih dahulu lembaran berkas yang sudah di TTD tersebut secara berurutan dalam bentuk PDF, Bapak/Ibu bisa menggunakan aplikasi CAMSCANNER untuk melakukan Scan apabila menggunakan Handphone berbasis android
  2. Silahkan login ulang pada website EMIS PENDIS, lalu geser garis yang ada dibagian sebelah kiri hingga sampai kebagian bawah
  3. Maka akan terdapat 2 buah menu, yaitu menu upload berkas dan menu konfirmasi. Silahkan pilih menu upload berkas dan cari letak berkas yang telah di scan tadi kemudian pilih SIMPAN atau SUBMIT
  4. Terakhir pilih KONFIRMASI apabila sudah yakin bahwa data yang di upload memang benar

Setelah poin nomor 4 dilakukan maka tuas Bapak/Ibu telah selesai dilakukan untuk EMIS PENDIS.

Itulah tadi cara membuat jadwal pelajaran dan cara upload berkasnya, semoga artikel yang sederhana ini bermanfaat dan dapat membantu Bapak/Ibu Guru Agama Islam dimana pun berada. Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan mohon maaf sebesar-besarnya.    

Posting Komentar untuk "CARA MEMBUAT JADWAL PELAJARAN PADA EMIS SEMESTER GENAP TAHUN 2021"