Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solusi Untuk Mengatasi Akun PTK Pada Pembelajaran Yang Kosong

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Akun PTK yang di dapatkan pada laman pd.data.kemdikbud.go.id sangatlah bermanfaat, terutama bagi seorang PTK dalam memberikan pembelajaran kepada siswa di masa pandemi sekarang ini.

Akun PTK dapat dimanfaatkan untuk mengakses layanan-layanan dari Google yang bisa dimanfaatkan sebagai wadah atau sarana untuk pembelajaran kepada siswa. Layanan yang dapat dimanfaatkan seperti Google Classroom, Google Meet, Google Formulir atau google form, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Adapun manfaat dari layanan google classroom, meet, formulir atau google form adalah:

  1. Google Classroom berfungsi untuk membuat suatu kelas pembelajaran berbasis digital, siswa dapat menerima dan memberikan laporan tugas pembelajaran yang diberikan oleh gurunya.
  2. Google Meet dapat dimanfaatkan sebagai wadah untuk memberikan pembelajaran secara daring kepada siswa layaknya pembelajaran tatap muka di kelas
  3. Google formulir atau google form bisa dimanfaatkan oleh Guru atau PTK untuk membuat tugas-tugas sesuai dengan pembelajaran yang disampaikan, kemudian memberikan linknya agar siswa dapat mengaksesnya dan memberikan tanggapan terhadap tugas yang diberikan

Sebelum dapat mengakses seluruh layanan tersebut, seorang guru atau PTK diharuskan untuk mendownload akun pembelajaranyang telah dibuatkan oleh pihak google sebelumnya melalui laman pd.data.kemdikbud.go.id

Langkah sebelum menggunakan akun PTK untuk pembelajaran, yaitu:

  1. Anda dapat mendownload akun PTK pada pd.data.kemdikbud.go.id
  2. Login menggunakan akun dapodik yang telah di daftarkan pada sdm.data.kemdikbud.go.id
  3. Tuliskan NPSN pada kolom pencarian, jika nama sekolah sudah muncul silahkan di Klik
  4. Kemudian pilih Akun, lalu klik akun PTK, maka file otomatis akan terdownload dalam bentuk “csv” 
  5. Jika akun PTK telah didapatkan selanjutnya silahkan update password akun PTK tersebut pada link mail.google.com
  6. Password baru minimal 8 karakter yang terdiri dari huruf kapital, huruf kecil dan juga angka
  7. Setelah password berhasil diupdate maka anda dapat menggunakan layanan pembelajaran google yang terintegrasi dengan Kemendikbud

Pada langkah diatas bagi yang akun PTK nya muncul atau ada, sedangkan yang menjadi permasalahan adalah akun PTK pada pembelajaran kosong atau tidak ada. Untuk itu lah pada artikel kali ini saya akan memberikan solusi untuk mengatasi akun PTK pada pembelajaran yang kosong dan anda pun dapat mencobanya. Semoga berhasil!!!!!!

Solusi Untuk Mengatasi Akun PTK Pada Pembelajaran Yang Kosong

Banyak teman-teman saya yang menanyakan mengapa akun PTK nya kosong setelah didownload, padahal telah berhasil login pada laman pd.data.kemdikbud.go.id dan juga waktu untuk mendownloadnya pun ketika trafik pengunjung internet tidak terlalu padat.

Mengenai permasalahan ini hanya satu pertanyaan yang saya berikan yaitu “apakah akun untuk login pada verval sama dengan akun dapodik”? Dan jawabannya pun serempak mengatakan bahwa akun untuk login pada verval BERBEDA dengan akun untuk dapodik.

Nah, hal itu lah yang menyebabkan akun PTK kosong sebab data yang ada pada aplikasi dapodik tidak terekap pada akun pembelajaran, terlebih ini untuk sekolah yang menggunakan akun terbaru untuk dapodik.

Jadi, jika sekolah anda menggunakan akun terbaru untuk dapodik maka lakukanlah hal berikut ini:

  1. Silahkan daftarkan akun dapodik terbaru pada sdm.data.kemdikbud.go.id
  2. Pilih menu anggota, pilih operator sekolah kemudian registrasi
  3. Upload SK tugas operator sekolah
  4. Tunggu aktivasi antrian akun (minimal 3 hari setelah pendaftaran)

Setelah aktivasi berhasil silahkan download ulang akun PTK seperti hal nya langkah pertama diatas dengan menggunakan akun yang sama persis dengan akun dapodik yang baru saja didaftarkan tadi dan yang perlu diingat ketik NPSN hingga muncul nama sekolah, kemudian klik dan download ulang akun PTK untuk kegiatan pembelajaran. Seharusnya sampai disini akun PTK yang kosong sudah bisa diatasi.

Ada satu pertanyaan lagi dari teman saya, yaitu “akun PTK nya sudah ada tapi password untuk akun PTK tersebut tidak muncul, bagaimana solusinya”?

Penyebab dari permasalahan tersebut adalah kita langsung mendownload akun PTK yang bersangkutan dan tidak menuliskan NPSN hingga muncul nama sekolah sendiri, sehingga data yang tampil kurang lengkap. Jadi, solusi terbaiknya adalah sebelum mendownload akun PTK silahkan tuliskan terlebih dahulu NPSN pada menu pencarian setelah muncul nama sekolah silahkan di klik dan download akun PTK.

Dan maksud akun PTK pada pembelajaran ini yaitu pada website pd.data.kemdikbud.go.id

Semoga artikel tentang Solusi Untuk Mengatasi Akun PTK Pada Pembelajaran Yang Kosong bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada, semoga anda dapat memahaminya dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami.  

Post a Comment for "Solusi Untuk Mengatasi Akun PTK Pada Pembelajaran Yang Kosong"