Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Instal Aplikasi Dapodik Versi 2022 Untuk Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….

Bertepatan dimalam Idul Adha 1442 H tertanggal 19 Juli 2021 telah resmi dirilis aplikasi dapodik versi 2022 yang nantinya akan digunakan selama semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022/

Berita rilisnya aplikasi dapodik versi 2022 ini dapat dilihat melalui laman resmi https://dapo.kemdikbud.go.id/unduh 

Namun, sebelum membahas tentang cara install aplikasi dapodik versi 2022 untuk tahun pelajaran 2021/2022 yang akan digunakan oleh setiap satuan pendidikan dari jenjang SD hingga SMA/SMK, terlebih dahulu mimin  ingin mengucapkan “Minal aidin wal faizin (mohon maaf lahir dan bathin)” untuk seluruh kaum muslimin yang ada didunia dan terlebih-lebih lagi bagi kaum musliman yang ada di negara tercinta ini yaitu Indonesia.

Dan pada kesempatan kali ini mimin akan menuliskan langkah yang harus dilakukan untuk melakukan penginstalan aplikasi dapodik versi 2022 secara baik dan lancar. Sebelum melakukan penginstalan aplikasi dapodik versi 2022, ada beberapa poin penting yang harus anda ketahui, diantaranya:

  1. Cut off untuk program BOS Reguler pada jenjang SD, SMP, SMA dan SMK akan dilakukan pada tanggal 31 Agustus 2021. Itu artinya sebagai seorang petugas pendataan yang memiliki peran penting untuk pengerjaan aplikasi dapodik harus melakukan pengerjaan secepatnya dan ada melakukan sinkronisasi aplikasi dapodik sebelum batas cut off BOS Reguler berakhir.
  2. Cut off untuk program BOP tahap 2 pada jenjang PAUD (TK,KB, TPA, SPS) dan kesetaraan (SKB/PKBM) dilakukan pada tanggal 30 September 2021
  3. Untuk aplikasi dapodik versi 2022 ini kita dianjurkan untuk mengganti password dapodik lama dengan password yang baru. Pembuatan password dapodik yang baru harus mengandung minimal  8 karakter seperti, mengandung huruf besar A – Z, mengandung huruf kecil a – z, mengandung angka 0 – 9, dan mengandung tanda baca yang sesuai ketentuan ( @, #, *, !, ?, &). Dan perlu diketahui bahwa untuk password pada aplikasi dapodik versi 2022 ini tidak mesti harus sama atau sesuai dengan password email yang sebenarnya.

Nah, itulah 3 poin penting yang harus kita perhatikan sebelum mengerjakan aplikasi dapodik versi 2022 untuk tahun pelajaran 2021/2022. Jika ada poin penting mengenai aplikasi dapodik versi 2022 ini yang diketahui oleh anda agar sekiranya berkenan untuk menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel.

Berikut langkah atau cara melakukan instal pada aplikasi dapodik versi 2022:  

Cara Instal Aplikasi Dapodik Versi 2022 Untuk Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022

Perlu diketahui bahwa aplikasi dapodik versi 2022 yang dirilis berupa INSTALLER, itu artinya kita harus melakukan unstal pada aplikasi dapodik terdahulu sebelum melakukan instal aplikasi dapodik terbaru versi 2022.

Kemudian anda juga perlu mendownload GENERATE PREFILL terlebih dahulu untuk nantinya digunakan saat registrasi aplikasi dapodik versi 2022. 

Berikut cara atau langkah untuk melakukan instal pada aplikasi dapodik versi 2022, yaitu:

Pertama, Yang harus dilakukan adalah mendownload aplikasi dapodik pada link: https://dapo.kemdikbud.go.id/unduh atau download langsung aplikasi dapodik versi 2022 pada bagian bawah artikel ini.

Kedua, Selanjutnya anda download juga prefill dapodiknya pada link https://dapo.kemdikbud.go.id/unduh, lalu pilih DATA PREFILL dan selanjutnya silahkan download prefill berdasarkan provinsi satuan pendidikan anda, dan pastikan ukuran prefillnya ± 2 mb. 

Ketiga, Setelah semuannya sudah terdownload, lakukan uninstall pada aplikasi dapodik yang terpasang di laptop anda, yaitu dapodik versi 2021 e.

Keempat, Setelah uninstall aplikasi dapodik selesai, silahkan lakukan restart pada laptop dan bersabarlah menunggu hingga proses restart selesai.

Kelima, Setelah laptopnya kembali menyala, coba anda cek pada “Local Disk (C:)” pilih folder program files atau bisa juga pilih program files (x86), lihat apakah disana ada folder dengan nama “Dapodik”, jika ada silahkan di cut folder tersebut dan letakkan di sembarang tempat, kemudian delate. Jika tidak bisa di delate, sekali lagi restart laptop anda, tunggu sampai selesai restart dan jika sudah hidup kembali laptopnya, cari folder dengan nama “Dapodik” tadi dan delate. Jika sudah berhasil kita lanjutkan kembali tahap penginstalan aplikasi dapodik yang baru ya..

Keenam, Pilih aplikasi dapodik yang sudah didownload tadi, kemudian letakkan di Local Disk (C:), klik kanan aplikasi pilih Run as administrator atau bisa juga langsung double klik pada aplikasi, dan lakukan penginstalan. Bersabarlah kembali menunggu hingga aplikasi dapodik terbaru selesai terinstal dan jangan coba-coba klik cancel jika dapodik terbaru belum selesai terinstal.

Ketujuh, Jika sudah selesai menginstal aplikasi dapodik versi 2022, maka akan muncul folder dengan nama ZIP dan folder dengan nama PREFILL_DAPODIK

Kedelapan, Pilih prefill yang telah didownload sebelumnya kemudian letakkan pada folder dengan nama prefill_dapodik tersebut. Kemudian lakukan registrasi dengan cara menuliskan kode registrasi sekolah, email dan pasword yang akan digunakan untuk login pada aplikasi dapodik dan pilih offline, kemudian terakhir pilih submite. Dan untuk registrasi awal ini masih menggunakan password dapodik terdahulu, setelah berhasil instal dan registrasi aplikasi dapodik barulah diganti dengan password yang baru untuk login pada aplikasi dapodik versi 2022.

Kesembilan, Tunggu hingga selesai dan dapodik versi 2022 untuk semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 telah siap untuk digunakan. 

Catatan: Setalah berhasil instal dan registrasi aplikasi dapodik versi 2022, silahkan login pada aplikasi dapodik maka akan muncul menu untuk merubah password dapodik lama dengan yang baru, untuk password dapodik yang baru menggunakan karakter sesuai dengan yang telah dituliskan diatas.  Adapun contoh password dapodik yang baru, misalnya Pangeran123@, Pangeran445#, Pangeran100& dan sebagainya. Untuk password ini mending menggunakan karakter yang mudah diingat

Demikianlah cara instal aplikasi Dapodik versi 2022 untuk semester ganjil tahun pelajaran 2021/22, semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahamai.

Download Aplikasi Dapodik versi 2022 langsung disini

Download Prefill Dapodik versi 2022 langsung disini

Download Panduan Aplikasi Dapodik versi 2022 langsung disini

Post a Comment for "Cara Instal Aplikasi Dapodik Versi 2022 Untuk Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022"