Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Sebelum Membeli Laptop Agar Tidak Menyesal

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….

Menurut Wikipedia laptop merupakan komputer pribadi yang memiliki ukuran kecil dan ringan sehingga dapat dibawa kemana saja lalu bisa digunakan kapan pun bila perlu. Di jaman seperti sekarang ini laptop menjadi hal pokok dan utama didalam berbagai bidang, misalnya di kantor sangat memerlukan laptop untuk persentasi dan juga memulai pekerjaan, di sekolah juga memerlukan laptop sebagai alat bantu dalam kegiatan administrasi maupun keperluan lainnya, lalu untuk kegiatan jual-beli juga memerlukan laptop guna memenuhi kepentingan tertentu.

Lantas mengapa harus laptop yang lebih sering digunakan dijaman seperti sekarang ini?

Menurut mimin hal itu dikarenakan laptop lebih praktis untuk digunakan dan dibawa kemanapun yang kita mau, selain itu program yang ada pada laptop sama dengan program yang ada pada komputer.  

Inilah salah satu dampak dari perkembangan jaman yaitu berkembangnya teknologi dari masa ke masa seperti halnya laptop yang sering kita jumpai tersebut. Dan bagi anda yang ingin membeli laptop baru, disini mimin akan memberikan 5 tips yang bisa dipertimbangkan sebelum melakukan pembelian dengan tujuan agar tidak menyesal dikemudian hari dan jika anda mengetahui tips yang lainnya agar sekiranya berkenan untuk menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini.  

5 Tips Sebelum Membeli Laptop Agar Tidak Menyesal         

Adapun 5 tips sebelum membeli laptop agar tidak menyesal, diantaranya:

1) Pilih system operasi yang ada pada laptop

Iya, operasi system ini sangat perlu kita perhatikan ketika ingin membeli laptop baru dan yang kita ketahui bahwa didalam sebuah operasi system laptop itu terdapat 3 istilahyang digunakan, yaitu:

Operasi system dengan Window 7

Operasi system dengan Window 8

Operasi system dengan Window 10

Untuk operasi system window 7 dan window 8 merupakan keluaran terdahulu, sedangkan untuk window 10 merupakan keluaran terbaru dan ini yang sering dicari oleh orang karena menyesuaikan dengan keperluan dilapangan.

Jadi, jika anda ingin membeli laptop baru maka mimin saranin untuk mencari laptop dengan operasi system window 10. Hal ini dikarenakan isi dari window 10 itu sangat komplet dan bahkan setiap program yang ingin diinstal atau dijalankan memiliki standar khusus, yaitu minimal jenis tipe operasi system yang digunakan adalah window 10.

Lalu untuk ukuran atau inci laptop itu sendiri, ya tergantung isi kantong anda-anda semua. Hehehe….

Semakin besar ukuran atau inci laptop maka semakin besar pula biaya yang diperlukan untuk membawanya pulang kerumah.      

2) Tentukan kapasitas yang ada pada laptop

Pada poin nomor 2 ini adalah memilih kapasitas yang ada pada laptop, yaitu besaran Random Access Memory (RAM). Yang mana RAM ini memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan data yang sifatnya sementara dan berfungsi ketika perangkat sedang aktif atau dijalankan.

Dan standarnya laptop itu memiliki RAM 2 GB hingga 4 GB, adapun slot tempat RAM berada yang ada pada laptop terdapat 2 bagian dan 1 bagian terisi sedangkan 1 bagian lainnya masih kosong. Sehingga dengan begitu anda bisa saja membeli dan mengisikan 1 slot tempat RAM berada jika perlu atau membiarkannya tetap kosong itu sah-sah saja.

Namun seiring berjalannya waktu untuk kapasitas RAM yang ada pada laptop ini semakin meningkat, yaitu adanya RAM dengan kapasitas 8 GB dan RAM dengan kapasitas 16 GB.

Tentu laptop dengan kapasitas RAM yang besar itu sangat bagus dibandingkan dengan laptop dengan kapasitas RAM kecil, namun disini kita kembali sesuai dengan harga dan sudah tentu pasti laptop dengan kapasitas RAM yang besar cukup mengurus isi kantong anda.

Jadi, alternatif yang bisa dipilih adalah dengan membeli laptop yang memiliki kapasitas RAM sekitar 4 GB an dan itu sudah lumayan cukup untuk digunakan.  

3) Pertimbangkan daya batrainya

Saat ingin membeli laptop baru maka pertimbangkanlah daya batrai yang digunakannya, biasanya untuk daya batrai ini sudah tertulis pada kotak kemasan laptop.

Mengapa daya batrai ini perlu dipertimbangkan saat ingin membeli laptopbaru?

Sebab menurut mimin daya batrai ini dapat mengukur sejauh mana laptop dapat digunakan setelah di charger hingga penuh, apakah laptop tersebut tahan selama 8 jam setelah terisi penuh atau hanya mampu bertahan 1/2 jam saja setelah terisi penuh.

Anda bisa membayangkan misalnya saat melakukan persentasi dikantor, dikelas atau ditempat kerja, tiba-tiba laptop mati saat pemakaian tentu hal seperti ini tidak kita inginkan dan terlebih-lebih lagi disaat penting.

Jadi, dengan demikian tentu laptopyang baik untuk dimiliki adalah laptop dengan daya batrai yang kuat, mumpuni dan juga tahan lama.  

4) Pertimbangkan spesifikasi laptop

Spesifikasi laptop ini sangat penting dilakukan, hal ini dikarenakan saat menjalankan laptop tentu ada beberapa program yang harus diinstal. Ketika melakukan penginstalan tentu memerlukan kapasitas penyimpanan yang cukup besar.

Jangan sampai jumlah program yang digunakan itu lebih besar dibandingkan dengan spesifikasi yang dimiliki laptop dan ini yang dapat membuat laptop cepat error atau loading sangat lama.

Tentunya laptop dengan spesifikasi tinggi maka akan mampu menjalankan program dengan baik dan juga lancar. Kita juga dapat menginstal berbagai program ketika laptop yang dimiliki kapasitasnya besar dan bahkan jika laptop yang dibeli memiliki spesifikasi yang baik maka kita akan mampu menjalankan game PC yang memiliki ukuran besar sekalipun. 

5) Pertimbangkan merek atau brand laptop

Dan poin yang nomor 5 atau terakhir ini yang dapat mimin tuliskan adalah merek atau brand laptop yang diinginkan. Kita tahu bahwa beragam merek laptop beredar dipasaran, seperti misalnya:

Laptop dengan merek Dell

Laptop dengan merek Apple

Laptop dengan merek Asus

Laptop dengan merek HP

Laptop dengan merek Lenovo

Laptop dengan merek Acer

Laptop dengan merek Toshiba, dan sebagainya

Merek laptop ini sangat beragam jenisnya, ada yang merek terdahulu seperti halnya Acer, Toshiba dan ada laptop dengan merek terbaru seperti halnya Dell atau Apple. Jadi, untuk merek laptop ini mimin menyarankan untuk membeli sesuai dengan operasi system, kapasitas penyimpanan, daya batrai dan spesifikasinya. Sesuaikan dengan keinginan hati dan juga isi kantong anda sendiri pingin memiliki yang mana, kalau ditanya yang manakah yang paling bagus tentu semua itu bagus hanya saja yang membedakannya adalah operasi system, kapasitas penyimpanan, daya batrai, spesifikasi dan juga yang lainnya.   

Nah, mungkin itu saja apa yang dapat mimin tuliskan tentang 5 Tips Sebelum Membeli Laptop Agar Tidak Menyesal, semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami. Dan jika anda mempenyuai tips lainnya tentang laptop yang akan dibeli, maka agar sekiranya berkenan untuk menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini.

Post a Comment for "5 Tips Sebelum Membeli Laptop Agar Tidak Menyesal"