Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Trik Jitu Merawat Mesin Printer Agar Lebih Awet

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….

Printer menjadi hal pokok yang harus ada disetiap ruangan untuk membantu menyelesaikan suatu pekerjaan. Printer merupakan suatu alat atau mesin untuk mencetak berbagai macam dokumen sesuai dengan yang kita inginkan.

Seiring berkembangnya teknologi jenis-jenis printer pun mulai berkembang dengan versi-versi terbarunya. Untuk harganya pun beraneka ragam sesuai dengan merk, type dan jenis printer yang ingin konsumen beli.

Mungkin bagi sebagian orang awam printer masih tidak terlalu berguna, tetapi bagi yang sudah mulai memasuki dunia kerja maka mesin printer menjadi salah satu yang harus dimiliki meskipun dengan merk dan jenis yang standar.

Secara konsep antara satu jenis printer dengan jenis printer lainnya itu sama saja, terdiri dari tempat meletakkan kertas, cartridge, alat pencetak tulisan dibagian dalam printer, dan komponen lainnya. Lalu yang membedakannya adalah adanya mesin printer yang sudah dilengkapi dengan berbagai fungsi lainnya, misalnya dilengkapi dengan alat untuk fotocopy, dapat melakukan scanner langsung, tempat tinta yang lebih praktis dan fleksibel.

Mesin printer yang telah dimiliki bisa saja mudah rusak atau tergolong tidak awet apabila tidak dirawat dengan baik, kalau sudah mengalami kerusakan tentu ada biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaikinya dan selain itu bisa saja harus mengeluarkan isi tabungan untuk membeli mesin printer yang baru.

Untuk mengatasi hal itu, disini mimin akan memberikan 5 trik jitu untuk merawat mesin printer agar lebih awet, dan jika anda mengetahui trik atau tips lainnya maka agar sekiranya berkenan untuk menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini.

5 Trik Jitu Merawat Mesin Printer Agar Lebih Awet

Berikut tips atau trik untuk merawat mesin printer agar lebih awet, dan tips ini ditujukan tidak hanya untuk satu jenis printer saja melainkan untuk semua jenis mesin printer. Berikut trik merawat mesin printernya:

1) Jangan isikan tinta terlalu penuh

Jika mesin printer yang anda miliki menggunakan cartridge dengan isi tinta didalamnya, maka saat melakukan pengisian ulang tinta jangan terlalu penuh. Hal ini dapat menyebabkan isi tinta mengalami kebocoran dibagian bawah cartridge atau bahkan isi tinta dapat keluar dari lobang pengisian tinta yang berada dibagian atas cartridge.

Jika isi tinta bocor terutama untuk cartridge warna tentu ini akan dapat merusak hasil cetakkan sebab antara satu warna dengan warna lainnya tercampur menjadi satu. Kalau sudah tercampur jadi satu maka hal terbaik yang bisa dilakukan adalah membeli cartridge warna yang baru lagi, dan untuk harganya pun lumayan mahal sesuai dengan jenis atau type printer yang dimiliki.

Oleh sebab itu, ketika ingin mengisi ulang tinta printer maka gunakan ukuran yang ada pada alat untuk mengisikan tinta (suntikan tinta). Yang perlu diingat jangan sampai mengisikan tinta printer terlalu penuh.

2) Memilih tinta printer yang terbaik

Tentu tinta printer yang terbaik adalah tinta printer dengan kualitas yang baik pula, hal ini dikarenakan setiap tinta printer yang dijual dipasaran memiliki tingkat kekentalan yang berbeda-beda. Selain itu tinta printer yang ada didalam cartridge bisa saja mudah membeku apabila printer tidak sering digunakan.

Oleh sebab itu, bagi anda yang sudah ada mempunyai mesin printer agar sekiranya memperhatikan tinta yang akan digunakan untuk mengisi ulang. Anda bisa saja meminta saran dari teknisi printer untuk jenis tinta terbaik yang bisa digunakan atau menanyakan kepada pemilik toko tentang jenis-jenis tinta printer yang dijual, mulai dari yang standar hingga dengan yang berkualitas terbaik.

3) Tidak mencetak dengan jumlah yang sangat banyak

Untuk poin nomor3 iniperlu diperhatikan bagi pemilik mesin printer agar tidak mencetak suatu dokumen dengan jumlah yang sangat banyak sekaligus. Misalnya dalam satu file terdapat 100 halaman, karena ingin praktis langsung melakukan percetakan 100 halaman sekaligus sedangkan pemiliknya pergi melakukan aktivitas yang lain.

Dalam kasus diatas yaitu dengan mencetak langsung 100 halaman lebih baik dihindari, sebab ketika kita melakukan percetakan langsung sebanyak 100 halaman dan kita nya pergi begitu saja meninggalkan tempat mencetak, maka bisa saja ditengah-tengah percetakkan tinta printer habis sedangkan prosesnya terus berjalan. Dan inilah salah satu kejadianyang sering terjadi terlebih lagi bagi orang awam yang baru saja menggunakan printer.

Tinta yang sudah habis sedangkan proses percetakan masih berlangsung dapat mengakibatkan dampak buruk terhadap cartridge printer tersebut, maka bisa cartridge mengalami kerusakan sehingga harus menggantikannya dengan yang baru.

Jadi, solusi terbaik bagi anda yang ingin menrcetak 100 halaman dokumen dapat melakukan percetakan secara sedikit-sedikit, misalnya 10 halaman dulu, kemudian lanjut 10 halaman berikutnya, dan hingga akhirnya mencapai 100 halaman. Dengan mecetak secara sedikit-sedikit ini maka dapat menetralisir kerusakan pada printer terumata pada cartridge yang berfungsi, jika hasil cetakkan kurang tajam maka bisa saja mengisikan ulang tinta printer. Atau bisa saja memberikan ruang untuk printer di off kan beberapa waktu setelah melakukan percetakan beberapa dokumen.

4) Menjaga kebersihan mesin printer dari debu

Suara printer yang berbeda dari aslinya bisa saja diakibatkan oleh debu-debu yang menempal pada bagian-bagian dalam printer. Suara printer yang tidak enak didengar bisa dapat disebabkan karena adanya bagian dalam mesin printer yang mengalami kerusakan.

Dengan demikian bagi anda yang bisa membungkar bagian-bagian printer dengan tujuan membersihkannya dari debu atau benda lainnya maka lakukanlah. Mesin printer ini perlu dibersihkan minimal 1 bulan sekali atau 2 kali dalam sebulan. Selain itu untuk membersihkan bagian-bagian dari printer, tujuan lainnya adalah untuk melakukan pengecekan kelayakan komponen-komponen printer mulai dari kabel, tempat tinta, hingga yang lainnya.

5) Letakkan printer ditempat yang aman

Poin ke 5 yang bisa mimin tuliskan adalah letakkan printer ditempat yang aman, jauh dari jangkauan anak-anak dan tidak terkena langsung dengan sinar matahari. Anda bisa saja membuatkan tempat khusus untuk meletakkan printer beserta dengan penutupnya.

Printer sebaiknya dalam keadaan tertutup pada bagian peletakkan kertasnya, jangan sampai pada bagian peletakankertas tersebut terbuka begitu saja baik sedang digunakan ataupun tidak. Hal ini bertujuan agar tidak ada hewan atau benda yang termasuk kedalam mesin printer melalui celah tersebut, misalkan cecak bisa saja masuk kedalam bagian printer melalui tempat peletakkan kertas yang terbuka atau adanya benda lain berupa pensil/polpen yang termasuk kedalam printer melalui tempat peletakkan kertas tersebut.

Jadi, apabila selesai menggunakan printer sebaiknya tutup bagian peletakkan kertas dan letakkan ditempat yang aman.                     

Akhir Kata

Mungkin itu saja apa yang dapat mimin tuliskan tentang 5 Trik Jitu Merawat Mesin Printer Agar Lebih Awet, semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika ada kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami. 

Dan jika anda mempunyai tips atau cara lainnya dalam merawat mesin printer agar lebih awet, maka agar sekiranya berkenan berbagi dengan menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini.

Post a Comment for "5 Trik Jitu Merawat Mesin Printer Agar Lebih Awet"