Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cetak KIP Digital Untuk Siswa Penerima PIP

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Program Indonesia Pintar atau yang biasa disingkat dengan PIP merupakan suatu terobosan yang bertujuan untuk membantu siswa dalam mendapatkan layanan pendidikan semaksimal mungkin. PIP di prioritaskan untuk siswa yang kurang mampu atau dengan kata lain untuk siswa dari keluarga miskin/rentan miskin.

PIP yang diberikan kepada siswa berupa uang tunai yang bisa dicairkan melalui rekening bank pribadi milik siswa yang menerimanya. Adapun pencairan dana PIP untuk siswa ini biasanya per tahap setiap tahunnya, misalnya mulai dari tahap 1, tahap 2, tahap 3 dan seterusnya.

Tujuan diberikannya PIP ini kepada siswa yang kurang mampu adalah untuk menghindarkan siswa dari yang namanya putus sekolah, dan justru dengan adanya PIP ini diharapkan agar siswa dapat menyelesaikan pendidikan minimal hingga sekolah menengah atas.

Di semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 ini terdapat menu baru yang ada pada website https://pip.kemdikbud.go.id/home yaitu berupa adanya Kartu Indonesia Pintar atau disebut KIP Digital. Dengan kata lain pihak sekolah dapat melakukan percetakan KIP digital bagi siswanya yang telah menerima PIP di tahun 2021 ini.

Bagi anda yang ingin melakukan percetakan KIP digital siswa penerima PIP tahun 2021 ini, berikut akan mimin tuliskan dan caranya. Silahkan disimak artikel yang mimin tuliskan ini dan jangan lupa untuk meninggalkan jejak pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini.

Cara Cetak KIP Digital Bagi Siswa Penerima PIP

Langsung saja, berikut cara melakukan percetakan kartu KIP digital bagi siswa penerima PIP, yaitu:

Pertama, silahkan kunjungi laman https://pip.kemdikbud.go.id/home

Kedua, silahkan pilih login, lalu kemudian pilih login sebagai sekolah dengan menggunakan Login NPSN atau Login SSO Dapodik. Terserah anda saja mau pilih yang mana dari kedua cara login tersebut

Ketiga, misalkan anda pilih Login SSO Dapodik, selanjutnya silahkan isikan sesuai dengan username dan password dapodik terbaru.

Keempat, setelah berhasil login, selanjutnya pilih KIP digital kemudian pilih tombol download untuk menyimpan file KIP digital siswa penerima PIP.

Ada beberapa pilihan untuk melakukan percetakan kartu KIP Siswa penerima PIP atau menu yang ada di KIP Digital, diantaranya:

• Data siswa

• Cetak by nomor kip

• Cetak by NISN

• Cetak by NIK

• Cek file KIP

Kelima, pihak sekolah atau operator sekolah bisa saja melakukan percetakan KIP digital untuk nantinya diserahkan kepada siswa penerima PIP.    

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang dapat mimin tuliskan yaitu tentang cara cetak KIP Digital bagi siswa penerima PIP. Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan.

Posting Komentar untuk "Cara Cetak KIP Digital Untuk Siswa Penerima PIP"